Fotokita.net - Lengkapi pernyataan berikut ini dengan jawaban tepat, kunci jawaban soal buku tematik kelas 2 SD tema 7.
Inilah kunci jawaban Buku Tematik Tema 7 Kelas 2 Subtema 4 pembelajaran 4 halaman 192, 193, 194, 195, 196, 197, 198, 199, dan 200 yang dikutip dari Buku Guru dan Siswa serta beberapa sumber.
Pada buku tematik Tema 7 Kelas 2 SD terdapat 4 subtema diantaranya Subtema 1: Kebersamaan di Rumah, Subtema 2: Kebersamaan di Sekolah, Subtema 3: Kebersamaan di Tempat Bermain, dan Subtema 4: Kebersamaan di Tempat Wisata.
Berikut ini adalah ulasan dan pembahasan kunci jawaban Tema 7 kelas 2 berjudul Kebersamaan halaman 192, 193, 194, 195, 196, 197, 198, 199, dan 200 subtema 4 Pembelajaran 4 tentang Kebersamaan di Tempat Wisata.
Pahami dan perhatikan dengan baik penjelasan kunci jawaban tema 7 kelas 2 SD/MI Subtema 4 pembelajaran 4 halaman 192 sampai 200 mengenai kebersamaan.
Materi soal yang dibahas dikutip dari Buku Tematik SD kurikulum 2013 edisi revisi 2018
Kunci jawaban Tema 7 kelas 2 SD ini ditujukan kepada orang tua atau wali sebagai pedoman untuk mengoreksi hasil belajar anak.
Baca Juga: Tuliskan Contoh Sikap Hidup Rukun di Kelas! Kunci Jawaban Soal Buku Tematik Kelas 2 SD Tema 7
>>> Halaman 192
Ayo Mengamati
Menyapa Pengunjung
Pengunjung kebun binatang berasal dari berbagai sekolah dan masyarakat.
Mereka berasal dari berbagai daerah atau suku.
Siti menyapa beberapa pengunjung.
Siti berkenalan dengan Bariah, ia berasal dari
Madura. Dayu berkenalan dengan Asep, ia berasal dari Bandung.
Beni berkenalan dengan Joko, ia berasal dari Solo.
Edo berkenalan dengan Madin, ia berasal dari Jakarta.
Mereka senang bisa berkenalan di kebun binatang.
Menyapa Pengunjung, Buku Tematik kelas 2 SD Tema 7.
>>> Halaman 193
Ayo Membaca
Ayo membaca teks di atas dengan percaya diri!
Ayo Berlatih
Pasangkanlah nama kota/daerah dengan suku asli yang terdapat di daerah tersebut!
Pasangkanlah nama kota/daerah dengan suku asli yang terdapat di daerah tersebut!
>>> Halaman 194
Ayo Berdiskusi
Diskusikan sikap kamu ketika bertemu dengan orang yang berbeda suku atau daerah!
Sampaikan hasil diskusimu di depan kelas!
Jawaban
Kita harus menghormati dan menghargai teman yang berbeda suku atau daerah. Kita tidak boleh membedakan teman hanya karena berbeda suku.
Ayo Menulis
Buatlah kalimat yang memuat kata sapaan berikut!
Bacalah kalimat yang kamu buat di depan kelas!
Jawaban:
Siti : “Selamat sore, Bariah”
Beni : “Joko, dari mana asalmu?”
Edo : “Madin, apa kegemaranmu?”
Dayu : “Asep, bagaimana sikapmu terhadap teman yang berbeda suku?”
Pak Guru : “Kalian harus menjaga kebersihan.”
Beni : “Sobat, bagaimana kabarnya?”
Siti : “Pak Satpam, di mana toiletnya?
>>> Halaman 196
Ketika di kebun binatang, Siti membagi kelompok.
Kelompok disesuaikan dengan tempat binatang yang dikunjungi.
Apabila lokasinya luas maka hanya dibagi dua kelompok.
Apabila lokasinya agak sempit dibagi tiga kelompok. Apabila lokasinya sempit dibagi empat kelompok.
Ayo berlatih
Pilihlah 24 siswa, mereka seolah-olah peserta kunjungan ke kebun binatang.
Praktikkan untuk membentuk 2 kelompok sehingga setiap kelompok memiliki anggota sama banyak.
Praktikkan untuk membentuk 2 kelompok.
Setiap kelompok dapat dinyatakan dalam pecahan ______1/2______. Setiap kelompok terdiri dari ____12____ siswa.
Praktikkan untuk membentuk 3 kelompok sehingga setiap kelompok memiliki anggota sama banyak.
Praktikkan untuk membentuk 3 kelompok.
Setiap kelompok dapat dinyatakan dalam pecahan ______1/3______. Setiap kelompok terdiri dari ___4_____ siswa.
Praktikkan untuk membentuk 4 kelompok sehingga setiap kelompok memiliki anggota sama banyak.
Praktikkan untuk membentuk 4 kelompok.
Setiap kelompok dapat dinyatakan dalam pecahan ______1/4______. Setiap kelompok terdiri dari ___6_____ siswa.
>>> Halaman 197 – 198
Ayo Berlatih
Lingkarilah pecahan yang sesuai dengan gambar!
Lingkarilah pecahan yang sesuai dengan gambar!
>>> Halaman 199 – 200
Lengkapi pernyataan berikut ini dengan jawaban yang tepat!
- Siswa kelas 2 terdiri dari 36 siswa.
- Setengah bagian dari siswa kelas 2 adalah ____18____. (36 siswa dibagi dua hasilnya adalah 18 siswa)
- Sepertiga bagian dari siswa kelas 2 adalah ___12_____. (36 siswa dibagi 3 hasilnya adalah 12 siswa)
- Seperempat bagian dari siswa kelas 2 adalah ____9____.(36 siswa dibagi 4 hasilnya adalah 9 siswa)
- Di kebun binatang terdapat 12 rusa.
- Setengah bagian dari jumlah rusa adalah ____6____. (12 rusa dibagi 2 hasilnya adalah 6 rusa)
- Sepertiga bagian dari jumlah rusa adalah ____4____. (12 rusa dibagi 3 hasilnya adalah 4 rusa)
- Seperempat bagian dari jumlah rusa adalah ___3_____. (12 rusa dibagi 4 hasilnya adalah 3 rusa)
- Di kebun binatang terdapat 48 burung merpati.
- Setengah bagian dari jumlah burung merpati adalah ____24____. (48 burung merpati dibagi 2 hasinya adalah 12 burung merpati)
- Sepertiga bagian dari jumlah burung merpati adalah ____16____. (48 burung merpati dibagi 3 hasilnya adalah 16 burung merpati)
- Seperempat bagian dari jumlah burung merpati adalah ___12_____.(48 burung merpati dibagi 4 hasilnya adalah 12 burung merpati)
- Di kebun binatang terdapat 60 bebek.
- Setengah bagian dari jumlah bebek adalah ____30____. (60 bebek dibagi 2 hasilnya adalah 30 bebek)
- Sepertiga bagian dari jumlah bebek adalah ___20_____. (60 bebek dibagi 3 hasilnya adalah 20 bebek)
- Seperempat bagian dari jumlah bebek adalah ___15_____. (60 bebek dibagi 4 hasilnya adalah 15)
- Di kebun binatang terdapat 72 ikan koki.
- Setengah bagian dari jumlah ikan koki adalah ____36____. (72 ikan koki dibagi 2 hasilnya adalah 36 ikan koki
- Sepertiga bagian dari jumlah ikan koki adalah ____24____. (72 ikan koki dibagi 3 hasilnya adalah 24 ikan koki)
- Seperempat bagian dari jumlah ikan koki adalah ____18____. (72 ikan koki dibagi 4 hasilnya adalah 18 ikan koki)
Dengan bantuan orang tua, siswa dapat membedakan suku dan asal daerahnya.
*) Disclaimer: Jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak.
(Tribun Pontianak/Dhita Mutiasari)