Jawaban Cara-cara untuk Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia

Selasa, 16 November 2021 | 23:53
KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Ini jawaban cara-cara untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang menjadi soal dalam buku tematik kelas 6 SD tema 6.

Fotokita.net - Berikut jawaban cara-cara untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang menjadi soal dalam buku tematik kelas 6 SD tema 6.

Kunci jawaban ini ditujukan kepada orang tua atau wali sebagai pedoman untuk mengoreksi hasil belajar anak. Sebelum melihat kunci jawaban, siswa harus terlebih dahulu menjawabnya sendiri.

Setelah itu, gunakan artikel ini untuk mengoreksi hasil pekerjaan siswa. Berikut kunci jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 6 pembelajaran 3 Subtema 2 halaman 62, dan 63 yang dikutip dari Buku Guru dan Siswa serta beberapa sumber:

Berikut ini cara-cara untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Pada buku tematik kelas 6 tema 6 subtema 2 pembelajaran 3 halaman 62, kamu diminta untuk mendiskusikan cara-cara untuk mempertahankan kemerdekaan.

Baca Juga: Jawaban Apa Ciri-ciri Anak Laki-laki dan Perempuan Pada Masa Puber

Dikutip dari bhayangkari.or.id, adapun cara mempertahankan kemerdekaan sebagai berikut:

1. Selalu siap untuk membela tanah air.

2. Selalu menjaga keutuhan bangsa dan negara.

3. Menolak campur tangan atau intervensi asing.

4. Melestarikan budaya bangsa.

5. Memperkuat sistem pertahanan dan keamanan.

Selain itu, untuk mempertahankan kemerdekaan dapat dimulai dari lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Baca Juga: Jawaban Apakah Beberapa Contoh Gambar Di Atas Menunjukkan Keadaan Masyarakat yang Sejahtera

Misal dengan membiasakan tindakan-tindakan positif yang dapat mencegah terjadinya perpecahan antaranggota keluarga, antarteman, dan antarwarga masyarakat.

Kemudian Menghargai perbedaan yang ada dan jangan jadikan perbedaan sebagai alasan terjadi perpecahan.

Lakukan pengamatan terhadap perilaku warga masyarakat di lingkungan tempat tinggalmu. Identifikasilah perilaku warga masyarakat yang mencerminkan sikap mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Tuliskan hasil pengamatanmu dan presentasikan secara lisan di depan kelas.

Baca Juga: Jawaban Ciri Fisik Pubertas Pada Anak Perempuan Kelas 6 SD Tema 6

Ikut serta mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan hak dan kewajiban setiap warga negara Indonesia. Coba kamu ingat dan renungkan tindakan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sudah kamu lakukan. Tuliskan hasil renunganmu pada kolom berikut.

Istimewa

Ini jawaban cara-cara untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang menjadi soal dalam buku tematik kelas 6 SD tema 6.

Istimewa

Ini jawaban cara-cara untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang menjadi soal dalam buku tematik kelas 6 SD tema 6.

Hasil Renungan :

- Rajin belajar- Rajin beribadah- Menjaga nama baik diri sendiri, nama baik keluarga, nama baik sekolah, nama baik masyarakat- Menjaga dan memelihara fasilitas umum

Baca Juga: Jawaban Bagaimanakah Ciri-ciri Poster Menurutmu Kelas 6 SD Tema 6

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya