7 Potret Kakak Alyssa Soebandono yang Nekat Pindah Agama, Respons Ibunda Bikin Syok

Kamis, 24 Juni 2021 | 14:55
Instagram Ananda Soebandono

Kakak Alyssa Soebandono, Ananda (paling kanan) memutuskan pindah agama meski mendapat tantangan keras dari keluarganya.

Fotokita.net - Kakak Alyssa Soebandono, Ananda, memutuskan pindah agama meski mendapat tantangan keras dari keluarganya. Namun, respons ibunda bikin syok saat dia kembali ke rumah.

Ananda Soebandono mengisahkan perjalanan spiritualnya yang berliku. Kakak dari artis cantik Alyssa Soebandono ini nekat memutuskan murtad untuk memeluk agamanya sekarang.

Sebelum berkisah tentang respons keluarganya, Ananda Soebandono sempat mengungkapkan bagaimana dia mulai yakin dan ingin memeluk agama Kristen.

Baca Juga: Foto Alyssa Soebandono Disebut Makin Kurus, Istri Dude Harlino Akhirnya Akui Ada Hal Ini, Netizen: Astaghfirullah

Ananda Soebandono mengisahkan kalau dia tumbuh di lingkungan yang beragam. Sang ibundakebetulan berdarah Manado. Keluarga ibunda pun ada yang memeluk agama Kristen. Ananda Soebandono mengaku bingung ketika dirinya saat kecil memeluk Islam tapi juga merayakan Natal bersama keluarga di Manado.

Hingga dia masuk SMA, Ananda Soebandono mengaku juga bergaul dengan teman-temannya yang mayoritas Nasrani. Lantas Ananda Soebandono mengikuti ajakan temannya ke gereja.

Ananda Soebandono pertama kali menginjakkan kakinya ke sebuah gereja di bilangan Jakarta Pusat. Ketika itu dia mengaku merasa terasingkan, namun merasa takjub di situ ketika ia mendengar khotbah.

Baca Juga: Potret Pilu Keanu Massaid, Lulus SD Tanpa Sosok Orangtua, Ayah Meninggal Dunia Hingga Ibu Masuk Penjara

Instagram Ananda Soebandono

Kakak Alyssa Soebandono, Ananda (tengah belakang), memutuskan pindah agama meski mendapat tantangan keras dari keluarganya.

"Isi khotbahnya, 'Untuk tahu siapa jati diri kamu, kamu harus tahu siapa yang tinggal di dalam hati kamu," cerita Ananda Soebandono. Setelah hari itu, Ananda terus datang ke gereja.

Ananda Soebandono bahkan mengaku bahwa hatinya bergetar. Saat pastor membahas materi tentang ‘you’re the winner’.

Dia kemudian meminta petunjuk kepada Allah tentang siapa sebenarnya Tuhan yang harus ia ikuti seumur hidupnya.

Dalam doanya itulah Ananda mengaku seolah menantang Tuhan. Namun, tak lama kemudian, ia justru seperti ditunjukkan sebuah vision (penglihatan).

Baca Juga: 5 Potret Kontroversi Arie Kriting, Suami Indah Permatasari yang Ogah Jadi Mualaf, Ini Alasannya

“Setelah khotbah, gue berdoa ‘ya Allah aku ingin tahu siapa jati diri aku sebenarnya, aku ingin tahu siapa aku sebenarnya, aku ingin tahu siapa sih aku? Yang selama ini aku rasa kehampaan’, berkali kali,” beber Ananda Soebandono.

“Tiba-tiba gue dapat vision. Itu seperti gambar gereja tua dan itu masih jauh, masih tertutup. Gue pertama kali berdoa, meminta, gue dikasih vision, gue deg-degan.”

Usai berdoa di gereja tersebut, Ananda Soebandono kemudian merasa bingung hingga mencoba menceritakan hal itu kepada temannya.

Baca Juga: 6 Potret Pilu Kematian Akibat Covid-19, Menkes Budi Gunadi: Biarkan Virusnya Menular...

Instagram

Kakak Alyssa Soebandono, Ananda, memutuskan pindah agama meski mendapat tantangan keras dari keluarganya.

Rekan dari Ananda Soebandono tersebut lantas meminta pria berparas tampan itu untuk menunaikan shalat.

Setelah itu, lanjut Ananda, ia kembali ikut ke gereja dan ditunjukkan vision yang sama dengan pintu gereja tertutup yang lebih dekat.

“Teman gue cuma bilang satu, ‘kamu coba salat deh’, sampai akhirnya di hari Minggu kedua gua ikut lagi masih sama materinya tentang jati diri. Tutup mata lagi, berdoa lagi, masih sama. ‘Aku ingin tahu siapa yang tinggal di hati aku’ sampai akhirnya vision itu dapat lagi, tapi kali ini pintunya lebih dekat,” ungkap Ananda lagi.

Setelah itu, keluarlah doa pamungkas Ananda di mana ia seolah menantang Tuhan untuk diperlihatkan hari itu juga atas apa yang harus dipilihnya.

Baca Juga: 7 Potret Syahra Larez Berhijab, Mantan Rizky Billar yang Komentarnya Soal Lesti Kejora Jadi Sorotan

“Selesai khotbah, berdoa kayak nantang Tuhan, ‘Tuhan, aku ingin tahu hari ini juga siapa Tuhan aku, siapa yang ada di hati aku, siapa yang harus aku ikuti seumur hidupku sampai aku mati’. Gue dapat vision, pintu gereja lagi lebih dekat lagi, tapi kebuka,” sambungnya.

“Ada cahaya dan pas gue lihat gue cuman nangis. Gue cuman bilang ‘thank you, Tuhan Yesus’,” tandas Ananda Soebandono.

Baca Juga: Foto Terkini Razer Patricia Mantan Tunangan Rezky Aditya, Curi Perhatian Gegara Bahas Karma

Instagram Ananda Soebandono

Kakak Alyssa Soebandono, Ananda, memutuskan pindah agama meski mendapat tantangan keras dari keluarganya.

Dalam kesempatan berbeda, Ananda juga menceritakan sedikit bagaimana respons ibunda saat ia memutuskan pindah agama dari Islam ke Kristen.

Saat pertama kali keluarga diberitahu oleh Ananda soal kepindahan agama, keluarganya ternyata menentang habis-habisan. Ananda Soebandono masih ingat, dirinya dicap tega dan berdosa dengan orang tuanya.

Tak mau berlarut-larut berselisih dengan keluarga, Ananda Soebandono memilih untuk pergi dari rumah. Lalu tiba saatnya ia ingin dibaptis oleh pastor di Semarang. Namun permintaan pastor benar-benar mengejutkan Ananda Soebandono. Pastor malah meminta Ananda untuk memohon restu dahulu pada kedua orang tuanya.

Baca Juga: Warga Satu Indonesia Nyesal Baru Tahu Sekarang, Uban di Kepala Musnah Cuma dengan Ramuan Daun Rambutan

"Pastornya ini sudah benar-benar memikirkan. Sampai akhirnya pastornya ini bilang, 'Saya mau membaptis kamu. Tapi, coba kamu ngomong, minta restu ke orang tua kamu'. Dan itu gue deg-degan dong, waduh gimana," kata Ananda Soebandono, dikutip dari channel YouTube Diaspora TV.

Ananda akhirnya memutuskan untuk pulang ke rumah, menemui keluarganya. Ia ingin meminta restu dari kedua orang tuanya untuk bisa dibaptis. Di luar dugaannya, Ananda ternyata malah disambut oleh keluarganya dengan haru.

Baca Juga: Unggah Foto Masa Muda Sang Ayah, Sophia Latjuba Bikin Netizen Syok: Mirip Banget Ariel NOAH

Instagram Ananda Soebandono

Kakak Alyssa Soebandono, Ananda, memutuskan pindah agama meski mendapat tantangan keras dari keluarganya.

Ketika masuk ke rumah, Ananda Soebandono melihat Alyssa. Sang adik langsung berlari ke arahnya.

"Gue dalam hati, 'Gue ditampar nih'. Enggak cuy, tiba-tiba dia meluk gue, 'Mas.. Icha kangen..' Dia meluk gue sampai nangis," ujar Ananda.

Tak lama kemudian, ibunya juga melihat Ananda Soebandono. Sang ibu pun menunjukkan reaksi yang serupa dengan Alyssa Soebandono.

"Nyokap juga lari, meluk gue erat banget, 'Kamu ke mana saja sayang?' Gue nangis," kata Ananda.

Baca Juga: Ogah Hapus Tato Meski Sudah Berhijrah, Foto Terkini Lawan Main Krisdayanti Ini Bikin Syok, Istrinya Pasrah

Mereka kemudian makan bersama. Lewat obrolan di sela-sela makan, Ananda Soebandono menceritakan apa yang ia rasakan hingga akhirnya memutuskan untuk pindah agama.

Akhirnya, kedua orang tua Ananda Soebandono menerima keputusan putranya itu. Sang ayah mengatakan, keyakinan adalah urusan Ananda Soebandono dengan Tuhannya.

Baca Juga: Foto Sarita Abdul Mukti Buka Hijab Bikin Heboh, Netizen: Masya Allah!

Instagram Ananda Soebandono

Kakak Alyssa Soebandono, Ananda, memutuskan pindah agama meski mendapat tantangan keras dari keluarganya.

Instagram Ananda Soebandono

Kakak Alyssa Soebandono, Ananda, memutuskan pindah agama meski mendapat tantangan keras dari keluarganya.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya