Jawaban Apakah Fungsi Akar, Batang, Daun dan Bunga Pada Tanaman

Kamis, 07 Oktober 2021 | 23:31
The Spruce

jawaban apakah fungsi akar, batang, daun dan bunga pada tanaman yang menjadi soal dalam buku tematik kelas 5 SD Tema 5.

Fotokita.net - Berikut jawaban apakah fungsi akar, batang, daun dan bunga pada tanaman yang menjadi soal dalam buku tematik kelas 5 SD Tema 5.

Sebelum menjawab pertanyaan apakah fungsi akar, batang, daun dan bunga pada tanaman, kita terlebih dahulu mengenali tumbuhan dalam ilmu biologi.

Dalam biologi, tumbuhan adalah organisme eukariota multiseluler yang tergolong ke dalam kerajaan Plantae.

Di dalamnya terdiri atas beberapa klad yakni, tanaman berbunga, Gymnospermae atau Tumbuhan berbiji terbuka, Lycopodiopsida, paku-pakuan, lumut, serta sejumlah alga hijau.

Tanaman hijau memiliki dinding sel yang kokoh mengandung selulosa.

Dilansir dari wikipedia, tanaman hijau termasuk dalam kategori autotrof (mampu memproduksi makanan sendiri).

Baca Juga: Jawaban Apa Perbedaan Antara Rantai Makanan dan Jaring-jaring Makanan Kelas 5 SD Tema 5

Hampir semua anggota tumbuhan bersifat autotrof, yakni memproduksi energi sendiri dengan mengubah energi cahaya matahari melalui proses yang disebut fotosintesis dalam organel sel bernama kloroplas.

Karena warna hijau yang dominan pada anggota kerajaan ini, nama lain yang dipakai adalah Viridiplantae ("tumbuhan hijau"). Nama lainnya adalah Metaphyta.

Namun ada juga tumbuhan yang bersifat parasit dan beberapa sudah tidak memiliki kemampuan fotosintesis dengan sedikit atau bahkan tanpa klorofil.

Tanaman juga bisa dikarakterisasi dari cara mereka berkembang biak, kemampuan pertumbuhan, dan pergiliran keturunan.

Tercatat sekitar 350.000 spesies organisme termasuk di dalamnya, tidak termasuk alga hijau.

Dari jumlah itu, 258.650 jenis merupakan tumbuhan berbunga dan 18.000 jenis tumbuhan lumut.

Baca Juga: Jawaban Pikiran Utama Bacaan Jenis-jenis Ekosistem Kelas 5 SD Tema 5

Tumbuhan hijau menghasilkan hampir seluruh molekul oksigen di muka bumi ini dan merupakan bagian terpenting dalam sistem ekologi bumi.

Tumbuhan-tumbuhan yang sudah di domestikasi bisa menghasilkan biji, buah-buahan dan sayuran yang berguna sebagai bahan dasar pangan manusia.

Selain itu tumbuhan juga digunakan sebagai tanaman hiasan dan banyak yang berkhasiat obat serta digunakan dalam ilmu medis.

APAKAH FUNGSI AKAR, BATANG, DAUN DAN BUNGA PADA TANAMAN?

Akar

Akar mempunyai susunan dari luar ke dalam yaitu kulit luar (epidermis), kulit pertama (korteks), dan silinder pusat. Bagian-bagian akar terdiri dari tudung akar, ujung akar, batang akar, cabang akar dan pangkal akar.

Baca Juga: Jawaban Pikiran Utama Bacaan Indonesia Sebagai Negara Maritim Agraris

Apakah fungsi akar itu:- untuk menguatkan berdirinya batang,- menyerap air dan garam mineral,- membantu penyerapan oksigen di udara pada tumbuhan tembakau, dan- menyimpan cadangan makanan misalnya pada tumbuhan umbi-umbian.

Berdasarkan bentuknya, terdapat dua jenis akar, yaitu akar serabut dan akar tunggang. Akar serabut biasanya dimiliki oleh tumbuhan jenis monokotil (biji berkeping tunggal).

Misalnya, padi, jagung, dan kelapa. Adapun akar tunggang biasanya dimiliki oleh tumbuhan jenis dikotil (biji berkeping dua). Misalnya, mangga, jambu, jeruk, dan kacang-kacangan

Batang Tanaman

Batang merupakan bagian tubuh tumbuhan yang ada di atas tanah, serta tempat melekatnya daun, bunga dan buah.

Baca Juga: Jawaban Pikiran Utama Bacaan Usaha Manusia dalam Pemeliharaan Ekosistem Kelas 5 SD Tema 5

Fungsi batang:- untuk penyokong tubuh tumbuhan,- mengangkut zat makanan ke seluruh tubuh tumbuhan,- mengangkut air dan mineral dari akar ke daun, serta zat makanan hasil fotosintesis ke seluruh bagian tubuh. (alat transportasi)- alat respirasi / pernafasan (melalui lentisel)- menghubungkan daun dengan akar sebagai tempat cadangan makanan (bagi sebagian tumbuhan)- alat perkembangbiakan vegetatif buatan

Daun Tanaman

Daun banyak mengandung zat warna hijau yang disebut klorofil. Daun dibedakan menjadi daun tunggal dan daun majemuk. Berdasarkan susunannya, tulang daun ada yang menyirip (mangga dan jambu), menjari (singkong), dan sejajar (jagung. tebu, padi, dan alang-alang).

Baca Juga: Jawaban Pokok Pikiran Teks Bacaan Rantai Makanan Kelas 5 SD Tema 5

Fungsi daun yaitu :- untuk fotosintesis, - penguapan air,- pengeluaran air berupa tetesan, dan- alat pernapasan tumbuhan /respirasi tumbuhan (melalui stomata)- tempat terjadinya transpirasi.- tempat terjadinya gutasi.- alat perkembangbiakan vegetatif (contoh : cocor bebek)

Bunga Bunga merupakan alat perkembangbiakan secara kawin pada tumbuhan. Bagian-bagian bunga meliputi tangkai, mahkota, kelopak, benang sari dan putik. Benang sari berfungsi sebagai alat kelamin jantan dan putik berfungsi sebagai alat kelamin betina.

Baca Juga: Jawaban Peta Pikiran Bacaan Perubahan Ekosistem Kelas 5 SD Tema 5

Berikut bagian-bagian bunga :

Istimewa

bagian-bagian bunga

Fungsi bunga : - sebagai alat perkembangbiakan generatif- untuk menarik perhatian serangga agar melakukan penyerbukan (bagi bunga yang memiliki mahkota indah)- menghasilkan biji- sebagai wadah menyatunya gamet jantan (mikrospora) dan betina (makrospora)- untuk dinikmati keindahannya oleh manusia

Buah dan Biji

Buah ada yang berdaging, contohnya buah mangga dan buah apel. Buah terdiri atas daging buah dan biji. Biji merupakan hasil dari pembuahan yang terjadi akibat penyerbukan antara serbuk sari dan putik. Biji itu berkeping. Biji ada yang berkeping satu dan ada yang berkeping dua. Biji berkeping satu disebut monokotil

Fungsi buah dan biji: - buah sebagai cadangan makanan- biji sebagai alat perkembangbiakan

Baca Juga: Jawaban Apakah Kamu Juga Mengetahui Komoditas yang Diimpor dari Berbagai Negara di Lingkup ASEAN ke Indonesia

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya