Jawaban Berapa Martabak yang Terjual Enam Sekawan, Kelas 6 SD Tema 2

Senin, 09 Agustus 2021 | 23:38
Dreamtime

Jawaban berapa martabak yang terjual enam sekawan, materi kelas 6 SD Tema 2.

Fotokita.net -Berikut jawaban berapa martabak yang terjual enam sekawan, materi kelas 6 SD Tema 2.

Inilah kunci jawaban Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 untuk Kelas 6 SD Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 4halaman 30 dan 31.Tema 2 kelas 6 SD/MI mengusung judulPersatuan dalam Perbedaan.

Sementara Subtema 1 pada buku Tema 2 kelas 6 SD/MI mengusung judulRukun dalam Perbedaan.

Artikel ini berisi kunci jawaban soal yang ada pada pembelajaran 4 di halaman 30 - 31 dengan soal berapa martabak yang terjual enam sekawan?

Inilah kunci jawabanTema 2 Kelas 6 Subtema 1 Pembelajaran 4 halaman 30 dan 31 yang Fotokita.netkutip dari Buku Guru SD/MI untuk Kelas 6 SD Tema 2 dan beberapa sumber:

Baca Juga: Peta Pikiran Pertemuan di Dalat Soal Materi Kelas 6 SD Tema 2

1. Siti, Udin, Lani, Edo, Beni dan Dayu menjual martabak buatan Ibu Lani. Mereka sedang bekerja sama untuk mengumpulkan dana bagi temannya yang sedang dirawat. Mereka mengikuti bazar makanan di lingkungan tempat Dayu tinggal.

Enam sekawan menjual 8 martabak. Setiap martabak dipotong menjadi 12 potong. Mereka berhasil menjual 90 potong.

- Berapa martabak yang terjual?

- Berapa martabak yang tersisa?

Martabak yang terjual sebanyak 90 potong.

Martabak yang tersisa adalah 8 x 12 - 90 = 96 - 90 = 6

Penjelasan:

Jumlah martabak ada 8, kemudian di potong menjadi 12 potong. Itu berarti jika ditulis dalam kalimat matematika adalah 8 x 12 = 96. Kemudian mereka berhasil menjual 90 potong. Ini berarti jumlah martabak mereka telah berkurang sebanyak 90 potong, sehingga diperoleh 96 - 90 = 6 potong.

Baca Juga: Jawaban Kerukunan dan Persatuan dalam Permainan Tradisional Rangku Alu Kelas 6 SD Tema 2

Shutterstock/Rizvisual

Martabak. Jawaban berapa martabak yang terjual enam sekawan, materi kelas 6 SD Tema 2.

2. Selain martabak, enam sekawan juga menjual dodol buatan Ibu Udin. Mereka memiliki 5 5/6 dodol. Seluruh dodol dipotong menjadi 6 potong yang sama. Berapa pembeli yang akan mendapat 5 potongan dodol yang sama?

Bagaimana kamu menemukan jawabannya? Gunakan gambar untuk membantu jawabanmu!

Tulislah pada tempat yang tersedia!

5 5/6 = 35/6 : 6 = 35/6 x 6/1 = 210/6 = 35 : 5 = 7

Kunci Jawaban Halaman 30 dan 31

Bekerja sama dapat mempermudah pekerjaan. Tujuan mulia bisa tercapai karena persatuan.

  1. Bacalah cerita di bawah ini!
Siti, Udin, Lani, Edo, Beni dan Dayu menjual martabak buatan Ibu Lani. Mereka sedang bekerja sama untuk mengumpulkan dana bagi temannya yang sedang dirawat. Mereka mengikuti bazar makanan di lingkungan tempat Dayu tinggal.

Enam sekawan menjual 8 martabak. Setiap martabak dipotong menjadi 12 potong. Mereka berhasil menjual 90 potong.

  1. Berapa martabak yang terjual?
  2. Berapa martabak yang tersisa?
Tulislah jawabanmu pada tempat yang disediakan!

Kamu harus bisa menjelaskan jawabanmu melalui tulisan.

Baca Juga: Peta Pikiran Mengapa Persatuan dan Kesatuan Penting Untuk Kesejahteraan Umum? Kelas 6 SD Tema 2

Jawaban

  1. Martabak yang berhasil terjual sebanyak 90 potong.
  2. Martabak yang tersisa adalah (8 x 12) - 90 = 96 - 90 = 6
Sisa martabak sebanyak 6.

Penjelasan, satu martabak dibagi menjadi 12 potong.

Keseluruhan terdapat 8 martabak.

Berarti jumlah martabak yakni 8 dikali 12.

Jadi ada 96 martabak.

2. Selain martabak, enam sekawan juga menjual dodol buatan Ibu Udin.

Mereka memiliki 5 5/6 dodol. Seluruh dodol dipotong menjadi 6 potong yang sama.

Berapa pembeli yang akan mendapat 5 potongan dodol yang sama?

Bagaimana kamu menemukan jawabannya? Gunakan gambar untuk membantu jawabanmu!

Tulislah pada tempat yang tersedia!

Baca Juga: Jawaban Peta Pikiran Perjanjian Linggarjati, Perjanjian Renville, dan Perjanjian Roem Roijen

Jawaban

5 5/6 = 35/6 : 6= 35/6 x 6/1= 210/6= 35Pembeli = 35 : 5= 7Ada 7 pembeli yang mendapatkan 5 potong dodol.

Baca Juga: Jawaban Soal Mengapa Semua Unsur Pada Peta Memiliki Arti, Belajar dari Rumah TVRI untuk SD Kelas 4-6

Ayo Renungkan

Setelah belajar hari ini, tulislah beberapa hal berikut!

  • Sikap yang mana yang sesuai dengan nilai persatuan?
  • Sikap baik apa yang kamu pelajari dari temanmu terkait nilai persatuan?
*)Disclaimer:Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Baca Juga: Begini Pengaruh Letak Astronomis Indonesia Buat Kehidupan yang Ada di Dalamnya, Mulai dari Iklim Sampai Zona Waktu

Soal di atas sebagian besar berupa pertanyaan terbuka. Artinya, ada beberapa jawaban alternatif lainnya yang tidak terpaku seperti di atas.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya