Innalillahi, Baru Dapat Tugas dari Jenderal Andika Perkasa, Mantan Danjen Kopassus Kehilangan Prajurit Terbaik, Foto Jenazahnya Ditangisi

Minggu, 21 November 2021 | 22:22
Facebook

Foto jenazah Sertu Ari Baskoro beredar di media sosial. Prajurit yang bertugas di Papua ini adalah anggota Kodam Iskandar Muda Banda Aceh.

Fotokita.net - Beberapa hari menjabat Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa menugaskanDanjen Kopassus Mayjen Muhammad Hasan, SH untuk mengisi pos Pangdam Iskandar Muda. Namun, baru medapatkan tugas itu, mantan Danjen Kopassus ini harus kehilangan prajurit terbaik. Foto jenazahnya ditangisi.

Jenderal Andika Perkasa langsung bergerak cepat. Andika melakukan sejumlah mutasi di lingkungan perwira tinggi TNI AD. Panglima TNI mengangkatMayjen TNI Achmad Marzuki untuk mengisi pos jabatanAster Kasad.

Sebelumnya,Mayjen TNI Achmad Marzuki memegang jabatan Pangdam Iskandar Muda untuk wilayah Aceh dan sekitarnya. Kini, posisi Pangdam Iskandar Muda diserahkan kepadaMayjen Muhammad Hasan, SH, yang sejak tahun lalu tercatat sebagai Danjen Kopassus.

Perubahan jabatan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor Kep/1029/XI/2021 tentang Pemberhentian dari/dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia. Surat tersebut ditetapkan di Jakarta pada Rabu (17/11/2021) dan ditandatangani oleh Kepala Setum TNI, Brigjen Rachmatullah.

Namun, baru beberapa hari mendapatkan tugas baru itu, mantan Danjen KopassusMayjen Muhammad Hasan, SH sudah harus kehilangan prajurit terbaiknya. Foto jenazahnya ditangisi.

Baca Juga: Foto Jenderal Andika Perkasa Dipuji Abu Janda, Panglima TNI yang Baru Dilantik Bongkar Posisi Danjen Kopassus, Ini Penyebabnya

Mantan Danjen Kopassus yang kini memegang jabatan Pangdam Iskandar Muda,Mayjen Muhammad Hasan berduka. Jenderal bintang dua ini kehilangan prajurit terbaiknya, Sertu Ari Baskoro.

Sertu Ari Baskoro yang tergabung dalam Satgas Apter Koramil Persiapan Suru Yahukimo gugur setelah diserang kelompok separatis teroris (KST) OPM saat sedang perjalanan untuk belanja, Sabtu (20/11/2021).

Selain Sertu Ari Baskoro, Kapten Inf Arfiandi Sukamta Danramil Suru-Suru juga ikut tertembak dan terkena sabetan parang namun kondisinya masih dalam perawatan medis. Arfiandi juga tercatat sebagai anggota Kodam Iskandar Muda Banda Aceh.

Keduanya saat ini sudah dievakuasi, baik itu jenazah Sertu Ari Baskoro diterbangkan ke Surabaya dan selanjutnya ke kampung halamannya di Kendal, Jawa Tengah, dan Kapten Inf Arviandi yang menjabat Komandan Koramil Suru-suru dirawat di RST Marthen Indey Jayapura.

Dandim 1715 Yahukimo Letkol Inf. Cristian Irreuw menyatakan pelaku penyerangan terhadap Koramil Suru-suru adalah KKB pimpinan Tendius Gwijangge.

Baca Juga: Dapat Fasilitas dari Jenderal Andika Perkasa, Foto Adik Panglima TNI Jadi Sorotan, Punya Jabatan Mentereng di Polri

Instagram

Foto jenazah Sertu Ari Baskoro beredar di media sosial. Prajurit yang bertugas di Papua ini adalah anggota Kodam Iskandar Muda Banda Aceh.

Menurut dia, sudah ada informasi KKB akan melakukan penyerangan terhadap kodim dan pos-pos TNI sehingga pihaknya memerintahkan kepada personel untuk bersiaga dan meningkatkan patroli.

"Aksi itu diduga dilakukan jelang 1 Desember 2021 yang dijadikan sebagai ulang tahun Papua Merdeka," kata Dandim Yahukimo Letkol Inf. Irreuw kepada ANTARA, Minggu.

Ketika dihubungi dari Jayapura, Letkol Inf. Irreuw mengaku belum ada laporan lengkap tentang kronologi tertembaknya dua prajurit yang menyebabkan salah seorang di antaranya gugur, Sabtu (20/11/2021).

Foto jenazah Sertu Ari Baskoro beredar di media sosial. Almarhum tampak dievakuasi oleh rekan-rekannya ke rumah sakit.

Kronologi berawal saat tiga orang anggota pos koramil persiapan suru - suru pergi ke kios sekitar pukul 06.00 WIT untuk berbelanja kebutuhan.

Baca Juga: Foto Tampang 6 Anggota TNI AD yang Diduga Tewaskan Prada Candra Viral, KSAD Andika Perkasa Angkat Bicara

Facebook

Foto jenazah Sertu Ari Baskoro beredar di media sosial. Prajurit yang bertugas di Papua ini adalah anggota Kodam Iskandar Muda Banda Aceh.

Tak disangka dari arah seberang sungai, mereka ditembaki KST yang sudah melakukan pengintaian sebelumnya.

Sekitar pukul 12.51 WIT, Serda Tri Fahmi Wijaya dan Serda Bayu Putra Aji yang berhasil melarikan diri ke Kampung Tomor yang berjarak sekitar 20 Menit perjalanan menggunakan Spedboad melaporkan kejadian yang dialami kepada Sertu Muhammad Pin Aman Siregar (Perwakilan Satgas Apter Koramil Persiapan Suru - Suru) di Kodim 1715/Yahukimo.

Kontak tembak antara TNI dengan KST pun tak terhindarkan. Dugaan awal, KST yang menyerang prajurit TNI tersebut dibawah pimpinan Tendius Gwijangge karena lokasi kontak tembak tidak jauh dari Nduga.

Pada pukul 06.00 WIT, KKB menyerang dan menembaki Koramil Suru-suru yang merupakan koramil persiapan. Baku tembak, kata Irreuw, terjadi hingga pukul 12.00 WIT. "Jumlah KKB cukup banyak. Namun, berapa perkuatan belum diketahui pasti," kata Letkol Inf. Irreuw.

Baca Juga: KSAD Bangga Bagi-bagi Mobil Dinas Baru, Tubuh Kolonel Iwa Kartiwa Makin Merana di Ranjang, Mantan Komandan KRI Nanggala-402 Jual Rumah Demi Pengobatan Usai 26 Tahun Bertugas

Facebook

Foto jenazah Sertu Ari Baskoro beredar di media sosial. Prajurit yang bertugas di Papua ini adalah anggota Kodam Iskandar Muda Banda Aceh.

Dua prajurit, termasuk seorang di antaranya yang gugur pada hari Minggu (21/11/2021) dievakuasi dari Dekai, ibu kota Kabupaten Yahukimo ke Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua. Evakuasi dilakukan dengan pesawat milik Semuwa Air.

Dijelaskan pula bahwa setelah tiba di bandara Sentani, jenazah Sertu Ari Baskoro diterbangkan ke Surabaya, selanjutnya ke kampung halamannya di Kendal, Jawa Tengah.

Sementara itu, Kapten Inf. Arviandi yang menjabat Komandan Koramil Suru-suru akan dirawat di RST Marthen Indey Jayapura.

Kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Tendius Gwijangge, diduga mendapat pasokan amunisi dan senjata api dari Papua Nugini. Hal itu dikatakan Dandim 1715 Yahukimo, Papua, Letkol Inf Cristian Irreuw.

Baca Juga: Beredar Foto Jadul KSAD Andika Perkasa, Sosok Mertua Sang Jenderal Jadi Sorotan, Ternyata Bukan Orang Sembarangan

“Memang ada indikasi KKB mendapat pasokan dari PNG, sehingga kontak tembak cukup lama, seperti yang terjadi di Koramil Persiapan Suru-suru, Sabtu (20/11),” kata Dandim.

"Saya sudah minta anggota koramil membuat laporan lengkapnya," kata Dandim 1715 Yahukimo seraya menambahkan bahwa dari informasi yang diterima senjata api dan amunisi KKB itu dibeli dari hasil menjual emas hasil pendulangan.

Di Kabupaten Yahukimo memang ada beberapa lokasi pendulangan emas, kata Letkol Inf Irreuw. Ia mengakui pihaknya sudah memerintahkan kepada seluruh prajurit untuk bersiaga mengingat sebelum insiden penyerangan di Koramil Suru-suru sudah ada informasi tentang KKB yang akan menyerang kodim dan pos-pos militer.

"Anggota saat ini bersiaga guna mengantisipasi terjadinya serangan-serangan di pos-pos, " tambah Letkol Inf Irreuw.

Baca Juga: Disebut Jago Tiarap Hingga Kecoh Aparat di Dalam Hutan, Terbongkar Profesi Ali Kalora Sebenarnya, Diburu Pasukan Elite Hasil Didikan Keras Jenderal Andika Perkasa

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya