Jawaban Jelaskan Ciri-ciri Bahasa dalam Iklan Internet Kelas 5 Tema 9

Jumat, 21 Januari 2022 | 23:48
Istimewa

Ini jawaban jelaskan ciri-ciri bahasa dalam iklan di internet yang menjadi soal dalam buku tematik kelas 5 SD Tema 9

Fotokita.net - Berikut jawaban jelaskan ciri-ciri bahasa dalam iklan di internet yang menjadi soal dalam buku tematik kelas 5 SD Tema 9 halaman 164.

Amatilah salah satu iklan di internet di atas.

Setelah kamu mengamati iklan tersebut, jawablah pertanyaan di bawah ini.

1. Barang apa yang ditawarkan dalam iklan tersebut?

Jawaban, barang yang ditawarkan dalam iklan tersebut adalah batik jumputan.

2. Informasi apa saja yang dapat kamu peroleh dari iklan tersebut?

Jawaban, Informasi yang dapat diperoleh dari iklan yaitu tentang nama produk, keindahan motif dan pilihan warna. Informasi diperoleh dari kalimat: Banyak pilihannya, indah warnanya, Ayo kita cintai batik Indonesia, dan Batik jumputan hasil budaya bangsa.

Baca Juga: Jawaban Unsur-unsur yang Ada dalam Iklan Televisi, Iklan Radio, dan Iklan Internet

3. Sebutkan unsur-unsur yang ada dalam iklan tersebut.

Jawaban gambar dan tulisan

4. Jelaskan ciri-ciri bahasa dalam iklan tersebut.

- komunikatif,

- informatif,

- singkat dan padat sehingga mudah dimengerti dan diingat masyarakat, menarik perhatian

- mengajak untuk membeli atau menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan.

Siang itu Edo pulang sekolah. Edo memasuki rumah dengan tak lupa mengucapkan salam. Terdengar dari dalam Ibu menjawab salam Edo. Ternyata Ibu sedang duduk santai membaca majalah sambil mendengarkan radio. Acara favorit ibu adalah menanyakan lagu-lagu nostalgia (kenangan). Sesekali terdengar jeda iklan setelah pemutaran sebuah lagu.

Baca Juga: Jawaban Apakah yang Dimaksud dengan Iklan Kelas 5 SD Tema 9

Iklan di radio merupakan salah satu iklan dalam media elektronik. Media elektronik merupakan media dengan teknologi elektronik dan hanya bisa digunakan jika ada jasa transmisi siaran. Untuk lebih mengenal unsur-unsur dan ciri-ciri bahasa iklan pada media elektronik, ayo kita simak penjelasan berikut.

Setiap media elektronik memiliki karakteristik yang berbeda. Iklan di televisi sangat berbeda dengan iklan di radio maupun iklan di internet.

Berikut unsur-unsur yang ada dalam iklan televisi, iklan radio, dan iklan internet.

1. Unsur-unsur iklan televisi, yaitu

• Suara Suara dalam iklan televisi dapat berupa suara manusia, suara hewan/ tumbuhan, musik, atau sekadar efek suara.

• Gambar Gambar dapat berupa produk yang ditawarkan atau dapat berupa orang yang menggunakan produk tersebut.

• Gerak Gambar bergerak untuk lebih menarik perhatian masyarakat.

• Tulisan Tulisan yang singkat dan mudah terlihat, sebagai penjelasan dari produk.

Baca Juga: Jawaban Ingatkah Kamu yang Dimaksud dengan Iklan Kelas 5 SD Tema 9

2. Unsur-unsur iklan radio, yaitu Iklan radio hanya terdiri dari satu unsur saja yaitu suara. Suara tersebut dapat berupa suara/kata-kata manusia yang teratur, musik, dan efek suara (suara-suara yang tidak beraturan maupun efek suara alam).

3. Unsur-unsur iklan internet, yaitu

• Suara Iklan di internet dapat berupa video yang memiliki unsur suara.

• Gambar Gambar dapat berupa produk yang ditawarkan, atau dapat berupa orang yang menggunakan produk tersebut.

• Tulisan Tulisan yang singkat dan mudah terlihat, sebagai penjelasan dari produk.

• Gerak Baik gambar maupun tulisan dalam iklan di internet, semuanya bergerak. Gambar gerak dalam iklan di internet dapat berupa video atau animasi.

Ciri-ciri bahasa iklan elektronik sebenarnya tidak jauh berbeda dengan iklan di media cetak, yaitu komunikatif, informatif, mudah dimengerti dan diingat masyarakat, menarik perhatian, dan mengajak penonton untuk membeli atau menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan.

Baca Juga: Jawaban Ciri-ciri Bahasa Iklan Elektronik Kelas 5 SD Tema 9

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya