Negara Apa Saja yang Masuk dalam Wilayah Asia Tenggara? Ini Kunci Jawaban Soal Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 7 Halaman 24-30

Selasa, 09 Februari 2021 | 04:55
pxfuel.com

Negara-negara yang termasuk di wilayah Asia Tenggara dan ASEAN.

Fotokita.net - Negara apa saja yang masuk dalam wilayah Asia Tenggara? Ini kunci jawaban soal buku tematik kelas 6 SD tema 7 halaman 24-30.

Simak kunci jawaban Buku Tematik dari pertanyaan "Negara apa saja yang masuk dalam wilayah Asia Tenggara?" untuk Kelas 6 SD Tema 7 subtema 1 halaman 24, 25, 27, 28, dan 30.

Buku Tematik untuk kelas 6 SD/MI tema 7 ini mengangkat judul mengenai Kepemimpinan.

Buku Tema 7 Kelas 6 yang dibahas berikut ini merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017.

Berikut kunci jawaban dan pembahasan materi pembelajaran 3 buku tematik kelas 6.

Baca Juga: Apakah yang Dimaksud dengan Tanggung Jawab? Ini Kunci Jawaban Soal Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 6 Halaman 84-90

Kunci Jawaban Halaman 24-25

Ayo Membaca

Pak Abdi

Pemimpin yang baik adalah orang yang mau terus belajar dari siapa saja. Sebagai ketua RT yang dicintai warganya, Ibu Erika banyak belajar dari Pak Abdi. Beliau seorang Lurah Kampung Palapa, yang letaknya bersebelahan dengan Kampung Sehat Melati.

Baca Juga: NIlai Kemanusiaan Apakah yang Diterapkan Petugas Pemadam Kebakaran? Jawaban Soal Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 7 Halaman 45-52

Seperti banyak orang lainnya, Ibu Erika terinspirasi atas keberhasilan Pak Abdi menggalang warga untuk menjaga kehidupan beragama dan kerukunan beragama. Seperti yang dirasakan oleh Ibu Erika hari ini, ketika menghadiri undangan peringatan Hari Kemerdekaan di Kampung Palapa. Ibu Erika mendengarkan pidato Pak Abdi.

“Warga Kampung Palapa. Sudah lebih dari enam puluh delapan tahun negara kita berdiri mandiri, merdeka dari penjajah. Setiap tahun kita berkumpul merayakannya, bukan tanpa tujuan. Aneka lomba dan kegiatan makan bersama adalah bentuk syukur kita atas kebebasan untuk hidup berkarya dan ungkapan terima kasih kita atas jasa para pahlawan yang berjuang untuk kemerdekaan ini.”

Baca Juga: Apakah Peran Tarian Tersebut Pada Saat Perjuangan Melawan Penjajahan? Ini Kunci Jawaban Soal Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 6 Halaman 75

“Wargaku tercinta, satu hal penting yang tak akan bosan saya sampaikan, adalah agar kita selalu menjaga perilaku kita sesuai tuntunan agama. Aneka kegiatan yang kita lakukan dalam memperingati kemerdekaan ini harus selalu kita dasari dengan rasa syukur kita atas anugerah Tuhan. Dengan izin Tuhan Yang Maha Esa, para pahlawan berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan negara kita.”

“Kini, marilah kita mengisi kemerdekaan ini dengan berbagai kegiatan positif. Semua kegiatan, hendaklah kita niatkan sebagai ibadah kepada Tuhan. Dengan begitu semoga Tuhan meridhoi semua yang kita lakukan.”

“Selamat berpesta memperingati kemerdekaan bangsa, wargaku. Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu melindungi dan menuntun langkah kita. Semoga desa kita semakin maju. Semoga seluruh warga semakin makmur dan bahagia.”

Hati Ibu Erika bergemuruh seiring tepuk tangan seluruh warga yang hadir. Sekali lagi, Pak Abdi memberinya inspirasi. Seorang pemimpin harus selalu mengajak warganya untuk selalu menerapkan nilai-nilai ketuhanan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Ini Jawaban Soal Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 106 107 108 109 111

Ayo Berdiskusi

Kamu telah membaca teks “Pak Abdi”. Diskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut dengan kelompokmu.

1. Nilai-nilai kepemimpinan apakah yang dimiliki Pak Abdi?

Jawaban:

Agamis, belajar terus menerus, persatuan dan kerukunan beragama, selalu bersyukur, Inspiratif (mampu memberi inspirasi orang lain), motivator (mampu memberi motivasi orang lain)

2. Manfaat apa yang diperoleh penduduk dari program atau kegiatan Pak Abdi?

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 5, Batik Seni Tradisional Indonesia yang Mendunia

Jawaban:

Manfaat yang diperoleh penduduk adalah masyarakat merasa tentram, nyaman, aman, kebersamaan antar warga makin kuat, yang pada akhirnya mampu meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat.

3. Apakah Pak Abdi sudah mengajak penduduknya mengamalkan nilai-nilai ketuhanan dalam kehidupan? Jelaskan!

Jawaban:

Sudah, dengan cara mengajak warganya untuk selalu bersyukur atas nikmat Tuhan yang telah diberikan, selain itu selalu mengajak warga masyarakat untuk lebih berperilaku sesuai dengan tuntunan agama.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 3 Tokoh dan Penemuan Subtema 2 Penemu dan Manfaatnya Halaman 80-89

4. Apa yang dapat kamu teladani dari Pak Abdi?

Jawaban:

Pak Abdi adalah seorang pemimpin yang pantas untuk ditiru. Seorang pemimpin yang dalam tindakannya selalu diniatkan untuk beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Mampu memberikan inspirasi dan motivasi kepaa warganya, mampu menjaga kerukunan dan persatuan umat beragama di lingkungannya.

Selalu menganjurkan warganya untuk selalu bersyukur atas nikmat yang telah diterima, sehingga warga masyarakat menjadi lebih nyaman, tentram, damai dan pada akhirnya mampu menjadikan masyarakat lebih sejahtera.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 3 Subtema 3 Ayo Menjadi Penemu Pembelajaran 4 Halaman 135-141

Kunci Jawaban halaman 27

Ayo Membaca

Berikut adalah nilai-nilai yang terkandung dalam sila kesatu Pancasila, yaitu “Ketuhanan yang Maha Esa”.

  1. Percaya dan takwa terhadap Tuhan yang Maha Esa.
  2. Mengembangkan sikap hormat-menghormati dan bekerja sama antarpemeluk agama dan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan yang Maha Esa.
Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 4 Subtema 1 Globalisasi Halaman 1-7

  1. Membina kerukunan hidup di antara sesama umat beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan yang Maha Esa.
  2. Agama dan kepercayaan terhadap Tuhan yang Maha Esa adalah masalah yang menyangkut hubungan pribadi manusia dengan Tuhan yang Maha Esa.
  3. Mengembangkan sikap saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.
  4. Tidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan terhadap Tuhan yang Maha Esa kepada orang lain.
Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 3 Subtema 2 Penemuan dan Manfaatnya Pembelajaran 1 Halaman 62-69

Ayo Berdiskusi

  1. Identifikasilah penerapan nilai-nilai ketuhanan itu dalam kehidupanmu sehari-hari.
Jawaban:

Beribadah dengan rajin sesuai dengan agama yang dianut, menghormati dan menghargai pemeluk sesama agama dan antar agama, bersosialisasi dengan semua pemeluk agama tanpa membeda-bedakan.

  1. Tuliskan pendapatmu mengenai pelaksanaan kehidupan beragama di lingkungan sekitarmu.
Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 3 Subtema 3 Ayo Menjadi Penemu Pembelajaran 1 Biografi BJ Habibie

Jawaban:

Pelaksanaan kehidupan beragama di daerah saya sudah berlangsung baik, semua pemeluk agama dapat beribadah dengan tenang tanpa ada gangguan dari pemeluk lain, adanya kebersamaan dan kerukunan antar umat beragama.

Tuliskan tugasmu, lalu presentasikan di depan teman-teman dan guru. Lakukan bergantian.

Kunci Jawaban halaman 28

  1. Negara apa saja yang masuk dalam wilayah Asia Tenggara?
Jawaban:

Indonesia, Brunei, Kamboja, Timor Leste, Thailand, Filipina, Vietnam, Laos, Myanmar, Malaysia, Singapura

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 3 Subtema 2 Penemuan Komputer Halaman 99-100

  1. Negara apa saja yang masuk sebagai anggota ASEAN?
Jawaban:

Indonesia, Brunei, Kamboja, Thailand, Filipina, Vietnam, Laos, Myanmar, Malaysia, Singapura

  1. Apa sumber daya yang menjadi keunggulan tiap negara ASEAN?
Jawaban:

- Indonesia: Kopi, kelapa sawit, Karet, Teh, Tembaga, Emas, Gas alam, Timah, Tebu, tembakau, lada putih, kayu lapis, biji logam, LPG

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 2 Subtema 3 Bersatu Kita Teguh Pembelajaran 2 Halaman 109-115

- Singapura: Tidak memiliki sumber daya alam, namun memiliki sumber daya dalam bidang jasa, seperti perbankan, perdagangan, pendidikan dan kesehatan. Hal ini dikarenakan letak geografisnya sangat strategis (jalur pelayaran internasional).

- Brunei Darussalam: Minyak dan gas bumi, kelapa sawit, karet, kelapa.

- Malaysia: Kelapa sawit, Timah, Karet, teh, padi, bauksit, minyak dan gas bumi, emas, bauksit.

- Vietnam: Beras, Kedelai, teh, karet, kopi, batu bara dan minyak bumi.

- Thailand: Beras, jagung, karet, tebu, timah, tembaga, bijih besi, cengkeh, minyak dan gas bumi, timbal.

- Laos: Pertanian, emas, tembaga & hasil tambang, kayu & produk kayu, pakaian jadi.

- Kamboja: Karet, beras, kayu, minyak dan gas bumi, batu permata.

- Myanmar: Tembaga, emas, timah, seng,perak, batu permata, nikel, gas alam, beras, karet.

- Filipina: Padi, jagung, abaca, tembaga, emas, perak, bijih besi.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Soal Tema 2 Kelas 6 Halaman 18 21 24 25 Buku Tematik Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan

  1. Apa produk yang dihasilkan dan diekspor oleh tiap negara anggota ASEAN? Ke negara mana produk tersebut diekspor?
Jawaban:

- Indonesia : Karet, kopi, tembakau, udang, lada putih, kayu lapis (negara tujuan ekspor : Belgia & Luxemburg) Biji logam, aluminium, kayu, bahan makanan (negara tujuan ekspor : Jepang)NLPG (Negara tujuan : Amerika) Industri parfum, karet, kelapa sawit (negara tujuan ekspor : Prancis).

- Singapura : Elektronik dan telekomunikasi, obat, barang kimia, produk pengilangan minyak bumi (negara tujuan ekspor : Malaysia, Hongkong, China,

- Indonesia, Amerika, Jepang, Australia, Korea).

- Brunei Darussalam: Minyak dan gas bumi, kayu, kelapa sawit (negara tujuan ekspor : Jepang, Australia, Indonesia, Afrika Selatan, Amerika).

- Malaysia: Karet, Kelapa sawit, timah, minyak bumi, kayu, tekstil (negara tujuan ekspor : China, Singapura, Amerika, Thailand).

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 1 Subtema 3, Ayo Selamatkan Hewan dan Tumbuhan Halaman 141-145

- Vietnam: Beras, kedelai, teh, gula, batu bara, karet , perikanan, minyak mentah (negara tujuan ekspor : China, Korea Selatan, Jepang, Taiwan).

- Thailand: Beras, Jagung, Karet, Tebu, timah, tembaga, bijih besi, cengkeh, minyak dan gas bumi, timbal (negara tujuan ekspor : China, Amerika, Jepang,

- Malaysia, Hongkong, Australia, Singapura).

- Laos: Pertanian, emas, tembaga & hasil tambang, kayu dan produk kayu, pakaian jadi (negara tujuan ekspor : Thailand, China, Vietnam).

- Kamboja: Karet, Beras, kayu, minyak dan gas bumi, batu permata (negara tujuan ekspor : Amerika, negara-negara Uni Eropa, Thailand, China).

- Myanmar: Beras, Tembaga, emas, timah, seng, perak, batu permata, nikel, gas alam, beras, karet (negara tujuan ekspor : Thailand, China, India, Singapura, Malaysia).

- Filipina: Padi, jagung, abaca, tembaga, emas, perak, bijih besi (negara tujuan ekspor : China, Taiwan, Korea selatan, Amerika, Jepang).

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 2 Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan Pembelajaran 4 Halaman 27-31

  1. Apa produk yang diimpor tiap negara ASEAN? Dari negara mana produk tersebut diimpor?
Jawaban:

- Indonesia: Mesin dan peralatan, bahan kimia, bahan bakar (negara asal impor: China, Jepang, Thailand, negara-negara ASEAN, Uni Eropa)

- Singapura: Mesin dan peralatan, bahan bakar, kimia, makanan, barang jadi (negara asal impor : Malaysia, China, Amerika, Korea, Jepang, Indonesia)

- Brunei Darussalam: Tembakau, bahan pangan, mesin dan peralatan (negara asal impor : Indonesia, Jepang, Singapura, Amerika, Korea Selatan)

- Malaysia: Elektronik, Emas, aseksoris, semikonduktor, kayu, mesin dan peralatan (negara asal impor : China, Singapura, Amerika, Jepang, Thailand, Taiwan, India)

- Vietnam: Mesin dan peralatan, bahan bakar minyak, produk baja, elektronik, mobil (negara asal impor : Amerika, Uni Eropa, China, Jepang)

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 2 Subtema 2 Bekerja Sama Mencapai Tujuan Pembelajaran 4 Halaman 75-84

- Thailand: Mesin dan komponen, bahan kimia, besi dan baja, (negara asal impor : China, Jepang, Amerika, Malaysia, Uni Emirat Arab, Korea Selatan, Indonesia, Taiwan)

- Laos: Material konstruksi, mesin, bahan bakar, makanan, kendaraan & suku cadang, perlengkapan produksi, barang konsumsi (negara asal impor :Thailand, China, Vietnam, Jepang)

- Kamboja: Tembakau, tekstil, garmen, pulp dan kertas, farmasi, produk makanan & minuman, bahan bangunan (Negara asal impor: Thailand, China, Singapura, Vietnam, India, Korea Selatan)

- Myanmar: Pupuk, semen, manufaktur/mesin dan peralatan, tekstil (negara asal impor : Singapura, China, Thailand, Jepang)

- Filipina: Produk elektronik, alat transportasi, mesin & alat industri, besi baja, alat telekomunikasi & listrik (Negara asal impor: China, Taiwan, Singapura, Amerika, Jepang)

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 3 Tokoh dan Penemu Pembelajaran 4 Halaman 33-40

  1. Apa peran Indonesia dalam bidang ekonomi di ASEAN?
Jawaban:

– Turut membuka pusat promosi ASEAN

– Sebagai negara yang menyediakan cadangan pangan

– Menjalin kerjasama di bidang perindustrian dan perdagangan

* Kerjasama di sektor industri dilakukan melalui ASEAN Industrial Cooperation (AICO)

* Kerjasama di sektor perdagangan dalam ASEAN Free Trade Area (AFTA), ASEAN Economy Community (AEC) dan koperasi ASEAN

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 Subtema 1 Pembelajaran 2 Buku Tematik Halaman 9-16, Rukun dalam Perbedaan

* Kerjasama di sektor fasilitas perdagangan

Tuliskan hasil laporanmu dalam bentuk yang menarik. Kamu dapat membuatnya dalam bentuk paparan atau diagram.

Pada Pembelajaran 1 dan 2, kamu telah membaca teks pidato. Pada bacaan “Pak Abdi” di awal pembelajaran 3 ini juga terdapat teks pidato. Keseluruhan teks pidato itu memuat hal-hal pokok yang sama. Teks pidato harus memuat hal-hal pokok berikut.

  1. Salam pembuka
Berisi kalimat sapaan (selamat pagi, selamat siang, selamat malam, dan lain-lain)

  1. Pendahuluan
Memaparkan topik permasalahan yang akan dibahas.

  1. lnti
Berisi pembahasan topik secara lengkap. Kalimat ajakan atau bujukan digunakan untuk mengajak pendengar melakukan kegiatan yang diharapkan.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Tema 1 Buku Tematik Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 141-145 Kelas 6 SD, Ayo Selamatkan Hewan dan Tumbuhan

  1. Penutup
Penyampaian rangkuman atau intisari topik yang telah disampaikan.

  1. Salam penutup
Berisi kalimat salam penutup seperti “terima kasih”.

Kunci Jawaban halaman 30

Ayo Mencoba

Identifikasilah unsur-unsur pokok pada pidato dalam bacaan “Pak Abdi”. Tuliskan unsur-unsur: salam pembuka, pendahuluan, inti, penutup, dan salam penutup dari pidato tersebut. Lakukan bersama kelompokmu, lalu diskusikan hasilnya bersama kelompok-kelompok lain.

Baca Juga: Jawaban Soal Mengapa Semua Unsur Pada Peta Memiliki Arti, Belajar dari Rumah TVRI untuk SD Kelas 4-6

Jawaban:

  1. Salam Pembuka
  2. Pendahuluan
– Menyampaikan tentang maksud atau tujuan diadakannya perayaan kemerdekaan Indonesia adalah sebagai bentuk syukur terhadap nikmat yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa, serta sebagai ungkapan rasa terima kasih kepada perjuangan para pahlawan.

  1. Inti
– Mengajak seluruh warga masyarakat agar senantiasa selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan, dengan cara bertingkah laku sesuai dengan ajaran agama masing-masing, serta dengan mengisi kemerdekaan Indonesia dengan kegiatan yang positif/berguna.

  1. Penutup
  2. Salam Penutup
*) Disclaimer: Kunci jawaban tersebut hanya sebagai panduan untuk orang tua mengoreksi jawaban anak.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Soal Tema 2 Kelas 6 Halaman 18 21 24 25 Buku Tematik Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan

(Tribunnews.com/Oktavia WW)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya