Jawaban Organ Gerak Belalang, Cacing, dan Ubur-ubur Soal Kelas 5 SD Tema 1

Minggu, 01 Agustus 2021 | 23:26
Pexels Free Images

Ilustrasi belalang. Jawaban organ gerak belalang, cacing, dan ubur-ubur yang menjadi soal dalam buku tematik kelas 5 SD.

Fotokita.net - Berikut jawaban organ gerak belalang, cacing, dan ubur-ubur yang menjadi soal dalam buku tematik kelas 5 SD tema 1 halaman 43.

Dalam buku tematik kelas 5 SD/MI halaman 43 terdapat pembahasan tentang pertanyaannama organ gerak belalang, cacing dan ubur-ubur.

Nah itu sebabnya, kita simak yuk jawaban organ gerak belalang, cacing dan ubur-ubur di sini.

Organ gerak yang dimiliki hewan invertebrata ataupun vertebrata sama-sama berfungsi untuk berpindah tempat dari satu tempat ke tempat lain.

Hewan yang termasuk dalam kategori invertebrata itu, seperti belalang, cacing, dan ubur-ubur.

Baca Juga: Contoh Hewan Invertebrata Beserta Ciri-ciri dan Klasifikasinya

1. Nama Hewan Siput

Nama Organ Gerak: Kaki perut dengan bentuk pipih dan lebar

Fungsi: Fungsi utama kaki perut pada siput adalah untuk bergerak dan berpindah tempat.

2. Nama Hewan Belalang

Nama Organ Gerak: Kaki dan sayap

Fungsi: Belalang bergerak dengan kaki dan sayap. Kaki berfungsi untuk melompat, dan sayap berfungsi untuk terbang.

Belalang termasuk dalam hewan invertebrata, yaitu tidak memiliki tulang punggung dalam tubuhnya.

Baca Juga: Jawaban Kondisi Geografis Pulau Sulawesi Serta Pulau Papua Berdasarkan Peta, Soal Kelas 5 SD Tema 1

Pexels

Ilustrasi belalang. Jawaban organ gerak belalang, cacing, dan ubur-ubur yang menjadi soal dalam buku tematik kelas 5 SD.

Belalang memiliki organ gerak berupa kaki, baik itu kaki bagian depan ataupun kaki bagian belakang.

Kaki belalang berfungsi untuk berjalan, melompat, hingga mencengkeram batang pohon agar tidak jatuh ke bawah.

Belalang memiliki sayap. Namun, sayapnya hanya berfungsi sebagai media komunikasi dengan belalang lain.

3. Nama Hewan Cacing

Nama Organ Gerak: Otot perut

Fungsi: Fungsi dari otot perut pada cacing yaitu untuk melakukan kontraksi dan relaksasi sehingga dapat menghasilkan gerakan mengkerut dan memanjang.

Cacing termasuk dalam hewan invertebrata. Karena cacing tidak memiliki tulang punggung dalam tubuhnya.

Organ gerak pada cacing adalah seluruh tubuhnya. Tubuh cacing itu terdiri dari otot-otot yang berfungsi untuk berpindah tempat.

Cara cacing berpindah tempat dilakukan dengan melata.

Baca Juga: Jawaban Kondisi Geografis Pulau Bali dan Nusa Tenggara Berdasarkan Peta, Soal Kelas 5 SD Tema 1

Istimewa

Ilustrasi cacing. Jawaban organ gerak belalang, cacing, dan ubur-ubur yang menjadi soal dalam buku tematik kelas 5 SD

4. Nama Hewan Ubur-ubur

Nama Organ Gerak: Otot

Fungsi: Untuk bergerak maju, ubur-ubur mengambil air ke dalam otot bel mereka kemudian menyemprotkannya keluar dari belakang tubuh mereka.

Selain melalui gerakan itu, ubur-ubur juga bergerak dengan cara melayang pada arus air.

Ubur-ubur juga termasuk dalam jenis hewan invertebrata, yaitu tidak memiliki tulang punggung.

Organ gerak hewan ubur-ubur dikenal dengan istilah tentakel.

Tentakel ubur-ubur berfungsi untuk bergerak ke tempat lain dan melindungi diri dari serangan musuh.

Untuk melindungi diri, ubur-ubur biasanya mengambil air ke dalam otot bel. Lalu, mereka menyemprotkannya keluar dari belakang tubuh.

Baca Juga: Jawaban Kondisi Geografis Pulau-pulau di Indonesia Berdasarkan Peta, dari Sumatera Hingga Bali dan Nusa Tengga

Kunci jawaban tema 1 kelas 5 halaman 44

AYO BERDISKUSI

Ceritakan gambar yang telah kamu buat di hadapan guru dan teman-teman satu kelasmu.

Mintalah pendapat atau masukan dari guru dan temantemanmu.

Catatlah pendapat atau masukan tersebut pada kolom berikut.

Jawaban:

Organ gerak siput adalah kaki perut dengan bentuk pipih dan lebar.

Otot perut yang berfungsi sebagai alat geraknya yang akan mengangkat bagian tubuh siput, dan menggerakkannya ke arah depan, memiliki banyak kelenjar penghasil lendir, lendir inilah yang membantu siput mencengkeram ketika sedang memanjat.

AYO MEMBACA

Siput Bukanlah Hewan Lemah

Siput, menurut sebagian orang dianggap sebagai hewan yang lamban dan menjijikkan. Bahkan karena gerakannya yang lamban, tidak jarang orang membanding-bandingkannya dengan kelinci. Siput juga dianggap menjijikan karena tubuhnya yang penuh lendir.

Baca Juga: Jawaban Kondisi Geografis Pulau Sumatera Berdasarkan Peta, Soal Kelas 5 SD Tema 1

Sebenarnya siput memiliki kelebihan dan keistimewaan. Kelebihan dan keistimewaan siput ini merupakan karunia Tuhan yang tidak dimiliki oleh hewan-hewan lain. Apa saja kelebihan dan keistimewaan tersebut?

Siput merupakan hewan yang berjasa dalam penguraian serpihan daun-daunan. Kenapa berjasa? Karena siput memakan daun-daunan dan menjadikannya bagian-bagian yang kecil (serpihan) sehingga mudah untuk diuraikan oleh bakteri pengurai. Jika benda-benda yang besar seperti daun berubah menjadi serpihan dan diuraikan akan bermanfaat bagi kelestarian lingkungan sekitar siput berada. Hasil penguraian yang diawali oleh siput itu akan berfungsi menjadi pupuk alami sehingga tanah pun menjadi subur.

Siput adalah sang pengembara yang mandiri. Meskipun siput berjalan lamban, namun siput memiliki stamina yang sangat bagus. Daerah pengembaraan siput pun sangat luas. Pengembaraan siput dimulai sejak siput menetas. Setelah menetas, siput langsung mandiri. Siput tidak lagi terikat dan bergantung pada induknya.

Siput memiliki pertahanan diri yang baik dalam beradaptasi dengan lingkungan dan mempertahankan diri dari serangan predator. Meskipun tubuhnya lunak, namun tubuh siput memiliki lendir. Lendir ini berfungsi sebagai minyak pelumas dan pelindung bagi tubuhnya ketika berjalan di permukaan. Jalan sekasar apa pun dan seterjal apa apun akan mudah dilalui tanpa tubuhnya terluka. Selain itu siput juga dikaruniai Tuhan dengan cangkang. Cangkang ini berfungsi sebagai rumah yang memberikan kenyamanan dan keamanan bagi tubuhnya. Cangkang juga berfungsi sebagai tempat persembunyian ketika ia terancam oleh lingkungan atau predator. Meski terik panas atau pun hujan, siput tetap bisa hidup nyaman dan aman dengan cangkangnya. Predator pun akan kebingungan untuk memangsa siput, karena tubuhnya terlindungi oleh cangkang yang keras.

Jadi, siput bukanlah hewan yang lemah. Siput adalah hewan istimewa yang memiliki banyak kelebihan. Siput diciptakan Tuhan dengan kekurangan sekaligus dengan kelebihan. Begitu juga dengan manusia, diciptakan Tuhan dengan kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu kamu tidak boleh menyombongkan iri dengan kelebihan yang kamu miliki. Kamu juga jangan minder jika kamu kekurangan.

Baca Juga: Jawaban Kondisi Geografis Pulau Kalimantan Berdasarkan Peta, Soal Kelas 5 SD Tema 1

Kunci Jawaban Halaman 45-46

Berdasarkan bacaan di atas dapat ditentukan ide pokok dan kalimat pengembang masing-masing paragraf sebagai berikut :

Jawaban:

Paragraf 1

Ide pokok : Siput dianggap sebagai hewan yang lamban dan menjijikkan

Kalimat pengembang : Bahkan karena gerakannya yang lamban, tidak jarang orang membanding-bandingkannya dengan kelinci. Siput juga dianggap menjijikan karena tubuhnya yang penuh lendir.

Paragraf 2

Ide pokok : Siput memiliki kelebihan dan keistimewaan

Kalimat pengembang : Kelebihan dan keistimewaan siput ini merupakan karunia Tuhan yang tidak dimiliki oleh hewan-hewan lain

Paragraf 3

Ide pokok : Siput merupakan hewan yang berjasa dalam penguraian serpihan daun-daunan

Kalimat pengembang : Karena siput memakan daun-daunan dan menjadikannya bagian-bagian yang kecil (serpihan) sehingga mudah untuk diuraikan oleh bakteri pengurai.

Baca Juga: Jawaban Kondisi Geografis Pulau Jawa Berdasarkan Peta, Soal Kelas 5 SD Tema 1

Paragraf 4

Ide pokok : Siput adalah sang pengembara yang mandiri

Kalimat pengembang : Daerah pengembaraan siput pun sangat luas. Pengembaraan siput dimulai sejak siput menetas. Setelah menetas, siput langsung mandiri. Siput tidak lagi terikat dan bergantung pada induknya.

Paragraf 5

Ide pokok : Siput memiliki pertahanan diri yang baik dalam beradaptasi dengan lingkungan dan mempertahankan diri dari serangan predator

Kalimat pengembang : Jalan sekasar apa pun dan seterjal apa apun akan mudah dilalui tanpa tubuhnya terluka. Selain itu siput juga dikaruniai Tuhan dengan cangkang. Cangkang ini berfungsi sebagai rumah yang memberikan kenyamanan dan keamanan bagi tubuhnya.

Paragraf 6

Ide pokok : Siput bukanlah hewan yang lemah

Kalimat pengembang : Siput adalah hewan istimewa yang memiliki banyak kelebihan. Siput diciptakan Tuhan dengan kekurangan sekaligus dengan kelebihan. Begitu juga dengan manusia, diciptakan Tuhan dengan kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu kamu tidak boleh menyombongkan iri dengan kelebihan yang kamu miliki. Kamu juga jangan minder jika kamu kekurangan.

Nah, Kamu telah berhasil menemukan dan menuliskan ide pokok dan kalimat pengembang, sekarang coba tuangkan isi bacaan di atas ke dalam sebuah gambar cerita.

*) Disclaimer: Kunci jawaban di atas hanya sebagai panduan bagi orang tua.

Baca Juga: Ikan Pari Berkembang Biak dengan Cara Melahirkan dan Bertelur, Contoh Hewan Ovovivipar

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya