Tulisan Silahkan yang Mau Ucapkan Selamat Natal Tersebar Luas di WA, Aa Gym Buru-buru Lakukan Ini Hingga Banjir Komentar

Jumat, 25 Desember 2020 | 22:34
Kolase foto Tribunnews

Aa Gym dan Teh Rini

Fotokita.net - Tulisan silakan yang mau ucapkan selamat Natal tersebar luas di WA, Aa Gym buru-buru lakukan ini hingga banjir komentar.

Pendakwah Aa Gym menjadi populer karena mengenalkan cara berdakwah yang unik dengan gaya teatrikal serta pesan dakwah yang praktis dan umum diterapkan pada kehidupan sehari-hari.

Aa Gym dikenal sebagai penemu konsep PDLT, kepanjangan dari "Perbaiki Diri dan Lakukan Terbaik" untuk Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia.

Pesan-pesan dakwahnya berkisar pada pengendalian diri, hati nurani, toleransi dan keteguhan iman.

Baca Juga: Minta Umat Islam Lakukan Ini Usai Penembakan Pengawal Habib Rizieq, Aa Gym Disentil Agar Berkata Sopan Pada Presiden Jokowi

Aa Gym digemari oleh ibu-ibu rumah tangga karena ia membangun citra sebagai sosok pemuka agama yang berbeda dengan ulama lainnya.

Ketika para ulama konvensional berdakwah tentang keutamaan salat, puasa, dan kemegahan surga, Aa Gym memilih untuk bercerita tentang pentingnya hati yang tulus, keluarga yang sakinah dengan menggunakan bahasa sehari-hari yang ringan dan menyenangkan.

Topik pembahasannya seputar keluarga dan pemirsanya terkonsentrasi pada ibu-ibu rumah tangga, citranya pun didaulat menjadi ustadz keluarga bahagia.

Baca Juga: Ayah Korban Tewas dalam Penembakan Rombongan Pengajian Habib Rizieq Gembira, Aa Gym Ingatkan Umat Islam untuk Lakukan Ini

Hal itu menjadi kontroversial ketika media mengumumkan Aa Gym berpoligami dan menikah lagi dengan Alfarini Eridani atau dikenal juga dengan sebutan Teh Rini pada bulan Desember 2006, saat itu istri pertamanya adalah Hajjah Ninih Muthmainnah atau dikenal juga dengan sebutan Teh Ninih, yang telah menjadi istrinya sejak tahun 1988 dan selama menikah dengannya telah dikaruniai tujuh anak.

Banyak penggemarnya kecewa dan mengirim SMS berantai, menulis di blog dan Surat Pembaca, menelepon ke stasiun TV, berhenti berkunjung ke Daarut Tauhiid, hingga ikut turun jalan dan berdemo menentang poligami.

Hal ini berdampak pada kepopulerannya dan bisnisnya.

Baca Juga: Minta Komnas HAM Otopsi Ulang Jenazah, Keluarga 6 Laskar Pengawal Habib Rizieq Mundur Jadi Saksi Kasus Cikampek, Ini Alasannya

Mengutip Wikipedia Yan Gymnastiar (lahir di Bandung, Jawa Barat, 29 Januari 1962; umur 58 tahun) atau lebih dikenal sebagai Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym adalah seorang pendakwah, penyanyi, penulis buku, pengusaha dan pendiri Pondok Pesantren Daarut Tauhiid di Jalan Gegerkalong Girang, Bandung.

Lahir sebagai salah satu anak dari empat bersaudara Aa Gym telah menekuni banyak hal mulai dari menjual koran hingga menyetir angkutan umum untuk membiayai dirinya saat dan setelah bersekolah di teknik elektro sebelum berubah haluan menjadi wirausahawan.

Kemampuannya tampil di depan publik juga diasah saat menjadi pendebat di universitasnya.

Baca Juga: Ajakan Jihad Lewat Azan Bikin Jusuf Kalla Meradang, Ustaz Yusuf Mansur Malah Singgung Ini Usai Tanggapi Video Viral di Medsos

Pada tahun 1980'an, di bawah bimbingan ajengan Jujun Junaedi di Garut, Jawa Barat mendalami pemahaman spiritual ilmu laduni (ilmu tanpa melalui proses belajar).

Pada 1982, ia menjadi Komandan Resimen Mahasiswa di Akademi Teknik Jenderal Achmad Yani.

Pada tahun 1987, ia bersama teman-temannya melalui lembaga Keluarga Mahasiswa Islam Wiraswasta (KMIW) merintis usaha wiraswasta pada bidang usaha kecil seperti pembuatan stiker, kaus, gantungan kunci, dan peralatan tulis kantor dengan slogan-slogan religius.

Baca Juga: Diburu Pasukan Elite TNI Hasil Didikan Keras Kodam Jaya, Terbongkar Cara Ali Kalora dan MIT Kelabui Satgas Tinombala di Dalam Hutan, Kini DPO Teroris Disebut Alami Hal Ini

Pada tahun 1990, KMIW mendirikan Pondok Pesantren Daarut Tauhiid (DT) di rumah orang tua Aa Gym yang kemudian pindah lokasi ke Jalan Gegerkalong Girang 38 yang awalnya berupa rumah pondokan dengan 20 kamar yang akhirnya dibeli langsung dari pemiliknya dengan harga Rp 100 juta.

Ide pembentukan DT terilhami oleh keberhasilan gerakan Al-Arqom dari Malaysia yang sukses mengembangkan kemandirian dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari secara Islami.

Dengan perbedaannya DT tidak bersifat eksklusif seperti Al-Arqom tetapi terbuka untuk semua orang.

Baca Juga: Gagah Berani Ancam Sembelih Kepala Habib Rizieq, Oknum Polisi Ini Bikin Kapolres Pekalongan Buru-buru Datangi Markas FPI, Begini Nasibnya Sekarang

Pada tahun 1993, Yayasan Pondok Pesantren Daarut Tauhiid dibangun menjadi gedung permanen berlantai tiga.

Lantai satu digunakan untuk kegiatan perekonomian, lantai dua dan lantai tiga dijadikan masjid.

Pada 1994, didirikan Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren) Daarut Tauhiid untuk menopang dakwahnya.

Pada 1995 sekitar 50 meter dari masjid, seorang jemaah membelikan sebidang tanah berikut bangunannya di Jalan Gegerkalong Girang 30 D yang kemudian digunakan sebagai kantor yayasan, kediaman pemimpin pondok, Taman Kanak-kanak Al-Qur’an (TKA) dan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA), ruang pertemuan, ruang produksi konveksi, gudang, dan kamar para santri.

Baca Juga: Disentil Ketua KPK Soal Hukuman Mati Buat Koruptor Bansos Covid-19, Begini Nasib Menteri Jokowi Ini Usai Ambil Cuan Bantuan Pemerintah Hingga Jadi Tersangka

Pada akhir tahun 1997 Gedung Kopontren empat lantai di seberang masjid ini digunakan untuk kantor Baitul Mal wat-Tamwil (BMT), penerbitan dan percetakan, swalayan dan mini market, warung telekomunikasi, dan lainnya.

Pada tahun 1999, DT berhasil memiliki Radio Ummat yang mengudara sejak 9 Desember 1999, mendirikan CV House and Building (HNB), PT MQs (Mutiara Qolbun Salim), PT Tabloid MQ, Asrama Daarul Muthmainnah 2000, Radio Bening Hati, dan membangun Gedung Serba Guna, seluruh aset ini diperkirakan bernilai 6 miliar rupiah.

Baca Juga: Kabar Gembira! Bonus Pensiunan PNS Cair Awal Januari 2021, Cukup Siapkan KTP dan SK

Aa Gym lakukan sosialisai pencegahan infeksi virus corona

Pada tahun 2000, Aa Gym mulai tampil berdakwah di TV Nasional.[4] Ia menjadi salah satu pengisi acara tetap dalam program Hikmah Fajar di RCTI. Pada tahun 2001, Aa Gym memiliki program mandiri di bawah rangkaian program Hikmah Fajar berjudul "Manajemen Qolbu".

Pada tahun 2002, Aa Gym telah memiliki 15 usaha penerbitan yang telah menerbitkan 32 judul buku dan lusinan kaset serta VCDnya sebagai media menyebarkan dakwahnya.

Aa Gym tercatat menerima 1.200 undangan untuk menjadi pembicara setiap bulannya.

Usaha lainnya yang ia miliki adalah penyiaran radio, studio mini televisi, dan usaha media lainnya termasuk kantor situs-situs web, koperasi supermarket, masjid dan pesantren berkapasitas 500 santri, dua panti asuhan, rumah persinggahan untuk menampung pengunjung yang datang, serta penyelenggaraan seminar-seminar pelatihan manajemen.

Baca Juga: Fotonya Dipajang Jokowi di Akun Medsos, Ini Kisah 2 Wanita Berprestasi Dunia yang Bikin Bangga Sang Presiden

Ulil Abshar-Abdalla dari Jaringan Islam Liberal menjulukinya "Layaknya Britney Spears dalam Islam", bahkan Majalah Time pernah mempertanyakan apakah ia hanya pedagang yang menggunakan agama sebagai alat untuk menarik keuntungan, dan Solahuddin Wahid dari NU berpendapat bahwa kekuatan Aa Gym terletak pada ketulusannya.

Pada tahun 2004, Aa Gym membawakan program bertemakan politik berjudul Ada Aa Gym di RCTI berkaitan dengan pelaksanaan Pemilu 2004.

Baca Juga: Vaksinasi Cuma Seperti Digigit Semut, Artis Ini Tolak Disuntik Vaksin Covid-19, WHO Bongkar Hasil Penelitian Vaksin Sinovac

KH Abdullah Gymnastiar atau yang biasa disapa Aa Gym menyebut tulisan dirinya yang tersebar di WhatsApp Group terkait dengan boleh mengucapkan selamat Natal adalah tidak benar.

Klarifikasi terhadap tulisan tentang Natal tersebut diunggah Aa Gym di akun Instagram miliknya @aagym

Baca Juga: Aksi Walk Out Bikin Murka, Anggaran Janggal DPRD DKI Rp 580 Miliar Disorot, Anak Buah Tito Karnavian Langsung Lakukan Ini

"KLARIFIKASI - PESAN WHATSAPP KH.ABDULLAH GYMNASTIAR YANG TERSEBAR. Kepada semua sahabatku Bila mendapatkan tulisan atas nama aagym / Abdullah Gymnastiar. Silakan cek di media sosial aa yaa..Sebagai media resmi dari aa," tulis AA Gym.

"Terimakasih sahabatku sekalian. Semoga kita semua terpelihara dari kebohongan sekecil apapun," tulisnya lagi.

Baca Juga: Masuk Daftar Orang Terkaya Indonesia, Gaji Sandiaga Uno Sebagai Menparekraf Cuma Seujung Kuku Tabungannya, Kok Mau?

Postingan Aa Gym ini pun mendapatkan respon dari netizen.

@istiqomah.hawa: Allah sllu menjaga para ulama kami Aamiin

@diny_febrianty: Ini pesan hoax tiap tahun adaa aja yg menyebar kan

@herliana_desi: Sdh keliatan kata2nya bukan aa gym bgt

@afif_adip: Masih ada aja yg menyebarkan pesan hoax begitu, emg fitnah jaman skrg itu lebih kejam dan gk manusiawi banget

@dianrananta: Ini kerjaan orang yg ingin memecah belah ISLAM...Astaqfirullah

@fitra_inanoe: Assalamualaikum aa' kalau pesan atau berita yang beredar itu hoax, saya mau bertanya bagaimana pendapat aa' mengenai ucapan selamat hari raya agama lain

Baca Juga: Bahagia Dapat Suntikan Vaksin Covid-19 Gratis, Warganet Langsung Respon Begini ke Jokowi: Yang Diisep-isep Aja Ada Nggak, Pak?

@ipeh.bae.1232: AA Gym mau tanya apa hukumnya jika seorang istri bersedekah tanpa sepengetahuan suami tpi itu duit hasil kerja istri

@mahdalena_queen: Mgkin ini kerjaanx si islam nusantara...barang kali

@zaharazeze: Semoga aa gym dan kel slalu dlm lindungan ALLAH dr segala hal yg buruk.Aamiin

@sabililahalmahi: Klo menurut ane kontenya,banyak benernya, sesuai pendapat sebagian para ulama yang lurus.... Ga benernya mengatasnamakan Aa gym

Baca Juga: Disinggung Niat Jahat Dikirim ke Rumah Suami Nathalie Holscher, Ibunda Lina Bongkar Ritual Aneh Teddy: Dibersihin dari Kang Sule

@fais.sugandi: Wajar aja sih min banyak yg hoax.. sedangkan temen ane yg nanya di ig nya aagym gk ada balesan apa2 padahal niatnya ingin bertanya.

@aris.risbaya_: Fitnah akhir zaman begitu dahsyat...tanda kemunculan dajjal

@fauzie071: Perlu diusut, siapa yg membuat postingan. Selain pencemaran nama baik, juga menyebar hoak yg dapat menimbulkan keresahan umat

Baca Juga: Mati-matian Bela Sang Presiden Saat Pilpres, Relawan Jokowi Gigit Jari Usai Pengumuman Menteri

@m.dika1933: Skarang byak pitnah ati ati... ada yg dibunuh dipitah lagi uuuuuhhh biadab

@hamzahmaricar: Hai munafikuun......berhentilah kalian membikin HOAX!!!!jangan ganggu ustad2 yg lurus aqidahnya!!!!!kok ga capek2 sih kalian membikin onar dinegri ini...kali senang liat negri ini kacau yaaa!!!segeralah taubat mumpung masih ada nyawa kalian!!!

Baca Juga: Belum Lagi Sertijab Menkes, Dokter Terawan Malah Unggah Foto Ini Saat Menteri Baru Pimpin Rapat Vaksin Covid-19

Allah Memelihara semua ciptaanNya, memelihara semua hamba-hambaNya tanpa kekurangan sedikitpun.

Spirit Al Muhaimin membuat kita juga harus semangat untuk memelihara diri.

Memelihara pandangan, memelihara ucapan, dan yang terpenting memelihara hati dari hal-hal yang tidak baik.

Baca Juga: Nilai Korupsi Bansos Covid-19 Diduga Jauh Lebih Besar, Nama Anak Jokowi Ikut Disebut dalam Laporan Ini, Ada Jatah Buat Anak Pak Lurah?

Semua itu akan membentuk kita menjadi orang yang dicintai karena ber-akhlakul karimah

Berbahagialah bagi orang yang dijaga dan dipelihara hatinya, karena dengan hati yang bersih akan mendatangkan cinta Alloh Subhanahu Wa Ta'ala.

ALLAH AL-MUHAIMIN, Allah Maha Memelihara.

Baca Juga: Tunjangan Paling Rendah Rp 5,3 Juta, Ini Alasan Kenapa Gaji PNS Pajak Paling Tinggi di Indonesia

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya