Dikenal Sosok yang Rendah Hati, Syekh Ali Jaber Beri Raffi Ahmad Barang Langka Ini, Nagita Slavina: Ya Allah Merinding

Kamis, 14 Januari 2021 | 14:16
Instagram Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina serta Syekh Ali Jaber

Fotokita.net - Dikenal sosok yang rendah hati, Syekh Ali Jaber beri Raffi Ahmad barang langka ini hingga bikin Nagita Slavina merinding.

Pendakwah kondang Syekh Ali Jaber meninggal dunia pada Kamis (14/1/2021) sekitar pukul 08.30 WIB.

Syekh Ali Jaber meninggal dunia setelah 19 hari dirawat di Rumah Sakit Yarsi, Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

"Telah meninggal dunia Syekh Ali Jaber pada usia 44 tahun di ruang ICU Rumah Sakit Yarsi setelah menjalani perawatan selama 19 hari," kata Manajer Humas & Pemasaran RS Yarsi Elly M Yahya, Kamis.

Baca Juga: Unggah Foto Sang Ulama Pakai Selang Oksigen, Ustaz Yusuf Mansur Sampaikan Kabar Duka Hingga Mata Berkaca-kaca: Mohon Doanya...

Elly mengatakan, dalam beberapa hari terakhir, Syekh Ali Jaber dalam kondisi stabil. Namun, takdir berkata lain.

"Beliau wafat pada hari ini, Kamis, 14 Januari 2021, pukul 08.38 WIB," kata Elly.

Pihak rumah sakit tak menjelaskan sakit yang diderita Syekh Ali Jaber. Elly mewakili pihak RS pun menyampaikan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya.

Baca Juga: Disindir Telak Ridwan Kamil, Giliran Sosok Ini Sentil Raffi Ahmad Karena Pesta Tanpa Prokes Usai Divaksin Bareng Jokowi

Berita tersebut juga disampaikan rekannya, Ustaz Yusuf Mansur, melalui video yang ia unggah di akun resmi Instagram miliknya, @yusufmansurnew.

"Benar Syeikh Ali wafat. 08.30," tulis Yusuf. Kondisi kesehatan Syekh Ali Jaber diketahui menurun dalam beberapa minggu terakhir.

Berikut kronologinya.

Pada 29 Desember 2020, Syekh Ali Jaber mengumumkan dirinya positif terpapar Covid-19.

Baca Juga: Baru Jadi Menteri Sudah Bikin Gempar, Denny Darko Singgung Sosok Wanita yang Muncul Bersama Ratu Adil di Tahun Ini

Hal itu ia sampaikan melalui video yang kemudian diunggah oleh akun yayasannya, @yayasan.syekhalijaber.

Dalam video tersebut, Syekh Ali Jaber tampak memakai alat bantu oksigen. Ia mengaku tak menyangka bisa positif Covid-19.

"Alhamdulillah inalilah subhanallah. Enggak menyangka. Padahal sudah sering swab berkali-kali dan (hasilnya) selalu negatif.

Beberapa hari lalu awal langkah mulai panas, kemudian batuk. Saya rasa panas biasa-biasa saja," ujar Syekh Ali Jaber.

Baca Juga: Tetangga Beberkan Tingkah Laku Sehari-hari Usai Ditinggal Ibunya Kawin Lagi, Penusuk Syekh Ali Jaber Ternyata Senang Posting Foto-foto Begini

Dia juga menegaskan selalu berusaha semaksimal mungkin mematuhi protokol kesehatan, menerapkan 3M, dan jarang bertemu banyak orang.

"Coba bayangkan saya jarang ketemu siapa-siapa, kalaupun ketemu, saya selalu memenuhi protokol jaga 3M, kemudian menjauh dari kerumunan dan keramaian, tapi subhanallah kalau sudah qadarullah wa hadhr la Yuni Minal qadar, Kalau sudah ditakdirkan oleh Allah pasti datang ujian," tuturnya.

Syekh Ali Jaber mengungkapkan, dirinya merasa demam, batuk, hingga sesak napas.

Baca Juga: Penusuk Syekh Ali Jaber Bertingkah Aneh Saat Dengar Suara Pengajian, Tetangga Ungkap Perilaku Kesehariannya

Sempat hanya ingin menjalani karantina mandiri, Syekh Ali Jaber akhirnya memutuskan dirawat di rumah sakit lantaran tak kuat dengan kondisinya.

Masuk ruang ICU

Kondisi Syekh Ali Jaber lantas memburuk tak lama setelah mengumumkan dirinya positif Covid-19.

Melalui admin yang mengelola akun Instgram pribadinya, @syekh.alijaber, pendakwah asal Madinah itu diketahui masuk ruang ICU di sebuah rumah sakit di Jakarta.

Baca Juga: Pernah Hadiahi Raffi Ahmad Karpet Masjidil Haram, Ulama Madinah Ini Lanjutkan Dakwah Usai Ditikam Orang Tak Dikenal, Inilah Detik-detik Penyerangan

"Sahabat Syekh Ali Jaber yang semoga dirahmati Allah. Mohon doanya untuk Syekh Ali.

Saat ini beliau dirawat di ruang ICU dan tidak bisa menggunakan HP. Terima kasih untuk semua doa dan perhatiannya..." tulis admin akun Syekh Ali Jaber via Instagram Story.

Baca Juga: Syekh Ali Jaber Temukan Sejumlah Keganjilan, Ternyata Pelaku Penusukan Sering Lakukan Kebiasaan Ini, Begini Kesaksiannya

Dari unggahan tersebut, diketahui bahwa Syekh Ali Jaber belum bisa berkomunikasi secara daring.

Hal itu karena ia tidak diperbolehkan membawa perangkat selulernya saat menjalani perawatan di ruang ICU.

Kondisi Syekh Ali Jaber yang memburuk diperkuat unggahan presenter Arie Untung di Instagram pada Senin (4/1/2021).

Baca Juga: China Makin Terpojok, Ilmuwannya yang Kabur ke Amerika Sebut Punya Bukti Virus Corona Dibuat di Laboratorium Wuhan: Itu Hanya Kedok

Arie Untung, melalui akun @ariekuntung, mengunggah foto Syekh Ali Jaber yang terlihat banyak menggunakan alat bantu pernapasan.

"Temen-temen mohon bantuan doanya dengan sangat untuk guru kita @syakh.alijaber. Semoga dilancarkan kesembuhannya," tulis Arie.

Kondisi membaik

Yayasan Syekh Ali Jaber kembali membagikan kondisi terbaru sang pendakwah, terutama untuk meluruskan berita yang sempat beredar.

Bersamaan dengan keluarnya informasi dari Arie pada Senin pekan lalu, yayasan tersebut menyatakan kondisi kesehatan Syekh Ali Jaber meningkat.

Kendati demikian, Syekh Ali Jaber masih dirawat intensif di ruang ICU.

"Kami kabarkan, saat ini beliau masih dalam perawatan intensif di salah satu Rumah Sakit di Jakarta.

Kondisinya pun Semakin Membaik, tim medis menyampaikan apa adanya, bahwa perkembangannya cukup bagus dan terus menunjukan peningkatan," tulis admin akun @yayasan.syekhalijaber.

Baca Juga: Belum Juga Halal, Berkali-kali Kepergok Kamera Sentuh Fisik Lesti Kejora, Tapi Rizky Billar Selalu Anggap Main-main: Saya Lupa Punya Tangan

Menurut pemaparan yayasan tersebut, Syekh Ali Jabar mengalami beberapa gangguan fisik setelah mengidap Covid-19. Sehingga, sang ulama harus istirahat total.

"Meski begitu, Syekh Ali Jaber masih harus beristirahat secara penuh. Langkah ini dilakukan untuk memulihkan kondisi Syekh Ali Jaber."

Baca Juga: Bikin Sedih, Selain Ade Firman Hakim, 6 Artis Kondang Ini Meninggal Dunia di Usia 30-an Tahun, Ada yang Saat Tidur Hingga Hamil

"Syekh Ali masih harus tetap istirahat total secara terkontrol dan terukur, demi memperbaiki dan memulihkan kembali beberapa gangguan jasmani yang terjadi akibat Covid-19," tulis admin akun itu lagi.

Wafat setelah negatif Covid-19

Syekh Ali Jaber pada akhirnya mengembuskan napas terakhir pagi hari ini. Selain informasi dari Yusuf Mansur, yayasan Syekh Ali Jaber juga mengumumkan meninggalnya Syekh Ali Jaber lewat akun Instagram @yayasan.syekhalijaber.

Baca Juga: Disebut Tolak Bayar Uang Panai, Arie Kriting Beri Mahar Ini Buat Nikahi Indah Permatasari, Kepala KUA: Sah!

Dari unggahan yang sama, yayasan menegaskan Syekh Ali Jaber wafat bukan karena masih terpapar Covid-19.

"Telah wafat guru kita, Syekh Ali Jaber (Ali Saleh Mohammed Ali Jaber) di RS Yarsi hari ini, 14 Januari 2021, jam 08.30 WIB dalam keadaan negatif Covid-19," begitu pernyataan yayasan almarhum.

"Mohon dimaafkan segala kesalahan beliau. Semoga diterima segala amal shaleh beliau," lanjut pernyataan yayasan.

Baca Juga: Pantas Jadi Calon Tunggal Kapolri, Ternyata Komjen Listyo Sigit Sudah Dekat dengan Presiden Jokowi Sejak dari Sini

Syekh Ali Jaber mendirikan Yayasan Syekh Ali Jaberyang berkantor di Jatinegara, Jakarta.

KarierSyekh Ali Jaberterus mengalir, ia mulai tampil di berbagai program telivisi, bahkan ia juga mulai menjadi aktor dalam film “Surga Menanti” (2016).

Sebagai ustaz, Syekh Ali Jaber juga diketahui kenal berhubungan baik dengan beberapa selebriti Tanah Air. Salah satunya adalah Raffi Ahmad.

Beberapa waktu yang lalu, Syekh Ali Jaber pernah datang ke kediaman Raffi Ahmaddan Nagita Slavina. Melalui channel YouTube Rans Entertainment, Raffi menunggah momen saat Syekh Ali Jaber datang ke rumahnya.

Baca Juga: Disebut Tak Ada Wali Nikah Indah Permatasari, Kepala KUA Buka Suara Soal Ijab Kabul Arie Kriting

Dalam konten YouTube tersebut, Syekh Ali Jaber tampak memberi hadiah berupa karpet Masjidil Haram ke Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Saat menerima hadiah tersebut, Raffi dan Nagita tampak merasa sangat senang.

“Syekh bawa hadiah?” kata Nagita Slavina, dikutipVIVA, Minggu, 13 September 2020. “Syekh sudah ganteng, hebat, bagus coba kalau saya kayak begini,” kata Raffi Ahmad menambahkan.

Baca Juga: Terungkap, Otoritas Amerika Sebut Bahaya Ini Bila Boeing 737 Disimpan Lama

Kemudian tampak satu orang membawa karpet tersebut. “Ya Allah merinding,” kata Nagita Slavina.

Syekh Ali Jaber lantas mengatakan bahwa karpet yang dibawanya untuk Raffi dan Nagita itu adalah karpet dari Masjidil Haram. “Ini karpet Masjidil Haram,” katanya.

Baca Juga: Bikin Gempar Karena Tolak PSBB Jakarta, Orang Terkaya Indonesia Minta Ke Jokowi Agar Anies Lakukan Hal Ini, Begini Isi Suratnya

Nagita kemudian bercerita bahwa dia dan Raffi juga sempat membeli karpet pada saat umrah. Namun, koper yang digunakan untuk membawa karpet tersebut hilang.

“Kemarin kan kita habis umrah Syekh(sebelum corona). Terus kemarin beli juga di sana si karpet ini tapi kopernya hilang. Alhamulillah ternyata dapat, diganti,” kata Nagita. “Ya Allah diganti. Kok bisa gitu ya,” kata Raffi menambahkan.

Syekh Ali Jaber kemudian menjelaskan bahwa karpet Masjidil Haram tidak diperjualbelikan. “Tapi ini subhanallah tidak dijual di luar,” kata Syekh Ali Jaber.

Baca Juga: Blak-blakan Akui Sebagai Anak PKI, Anggota DPR Ini Tolak Divaksin Covid-19, Berikut Sepak Terjangnya

"Katanya kalau di sini suka ada yang jual-jual itu lho," kata Nagita Slavina.

Tapi, Syekh Ali Jaber menjelaskan bahwa karpet yang ada dan diperjualbelikan di luaran sana berbeda dengan karpet Masjidil Haram. Syekh Ali Jaber juga mengatakan bahwa karpet yang berasal dari Masjidil Haram memiliki sertifikat.

"Gak itu beda (yang dijual-jual), sajadah atau karpet di luar, tapi kalau dari Masjidil Haram nanti ada sertifikat, nanti saya titipkan," kata Syekh Ali Jaber.

Mendengar penjelasan dari Syekh Ali Jaber, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina langsung merasa senang.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya