Fotokita.net - Tuliskan letaknya menurut garis lintang dan garis bujur, kunci jawaban soal Buku Tematik kelas 5 SD tema 9.
Inilah kunci jawaban Buku Tematik Tema 9 Kelas 5 SD Subtema 1 Pembelajaran 3 halaman 19, 20, 21, 22, 23, 24, 25, dan 26 yang dikutip dari Buku Guru dan Siswa serta beberapa sumber.
Pada buku tematik kurikulum 2013 edisi revisi 2018 Tema 9 Kelas 5 SD terdapat 4 subtema diantaranya Subtema 1: Benda Tunggal dan Campuran, Subtema 2: Benda dalam Kegiatan Ekonomi.
Serta Subtema 3: Manusia dan Benda di Lingkungannya, dan Subtema 4: Kegiatan Berbasis Literasi.
Baca Juga: Inilah Contoh dan Bentuk Kerja Sama ASEAN di Bidang Ekonomi, Yuk Kita Cari Tahu
Simak dan perhatikan pembahasan kunci jawaban Tema 9 kelas 5 SD/MI Subtema 1 Pembelajaran 3 halaman 19 sampai 26.
Berikut ini adalah ulasan soal dan kunci jawaban Tema 9 kelas 5 SD berjudul Benda-benda di Sekitar Kita halaman 19, 20, 21, 22, 23, 24, 25, dan 26 subtema 1 pembelajaran 3 tentang Benda Tunggal dan Campuran.
Kunci jawaban Tema 9 kelas 5 SD dan MI ini ditujukan kepada orang tua atau wali sebagai pedoman untuk mengoreksi hasil belajar anak.
Baca Juga: Apakah yang Dimaksud dengan Iklan Elektronik? Kunci Jawaban Soal Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 9
Kunci jawaban kunci jawaban Tema 9 Kelas 5 SD/MI, buatlah campuran zat.
>>> Halaman 19
Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Negara Indonesia memiliki posisi geografis yang unik sekaligus menjadikan posisi yang strategis.
Hal ini dapat dilihat dari letak Indonesia yang berada di antara dua samudra, yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.
Indonesia juga terletak di antara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia.
Letak geografis ini sangat memengaruhi keberadaan wilayah Indonesia, baik dilihat dari keadaan fisik dan sosial atau ekonomi dan politik. Amatilah peta Indonesia berikut.
Peta Indonesia
>>> Halaman 20
Ayo Mengamati
Amatilah gambar peta tersebut. Tuliskan nama daerah-daerah yang pernah kamu kunjungi pada kolom berikut.
Tuliskan nama daerah-daerah yang pernah kamu kunjungi pada kolom.
Siti mengamati gambar peta daerah tempat tinggal saudaranya di Jawa Tengah. Dengan peta, Siti mengetahui banyak hal tentang daerah di Jawa Tengah.
Letak kota atau tempat pada peta dinyatakan dengan garis bujur dan garis lintang. Jarak dua garis bujur berdekatan sebesar satu derajat (1°).
Jarak dua garis lintang berdekatan sebesar satu derajat (1°). Garis bujur terbagi dua, yaitu bujur barat (BB) dan bujur timur (BT). Garis lintang juga terbagi dua, yaitu lintang utara (LU) dan lintang selatan (LS).
>>> Halaman 21
Perhatikan peta Provinsi Jawa Tengah berikut
- Provinsi Jawa Tengah beribu kota di Semarang. Letak geografis kota Semarang sekitar 110° BT dan 7°LS. Tunjukkan letak Semarang pada gambar peta di atas. Kemudian, lingkarilah dengan pensil berwarna!
- Lihatlah peta di kelasmu atau buku atlasmu. Pilihlah 10 kota kabupaten pada peta di atas. Kemudian, tuliskan letaknya menurut garis lintang dan garis bujur! Tuliskan dalam tabel berikut!
Peta Jawa Tengah.
>>> Halaman 22
Pada latihan tersebut, kita telah ditunjukkan nama sepuluh kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Setiap provinsi mempunyai kabupaten. Setiap kabupaten memiliki kekhasannya masing-masing. Namun demikian, tentu saja antara kabupaten yang satu dengan lainnya tetap menjunjung persatuan dan kesatuan. Tidak hanya di dalam lingkup kabupaten, dengan orang terdekat pun kita harus menjunjung persatuan dan kesatuan.
Perhatikan gambar berikut. Paman Siti dan para tetangga bekerja sama membersihkan lingkungan rumah. Mereka juga mengganti bola lampu yang mati untuk penerangan di depan rumah masing-masing. Kegiatan mereka demi keamanan dan kenyamanan semua warga kampung. Kegiatan mereka itu mencerminkan hidup rukun dalam persatuan dan kesatuan.
>>> Halaman 23
Ayo Berdiskusi
Ada perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam masyarakat. Sebaliknya, ada pula perilaku yang tidak mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam masyarakat. Coba diskusikan secara kelompok bersama tiga orang temanmu perilaku tersebut. Kemudian, tuliskan contoh-contoh dari kedua perilaku tersebut dalam tabel berikut.
Perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam masyarakat.
Jawaban:
*Contoh perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan :
-Membersihkan lingkungan bersama-sama
-Menghormati perbedaan (agama, suku, daerah, adat dan kebudayaan) dalam masyarakat
-Mengutamakan kepentingan umum
-Bermain dengan siapa saja tanpa membedakan suku, agama, ras, daerah maupun status sosial
-Menghadiri undangan rapat masyarakat di balai desa
*Contoh perilaku yang tidak mencerminkan persatuan dan kesatuan
-Tidak pernah ikut serta dalam kegiatan membersihkan lingkungan
-Selalu mempermasalahkan perbedaan (agama, suku, daerah, adat dan kebudayaan) dalam masyarakat
Baca Juga: Ini Kunci Jawaban Soal Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 6 Subtema 3 Halaman 145 147 149 150 151
-Mengutamakan kepentingan pribadi
-Bermain dengan teman yang memiliki persamaan suku, agama, ras, daerah maupun status soial
- Tidak pernah menghadiri undangan rapat masyarakat di balai desa.
Dari segi geografis, Negara Indonesia membentang antara 60LU-110LS dan 950BT dan 1410BT, yaitu dari Sabang sampai Marauke. Oleh karena itu, perlu adanya rasa persatuan dan kesatuan. Apakah kamu mengetahui makna persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia? Bacalah tulisan berikut. Makna penting di dalam persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia adalah sebagai berikut:
- Rasa persatuan dan kesatuan menjalin rasa kebersamaan dan saling melengkapi antara satu dengan yang lain.
- Menjalin rasa kemanusian dan sikap saling toleransi serta rasa harmonis untuk hidup berdampingan secara rukun dan damai.
- Menjalin rasa persahabatan, kekeluargaan, dan sikap tolong-menolong antarsesama, serta sikap nasionalisme.
>>> Halaman 24
Ayo Mengamati
Untuk memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dibuatlah iklan ajakan atau seruan seperti berikut.
Ingatkah kamu yang dimaksud dengan iklan? Tuliskan dalam kolom berikut.
Iklan adalah...
Jawaban:
Iklan adalah :
Suatu pemberitahuan mengenai suatu barang atau jasa kepada khalayak/masyarakat umum agar mereka segera tertarik untuk membeli dan menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan tersebut.
Baca Juga: Jawaban Soal Agama Islam Kelas 5 SD Arti Iman Menurut Istilah, Yuk Kita Cari Tahu
>>>Halaman 25
Ayo Berlatih
Carilah contoh iklan dari media cetak. Gunting iklan tersebut, lalu ceritakan isinya di depan teman-temanmu.
Tempelkan iklan yang kamu peroleh dalam kolom berikut.
Jawaban:
Iklan tersebut menawarkan sabun Nuvo yang dapat menciptakan hari-hari anti kuman. Sabun nuvo memiliki kekuatan ganda sehingga 99% kuman mati.
Menurut Kak Seto yang merupakan pemerhati anak dengan kehidupan bebas kuman dapat memenuhi hak hidup sehat dan tumbuh kembang anak. Anak yang tumbuh dengan baik akan sehat dan aktif, serta berani berprestasi. Nuvo Famiily ciptakan generasi sehat Indonesia.
>>> Halaman 26
Ayo Renungkan
Apa saja yang sudah kamu pelajari hari ini? Apa manfaat dari pembelajaran yang kamu peroleh hari ini? Tuliskan dalam kolom berikut.
Hasil Renungan
Jawaban:
Hari ini saya telah belajar tentang sikap rasa ingin tahu, percaya diri, kerja sama, dan bertanggung jawab. Pengetahuan yang saya pelajari adalah karakteristik geografis Indonesia, sikap persatuan dan kesatuan dalam masyarakat, isi Iklan. Keterampilan yang saya pelajari adalah berdiskusi, mengomunikasikan, menuliskan. Manfaat pembelajaran pada hari ini saya jadi lebih mengetahui karakteristik geografis Indonesia dan isi dari sebuah iklan.
Kerjasama dengan Orang Tua
Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 3 Makanan Sehat Subtema 1 Halaman 35-39
Apa yang kamu lakukan untuk menjalin persatuan dan kesatuan antaranggota keluarga?
Jawaban
- Saling mencintai sesama anggota keluarga
- Mengakui keberadaan dan fungsi tiap-tiap anggota keluarga
- Mengembangkan sikap tenggang rasa dan tepa salira
- Tidak memaksakan kehendak orang lain
- Adanya keterbukaan antar anggota keluarga
Baca Juga: Ini Kunci Jawaban Soal Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 6 Subtema 3 Halaman 145 147 149 150 151
Jawaban:
- Hidup rukun dengan semangat kekeluargaan antarwarga masyarakat
- Setiap warga masyarakat menyelesaikan masalah sosial secara bersama-sama
- Bergaul dengan sesama warga masyarakat tidak membedakan-bedakan suku, agama, ras, ataupun aliran
- Menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar dalam bergaul antarsuku bangsa
- Mengadakan bakti sosial di lingkungan masyarakat.
Buatlah laporan sederhana hasil diskusimu bersama orang tua untuk dikumpulkan kepada Guru.
*) Disclaimer: Jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak.
(Tribun Pontianak/Dhita Mutiasari)