Terungkap, Alasan Imam Besar FPI Pergi Lewat Pintu Gudang Rumah Sakit, Dirut RS UMMI Cuci Tangan Habib Rizieq Pulang Duluan

Minggu, 29 November 2020 | 14:30
ISTIMEWA

Habib Rizieq Shihab dan cucu-cucunya

Fotokita.net - Terungkap, alasan Imam Besar FPI pergi lewat pintu gudang rumah sakit, Dirut RS UMMI cuci tangan Habib Rizieq Shihab pulang sebelum hasil swab test kelar.

Habib Rizieq Shihab sebelumnya menyampaikan surat kepada Ketua Satgas Covid-19 Bima Arya Sugiarto terkait hasil pemeriksaan swab test.

Koordinator Bidang Penegakan Hukum dan Pendisiplinan Satgas Covid-19 Kota Bogor Agustian Syach menjelaskan bahwa surat tersebut merupakan surat keberatan hasil swab Rizieq Shihab dipublikasi.

Agus menegaskan bahwa selama menjalankan tugasnya Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bogor tidak pernah mempublikasi data pasien.

Baca Juga: Bikin Bima Arya Meradang, Dirut RS UMMI Angkat Suara Usai Habib Rizieq Disebut Kabur Lewat Pintu Belakang Rumah Sakit

"Kami tekankan sekali lagi kami dari Satgas Covid-19 Kota Bogor tidak pernah mempublis data pasien jadi untuk semua, kami tidak pernah mempublis data pasien," ujarnya di Balaikota Bogor Sabtu (28/11/2020)

Agustian Syach memastikan bahwa kepentingan Satgas Covid-19 adalah untuk bersinergi dan berkordinasi dalam penanganan Covid-19 untuk mengambil langkah yang tepat selanjutnya.

Terlebih saat ini pasien terindikasi berstatus ODP dari klaster Petamburan.

Baca Juga: Tolak Swab Test Hingga Bikin Dirut RS UMMI Dilaporkan ke Polisi, Habib Rizieq Disebut Kabur dari Rumah Sakit, FPI Buru-buru Klarifikasi Kabar Sang Imam Besar

"Kami sangat menghargai privasi pasien kami tidak pernah mempublikasi data pasien tapi kami meminta sinergi dan kolaborasi untuk mencatat dan mengetahui untuk mengambil langkah yang tepat untuk selanjutnya," ujarnya.

Untuk itu ia pun meminta kepada pihak rumah sakit untum bersinergi dan berkolaborasi.

Karena kata Agustian Syach yang berkewajiban melaporkan adalah pihak rumah sakit.

"Karena ada kewajiban rumah sakit untuk melaporkan setiap pasien pasien yang dirawat dirumah sakitnya yang telah melakukan swab test, jadi sampai saat ini pihak rumah sakit belum ada respon apapun," katanya.

Baca Juga: Dituding Bekas Anak Buah Usai Heboh Kasus Habib Rizieq, SBY Buka Suara ke Publik, Mantan Presiden RI Singgung Main Api dalam Politik

Karena hasil swab menjadi penting untuk Satgas Covid-19 Kota Bogor mengambil langkah untuk penanganan Covid-19 di Kota Bogor.

Penjelasan Bima Arya

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiharto membenarkan soal Habib Rizieq Shihab yang kabur dari RS Ummi.

Habib Rizieq Shihab kabur saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Ummi, Kota Bogor.

Baca Juga: Sukses Copoti 900 Baliho Habib Rizieq, Markas Kodam Jaya Dibanjiri Karangan Bunga, Siapa yang Berduka?

Informasi yang diterima Habib Rizieq Shihab kabur dari RS Ummi pada Sabtu (28/11/2020) malam sekitar pukul 20.50 WIB.

Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto membenarkan Habib Rizieq Shihab kabur.

"Iya betul," ujar Bima Arya kepada TribunnewsBogor.com, Minggu (29/11/2020).

Baca Juga: Usai Copot 2 Kapolda Karena Kasus Habib Rizieq, Kapolri Larang Polisi Foto dengan Gaya Ini Selama Pilkada 2020

Seperti diketahui, Habib Rizieq Shihab menjalani perawatan di RS Ummi Kota Bogor sejak Rabu malam.

Bima Arya yang mendapat informasi dari pihak rumah sakit, pemimpin FPI itu dirawat karena kelelahan.

Kemudian beredar informasi, Habib Rizieq melakukan swab test dengan dokter pribadi tanpa diketahui pihak rumah sakit dan Satgas Covid-19 Kota Bogor.

Baca Juga: Imam Besar FPI Disebut Kelelahan, Nikita Mirzani Sindir Habib Rizieq Hingga Bikin Vanessa Angel Ikut Tulis Komentar Menohok

(tribun bogor)
(tribun bogor)

RS Ummi Bogor tempat Rizieq Shihab dirawat.

Secara terpisah, Kapolres Bogor Kota, Kombes Pol Hendri Fiuser mengatakan, Habib Rizieq kabur lewat pintu belakang rumah sakit pada pukul 20.50 WIB tadi malam.

"Kita masih konfirmasi, pihak rumah masih tertutup soal keberadaan MRS," katanya.

Untuk lebih jelasnya Kombes Pol Hendri Fiuser mempersilahkan TribunnewsBogor menanyakan ke RS Ummi dan Satgas Covid.

Sekretaris Bantuan Hukum DPP FPI Aziz Yanuar menyebutkan kabar Habib Rizieq kabur dari RS UMMI tidak benar.

"Tidak benar (kabur dari RS). Beliau pulang karena sudah sehat," kata Azis saat dikonfirmasi Tribunnews, Minggu (29/11/2020).

Baca Juga: Imam Besar FPI Disebut Kelelahan, Nikita Mirzani Sindir Habib Rizieq Hingga Bikin Vanessa Angel Ikut Tulis Komentar Menohok

Wakil Sekretaris Umum FPI Aziz Yanuar mengatakan, saat ini Rizieq beserta sang istri sudah tidak lagi menjalani perawatan di RS Ummi sejak Sabtu (28/11/2020) malam.

"Benar (sudah tidak dirawat), informasi dari rumah sakit seperti itu, Alhamdulillah. Menurut informasi dari pihak rumah sakit (keluar) tadi malam," ujar Aziz kepada Kompas.com, Minggu (29/11/2020).

Baca Juga: Dikira Bakal Melawan, Ketua Umum PA 212 Malah Santai Bilang Begini Usai Operasi Copot Baliho Habib Rizieq Disebut Punya Dasar Hukumnya

Kendati demikian, Aziz tidak dapat memastikan apakah Pimpinan FPI itu kini sudah berada di kediamannya yang berlokasi di kawasan Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Azis juga menjawab kabar yang menyebutkan Habib Rizieq tidak kooperatif karena tidak memberitahukan hasil swab test usai keluar dari RS UMMI.

Menurutnya, hasil swab test merupakan privasi pasien.

Itulah kenapa, saat Habib Rizieq keluar dari rumah sakit tidak memberikan informasi terkait swab test Covid-19.

"Hasil swab itu privasi beliau. Sekarang alhamdulillah sehat," pungkasnya.

Baca Juga: Mendadak Balai Kota Diserbu Kerumunan Massa, Gubernur DKI Jakarta Diminta Putus Hubungan dengan Habib Rizieq Shihab, Ini Alasannya

Hingga saat ini, FPI menyebutkan Habib Rizieq telah kembali di rumahnya di Petamburan, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Pamer Foto Perut Rata, Postingan Gisel Malah Banjir Komentar Video 19 Detik Hingga Bikin Miris Sosok Ini: Udah Enggak Etis!

Sementara itu, Ketua Umum Presidium Alumni (PA) 212 Slamet Maarif menyebut jika kepulangan Habib Rizieq tanpa mengumumkannya ke publik lantaran untuk menghindari orang-orang menjemputnya.

Slamet menyebut, apabila nanti banyak orang menjemput dan terjadi kerumunan, hal tersebut pasti akan dipermasalahkan kembali.

Slamet menyebut bahwa keputusan yang diambil jadi serba salah.

"Kalau diumumin nanti umat pada kumpul jemput, nanti salah lagi," ujarnya di Jakarta, Minggu (29/11/2020).

Baca Juga: Tragis Hingga Bikin Heboh, Pengantin Pria Tiba-tiba Tendang Wajah Mempelai Wanita, Tamu Undangan Syok Tahu Alasannya

Direktur Utama RS Ummi Andi Tatat menyebut pasien Habib Rizieq Shihab (HRS) didampingi keluarganya memaksa pulang dari rumah sakit.

Sementara kondisi kesehatan HRS menurutnya masih belum dipastikan karena hasil pemeriksaan belum keluar.

Baca Juga: Manjakan Edhy Prabowo dan Istri Belanja Barang Mewah di Honolulu, Sosok Penyuap Sang Menteri KKP Terkuak, Ternyata Bukan Pengusaha Sembarangan

"Pihak RS mengedukasi ke pasien dan keluarga mengenai hasil pemeriksaan yang belum ada hasil, tapi keluarga tetap memilih opsi untuk pulang," kata Andi Tatat saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (29/11/2020).

Oleh karena itu, kepulangan pimpinan Front Pembela Islam (FPI) dari RS Ummi ini disertai dengan penandatanganan surat pernyataan.

Baca Juga: Kecewa Saat Veronica Tan Diceraikan, Nicholas Sean Dibikin Geram Sang Ayah, Anak Ahok Sampai Tega Lontakan Kata-kata Ini

"RS Ummi tidak bertanggung jawab jika terjadi sesuatu pada pasien yang memaksa pulang. Oleh karenanya, pasien bersedia menandatangani dokumen bahwa kepulangan sepenuhnya atas kemauan pasien dan keluarga," katanya.

Sebelumnya diberitakan bahwa pihak FPI menyebut HRS pulang karena sudah sehat.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Bantuan Hukum DPP FPI Azis Yanuar yang membantah kabar Habib Rizieq kabur dari RS Ummi.

"Tidak benar (kabur dari RS). Beliau pulang karena sudah sehat," kata Azis Yanuar.

Baca Juga: Cara Penetapan Gaji dan Tunjangan PNS Berubah Usai Jokowi Teken Aturan Ini, Kondisi Keuangan Negara Makin Goyang?

Azis juga mengatakan bahwa terkait hasil swab Habib Rizieq merupakan privasi.

"Hasil swab itu privasi beliau. Sekarang alhamdulillah sehat," pungkasnya.

Sementara itu Wakil Sekertaris Umum Front Pembela Islam (FPI) Aziz Yanuar membantah keras informasi yang menyebutkan bahwa Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab kabur dari RS Ummi Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (28/11/2020) malam.

Menurutnya informasi tersebut sengaja diembuskan oleh pihak yang membenci Habib Rizieq.

"Informasi itu, bukan cuma tidak benar, tapi muncul dari orang sinting dan gila yang isi hidupnya hanya dipakai untuk membenci HRS," kata Aziz saat dikonfirmasi Warta Kota, Minggu (29/11/2020).

Baca Juga: Tak Mungkin Lagi Berkelit, 10 Bukti Kuat dalam Video Syur Mirip Gisel Bisa Seret Ibunda Gempi ke Penjara, Ternyata Sudah Diramalkan!

Menurut Aziz, Habib Rizieq pulang dan keluar dari rumah sakit, karena kondisinya sudah sehat.

Baca Juga: Sepi Job Hingga Banting Stir Jadi Tukang Kayu, Ariel Noah Malah Disebut Sebagai Pemilik Pertama Mainan Laki-laki Seharga Rp 1 Miliar Ini

"Beliau pulang karena sudah sehat. Sehabis cek up dan kondisinya bagus ya dia pulang," kata Azis.

Menurut Aziz, Habib Rizieq dianggap tidak kooperatif karena tidak memberitahukan hasil swab test usai keluar dari RS UMMI.

Baca Juga: Sengaja Sindir Habib Rizieq? Wapres Ma'ruf Amin Sebut Belum Ada Orang yang Mampu Jadi Imam Umat Islam Indonesia

Padahal kata dia, hasil swab test merupakan privasi pasien.

"Hasil swab itu privasi beliau. Sekarang alhamdulillah sehat," katanya.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya