Terjawab, Bukan Penjelasan dari Dokter, Siti Zainah Hamil Tanpa Hubungan Suami Istri Karena Sosok Ini

Selasa, 16 Februari 2021 | 13:05
via Tribunjabar.id

Siti Zainah di Desa Sukapura, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur tiba-tiba melahirkan tanpa merasa hamil.

Fotokita.net - Terjawab, bukan penjelasan dari dokter, misteri Siti Zainah hamil tanpa hubungan suami istri karena sosok ini.

Belakangan ini publik heboh dengan berita seorang ibu muda di Cianjur, Jawa Barat, yang melahirkan anak keduanya tanpa merasa hamil.

Pada Sabtu (13/2/2021) peristiwa tersebut dialami Siti Zainah (25) warga Kampung Gabungang, Desa Sukapura, Kecamatan Cidaun, Cianjur.

Siti Zainah melahirkan bayinya setelah merasakan hamil hanya 1 jam. Proses persalinan berjalan normal, dan dibantu oleh bidan Puskesmas setempat.

Tidak merasakan tanda kehamilan

Baca Juga: Ngotot Minta Satu Frame Kamera dengan Amanda Manopo, Barbie Kumalasari Malah Sukses Pancing Kekasih Billy Syahputra Curhat Usai Tenar Karena Ikatan Cinta

Siti Zainah mengaku kaget atas apa yang dialaminya mengingat selama ini ia tidak pernah merasakan tanda-tanda kehamilan.

Dirinya hanya merasakan seperti ada angin yang masuk lewat organ kewanitaannya saat sedang bersantai di rumahnya.

Setelah itu, ia merasakan perutnya sakit dan perlahan membuncit. Namun, kondisi tersebut tidak berlangsung lama, karena perutnya kembali ke bentuk semula.

Baca Juga: Selain Ashanty, Artis Cantik Ini Juga Tertular Covid-19 Saat Idap Autoimun, Begini Kondisinya Sekarang

“Waktu itu saya mengira (perut membuncit) penyakit lambung saya kambuh,” kata Siti Zainah kepada wartawan, Jumat (12/2/2021).

Guna memastikan kondisi perutnya, ia diantar saudaranya ke puskesmas terdekat untuk memeriksakan diri.

Cryptic pregnancy

Sementara itu, bidan desa Riska Setiani mengatakan, Siti Zainah yang mengeluh sakit perut dinyatakan hamil setelah diperiksa.

Baca Juga: Bak Jatuh Tertimpa Tangga, Kini Positif Covid-19, Ashanty Pasrah Dituding Sombong Karena Tolak Lakukan Ini

"Kondisinya pun sudah waktunya melahirkan," kata Riska kepada wartawan, Jumat (12/2/2021).

Menurut Riska, kasus yang dialami Siti Zainah merupakan yang pertama kali terjadi di wilayah itu.

"Namun, secara medis memang ada kasus kehamilan yang tidak disadari," kata Riska.

Pelaksana tugas Dinas Kesehatan Cianjur Irvan Nur Fauzi mengaku telah menerima kabar tentang ibu muda yang tiba-tiba bersalin di Puskesmas Cidaun.

Baca Juga: Dilaporkan ke Polisi Karena Cuitan Otak Mafia Tanah, Mantan Jubir SBY Malah Berucap Syukur: Alhamdulillah...

Dalam kaca mata medis, dia menyebut, kasus yang dialami SZ dikenal sebagai cryptic pregnancy atau kehamilan samar.

“Mengapa itu bisa terjadi. Penyebabnya dua hal, faktor fisik atau faktor psikis. Bisa salah satu di antaranya atau bisa keduanya,” kata Irvan seperti diberitakan Kompas.com, Minggu (14/2/2021).

Bukan fenomena baru

Dokter spesialis obstetri dan ginekologi sekaligus konsultan fertilitas endokrinologi dan reproduksi dari Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta, dr Yassin Yanuar Mohammad, SpOG-KFER, menduga, kasus yang terjadi di Cianjur itu sama dengan fenomena yang pernah terjadi di Ciamis, Jawa Barat, pada Januari 2021.

Baca Juga: Diledek Usai Menangis di Dalam Bui, Ternyata Ustaz Maaher At-Tuwailibi Punya Doa Khusus Buat Nikita Mirzani Sebelum Meninggal Dunia

Seperti diberitakan Kompas.com, 14 Januari 2021,seorang wanita bernama Dedeh (33), warga Dusun Pangligaran, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, tiba-tiba melahirkan bayi tanpa menyadari bahwa dirinya hamil.

Yassin mengatakan, cryptic pregnancy bukanlah fenomena baru. Dia mengatakan, fenomena itu adalah suatu kondisi ketika seseorang tidak menyadari atau tidak merasa dirinya hamil.

"Cryptic pregnancy itu kondisi 'merasa tidak hamil', bukan tidak hamil," kata Yassin saat dihubungi Kompas.com, Minggu (14/2/2021).

Baca Juga: Diem-dieman Usai Batalkan Pernikahan, Ini Kenangan Terindah Ayu Ting Ting Saat Jalin Hubungan dengan Sang Mantan Selama 5 Bulan

Kolase Gridhype.id/kompas.com
Kolase Gridhype.id/kompas.com

Siti Zainah (25) wanita asal Cianjur yang melahirkan bayi setelah hanya satu jam merasakan kehamilan

Kasus-kasus tersebut telah beberapa kali ditemukan, seperti yang terjadi di Ciamis pada Januari lalu, dan yang baru-baru ini terjadi di Cianjur.

Akan tetapi, menurut Yassin, kasus cryptic pregnancy sangat jarang terjadi.

"Faktor risiko cryptic pregnancy belum jelas. Namun hal ini bisa saja terjadi pada yang memiliki siklus haid yang jarang, sehingga merasa bahwa bila tidak haid adalah hal yang wajar, dan ketika hamil tidak menyadarinya," kata Yassin.

Kemungkinan terjadinya cryptic pregnancy

Menurut Yassin, ada beberapa orang yang dikategorikan bisa mengalami cryptic pregnancy, yaitu:

Baca Juga: Terus-terusan Dituding Rusak Hubungan dengan Andre Taulany, Sule Malah Bongkar Sifat Buruk Sang Sahabat: Jangan Salahin Aku!

- Pada orang yang menjelang menopause atau perimenopause, di mana tanda kehamilan seperti peningkatan berat badan atau tambah gemuk, serta tidak haid dianggap sebagai hal yang lazim sehingga tidak sadar kalau hamil

- Pada pengguna kontrasepsi, di mana penggunanya merasa tidak hamil karena penggunaan kontrasepsinya

- Pada orang yang memang tidak menaruh perhatian atas gejala-gejala perubahan yang timbul pada tubuhnya

- Pada orang yang berada dalam kondisi “denial” atau penolakan secara psikologis. Misalnya pada seseorang yang tidak ingin hamil, sehingga ia mengabaikan semua perubahan yang terjadi pada tubuhnya.

Baca Juga: Pantas Ariel NOAH Tulis Nama Agnez Mo, Ternyata Luna Maya Sudah Buka Hati Buat Aktor Tampan Ini Hingga Rela Dapat Ciuman Mesra di Depan Kamera

Perubahan pada tubuh

Yassin mengatakan, berkaca dari kasus-kasus cryptic pregnancy yang telah terjadi, sangat pentinguntuk menaruh perhatian atas segala perubahan yang terjadi pada tubuh, sekecil apa pun itu.

"Tidak hanya istri, namun suami juga perlu memperhatikan kondisi dan perubahan apapun yang dialami istri," ujar Yassin.

Dia juga menambahkan, kehebohan masyarakat terhadap kasus-kasus cryptic pregnancy menunjukkan bahwapengetahuan kesehatan reproduksi merupakan hal yang sangat penting.

Baca Juga: Bikin Lemas Sosok Ini Usai Terima Pesan WA, Tabiat Asli Ayu Ting Ting Terbongkar Hingga Adit Jayusman Langsung Mundur dari Rencana Besar

Namun, menurut Yassin, pengetahuan setiap orang tentang hal tersebut masih belum merata.

"Padahal kehamilan merupakan hal yang penting untuk menyiapkan generasi, serta perlu didampingi selama prosesnya," ujar Yassin.

Baca Juga: Uang Bulanan Setengah Miliar Bikin Sultan Andara Syok, Suami Ussy Sulistiawaty Murka Karena Makanan Kampung Ini: Masa Se-simple Itu Gak Ada Sih?

Teka-teki pengakuan Siti Zainah, janda Cianjur yang mengaku melahirkan tanpa hamil mulai terkuak.

Sebelumnya Siti Zainah yang telah melahirkan bayi perempuan ini mengaku berstatus janda.

Janda 25 tahun ini mengatakan dirinya hamil hanya beberapa jam setelah itu melahirkan bayi tanpa suami.

Kendati begitu, polisi tetap memburu pria yang telah menghamili Siti Zainah.

Pada hari Rabu kemarin, Siti Zainah merasa kaget karena melahirkan bayi perempuan dengan berat badan normal.

Diakui janda satu orang anak itu, dirinya hanya merasa hamil selama 1 jam.

Baca Juga: Namanya Terseret Masalah Rumah Tangga Celine Evangelista, Natasha Wilona Mendadak Banjir Pujian Usai Unggah Foto Jadul Ini

Perutnya pun tidak buncit, serta haid pun masih berlangsung normal tiap bulannya.

Akan tetapi ketika akan melahirkan, Siti Zainah sempat merasa ada hal ganjil, yakni seperti ada suara angin yang masuk ke dalam rahimnya.

Tak lama setelah itu, Siti Zainah mengaku perutnya tiba-tiba buncit.

Sejam kemudian, Siti Zainah melahirkan bayi perempuan denganberat 2,9 kg.

Baca Juga: Punya Wajah Ayu Keturunan Jepang, Sosok Artis Sinetron Ini Bikin Penasaran Usai Video Pribadinya Bocor, Klarifikasi Netizen Tak Digubris

"Kalau proses haid saya normal sebulan sekali.Beberapa jam sebelum melahirkan, perasaan saya merasa ada yang masuk ke dalam rahim saya dan terasa sakit.

Setelah itu selama 15 menit perut saya tiba tiba buncit dan membesar selang dua menit perut saya kembali rata dan besar lagi.

Tribunjabar.id/Ferri A Mukminin
Tribunjabar.id/Ferri A Mukminin

Warga Kabupaten Cianjur masih heboh bayi lahir dari seorang ibu muda, Siti Jainah, yang tak pernah merasa hamil.

Terus akhirnya perut saya merasakan mules dan langsung melahirkan bayi berjenis perempuan," kata Siti Zainah, Sabtu (13/2/2021), dilansir dari TribunJabar.

Meski awalnya kaget dan syok, Siti Zainah kini hanya ucap syukur.

"Makanya saya kaget tiba-tiba perut saya bisa langsung hamil dan melahirkan bayi. Jujur saja hingga sekarang ini saya masih merasa kaget. Mungkin ini sudah takdir dari Allah SWT. Yang terpenting saya dan dedek bayi sehat," katanya.

Siti mengatakan, proses kelahirannya dibantu oleh bidan puskemas.

Baca Juga: Akui Cerai dari Gisel Jadi Momen Paling Buruk, Uang Kenakalan Gading Marten Saat Bersama Ibunda Gempi Bikin Syok Raffi Ahmad: Pantas Nggak Ribet

Pengakuan Bidan Puskesmas

Kepala Puskemas Cidaun, Eman Sulaeman, mengatakan, terkait adanya kelahiran bayi tanpa merasa mengandung itu dari sisi medis tidak mungkin.

"Dalam dunia medis ada yang disebut cryptic pregnancy atau hamil samar, di mana si ibu tidak menyadari dirinya sedang hamil dan baru tahu setelah tiba waktunya melahirkan.

Jadi ini merupakan hal yang sudah biasa terjadi walaupun kasusnya tidak banyak," katanya.

Eman mengatakan, terkait kehamilan yang tersembunyi itu bisa disebabkan dari bentuk organ tubuh bisa juga dari riwayat KB yang dipakai sehingga proses kehamilannya tidak bisa terdeteksi.

Baca Juga: Namanya Terseret Masalah Rumah Tangga Celine Evangelista, Natasha Wilona Mendadak Banjir Pujian Usai Unggah Foto Jadul Ini

"Kalau menurut saya ini peroses kehamilan yang normal namun tidak terlihat. Munculnya saat peroses persalinan," katanya.

Ia beranggapan opini yang beredar di warga masyarakat itu wajar karena secara awam tidak tahu dalam proses kehamilan.

Sedangkan dalam kehamilan itu ada yang namanya kehamilan tersembunyi.Eman bersyukur untuk proses kelahirannya dibantu oleh bidan puskemas.

Baca Juga: Ngotot Jadi Artis Hingga Dipecat dari Polisi, Norman Kamaru Mendadak Pamer Foto Istri Baru, Ternyata Bukan Sosok Sembarangan

"Setelah saya cek ke lokasi bersama sama Kapolsek dan Pak Camat, keadaan ibu dan bayinya dalam keadaan sehat dan proses kelahirannya normal.

Jenis kelamin perempuan dan berat bayi 2,9 kilogram," katanya.

Polisi buru ayah kandung si bayi.Polisi pun menyelidiki peristiwa tidak wajar yang dialami Siti Zainah.

Pertanyaan utamanya, siapa ayah kandung bayi yang dilahirkan Siti Zainah?

Polsek Cidaun masih berupaya mencari tahu sosok si ayah kandung sang bayi yang masih misterius.

Baca Juga: Diledek Usai Menangis di Dalam Bui, Ternyata Ustaz Maaher At-Tuwailibi Punya Doa Khusus Buat Nikita Mirzani Sebelum Meninggal Dunia

Kapolsek Cidaun AKP Sumardi berujar pihaknya telah menggali sejumlah fakta.

Salah satunya adalah status pernikahan Siti Zainah.

Ditemukan bukti Siti Zainah sudah pernah menikah dengan seorang pria.

Mereka dikaruniai 1 orang anak.

Namun pernikahan itu kandas, belum lama ini.

Dia bercerai dengan si suami 4 bulan lalu.

Baca Juga: Hasil Terawangan Denny Darko Kembali Terbukti? Sosok Ini Mendadak Muncul dalam Survei Pilkada DKI Hingga Ganggu Suara Anies Baswedan

Suaminya adalah seorang warga Kecamatan Agrabinta, Kabupaten Cianjur.

Hingga kini polisi belum membeberkan informasi lengkap soal identitas mantan suami Siti Zainah.

"Intinya kami ingin meluruskan kabar simpang siur soal perempuan hamil dan sudah melahirkan yang dianggap tidak wajar.

Kami tak ingin ini menjadi opini liar publik," tandasnya.

Baca Juga: Bergelimang Harta Usai Sukses di Ikatan Cinta, Ayya Renita Blak-blakan Bongkar Profesi Rahasia Sang Ayah: Saatnya Aku Manjakan Mereka

tribunnews

Siti Zainah, janda cantik yang mengaku hamil tanpa berhubungan intim

Tanggapan Camat

Camat Cidaun, Kabupaten Cianjur Herlan Iskandar mengatakan pihaknya sudah meninjau langsung ke lokasi rumah tempat di mana seorang janda muda melahirkan seorang bayi perempuan yang viral karena sang ibu mengaku tak pernah mengandung.

Camat mengatakan, wajar terjadi opini berbeda di masyarakat menanggapi adanya berbagai pendapat yang muncul.

"Jadi ini berbeda dengan penjelasan medis, tentu perlu dikaji lebih dalam lagi," ujar Camat setelah meninjau lokasi rumah Siti Kampung Gabungan RT 02/02, Desa Sukapura, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur.

Camat berharap pihak keluarga Siti bisa menerima anugerah seorang bayi dan dirawat dengan baik.

Baca Juga: Sang Ibunda Sakiti Dirinya Sendiri, Noah Sinclair Rela Lakukan Ini Buat BCL Demi Gantikan Ashraf, Bikin Meleleh

"Apapun itu saya rasa kelahiran bayi adalah anugerah, jadi saya berharap keluarga Siti bisa menerima dan merawat bayi tersebut dengan baik," katanya.

Camat mengatakan, pertama kali ia mengetahui adanya kabar bahwa seorang ibu melahirkan setelah perutnya membesar hanya dalam 1 jam.

"Saya menerima kabar dalam satu jam tersebut perut si ibu membesar kemudian keluar bayi, makanya saya langsung kontak kepala puskesmas," kata Camat.

Baca Juga: Punya Ide Jadikan Jokowi Sebagai Cawapresnya, Ini Sepak Terjang Dubes RI untuk Filipina Sinyo Harry Sarundajang yang Meninggal Dunia di Jakarta

Camat mengatakan, setelah dilihat ibu dan bayinya dalam kondisi sehat.

Ia pun berharap keluarganya rutin memeriksakan si bayi ke bidan terdekat.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya