Terlanjur Jadi Viral, Foto Anies Baswedan Jenguk Habib Rizieq Saat Terbaring di Ranjang Rumah Sakit Bikin Gempar, Ini Fakta Sebenarnya

Rabu, 25 November 2020 | 07:07
ISTIMEWA

Habib Rizieq Shihab dan cucu-cucunya

Fotokita.net - Terlanjur jadi viral, foto Anies Baswedan jenguk Habib Rizieq saat terbaring di ranjang rumah sakit bikin gempar, ini fakta sebenarnya.

Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab sebelumnya dikabar sedang mengalami sakit.

Di mana kondisi kesehatannya menurut setelah pulang ke Indonesia langsung menjalani agenda yang padat menemui sejumlah simpatisannya.

Baca Juga: Tak Ada Angin Tak Ada Hujan, Hotman Paris Mendadak Umbar Pujian Buat Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta Diminta Lakukan Ini

Namun, kini Habib Rizieq Shihab telah kembali pulih.

Dikutip dari Tribunnews, beredar sebuah video Habib Rizieq sedang bermain dengan ketujuh cucunya.

"(Habib Rizieq, Red) sehat walafiat bugar," kata Sekretaris Bantuan Hukum DPP FPI Azis Yanuar saat dikonfirmasi, Sabtu (21/11/2020).

Baca Juga: Sukses Copoti 900 Baliho Habib Rizieq, Markas Kodam Jaya Dibanjiri Karangan Bunga, Siapa yang Berduka?

Saat ini, Habib Rizieq masih berada di rumahnya di Petamburan, Jakarta Pusat.

Berdasarkan rekaman video yang dibagikan Humas Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq tampak sedang bergembira bersama ketujuh cucunya.

Dalam video itu, Habib Rizieq dalam kondisi sehat dengan raut wajahnya yang sumringah saat mengendong ketiga cucunya yang masih berusia sekitar 1 tahun.

Tampak Habib Rizieq dan cucunya, mengumandangkan salawat bersama-sama.

Baca Juga: Urusan Copot Baliho Mulai Reda, Habib Rizieq Tiba-tiba Menghilang Hingga Disebut Positif Covid-19, FPI Sampai Harus Buru-buru Klarifikasi

Pemilik nama lengkap Muhammad Rizieq bin Hussein Shihab ini sebelumnya juga meminta seluruh simpatisannya untuk menjaga pola hidup sehat.

Sebaliknya, dia juga meminta maaf untuk sementara waktu belum bisa melanjutkan untuk bertemu simpatisannya di daerah.

"Sebagai komitmen IB HRS mengajak umat untuk menciptakan pola hidup sehat di masyarakat, maka untuk sementara IB HRS memilih tidak melakukan kegiatan yang berdampak pada penumpukan massa hingga situasi kembali normal," jelas Aziz Yanuar.

Baca Juga: Terlanjur Viral Hingga Tuai Polemik, Sosok Wanita Baju Kotak-kotak yang Ikut Ranpur Anoa Saat Operasi Copot Baliho Rizieq Akhirnya Terungkap

ANTARA FOTO/ARIF FIRMANSYAH via Kompas.com

Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab menyapa simpatisannya saat tiba di daerah Puncak, Bogor, Jawa Barat, Jumat (13/11/2020). Dalam kunjungan tersebut, Rizieq Shihab dijadwalkan menghadiri acara peresmian pembangunan Masjid Raya di Markaz Syariah Pesantren Alam Agrokultural sekaligus men

Baru-baru ini, beredar sebuah foto di media sosial tampak seseorang yang sedang terbaring sakit dengan baju putih dan jenggot di dagunya.

Foto ini dinarasikan seolah orang terbaring itu adalah Imam Besar Front Pembela Islan (IB FPI) Habib Rizieq Shihab atau HRS.

Dalam foto tersebut tampak dua orang paramedis dengan berpakaian alat pelindung diri (APD) lengkap memeriksa pasien tersebut.

Baca Juga: Bongkar Alasan Pengikut Habib Rizieq Makin Banyak, Jusuf Kalla Meradang Usai Dituding Mantan Orang Kepercayaan SBY, Ada Apa?

Sementara juga tampak sosok pria yang menyerupai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sedang menjenguk pasien tersebut.

Tak hanya sosok mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu saja tampak di dalam foto, juga ada sosok Ketua Umum PA 212, Slamet Maarif.

Berdasarkan penelusuran Wartakotalive.com melalui Google Image dan penelusuran di dunia maya, dapat diduga foto ini merupakan foto rekayasa.

Baca Juga: Usai Copot 2 Kapolda Karena Kasus Habib Rizieq, Kapolri Larang Polisi Foto dengan Gaya Ini Selama Pilkada 2020

Facebook

Beredar foto yang dinarasikan menggambarkan Habib Rizieq Shihab terbaring sakit dan sedang dijenguk oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto ini patut diduga hasil manipulasi

Patut diduga foto ini adalah hasil penggabungan dari beberapa foto yang pernah menjadi foto ilustrasi berita media online.

Seperti dalam pemberitaan Kompas.com tertanggal Jumat (13/11/2020), pemberitaan itu menyajikan berita berjudul Pasien Positif Covid-19 Non Komorbid Meninggal, Kasus Pertama di Sukabumi.

Baca Juga: Diminta Mundur dari Jabatan Karena Disebut Tak Becus, Anies Baswedan Tiba-tiba Unggah Foto Pamer Baca Buku Ini, Judulnya Langsung Bikin Gempar

Dalam foto itu, editor Kompas.com memasang foto dua paramedis yang sedang memeriksa pasien dengan pakaian APD lengkap selayaknya merawat pasien Covid-19.

Teks foto berita tersebut ditulis dengan kalimat Ilustrasi pasien corona Covid-19 dengan sumber foto dari situs layanan foto illustrasi Shutterstock/Kokbit Chamchod.

Repro Kompas.com

Repro pemberitaan yang menampilkan sosok dua paramedis berbaju APD lengkap.

Baca Juga: Dikira Bakal Melawan, Ketua Umum PA 212 Malah Santai Bilang Begini Usai Operasi Copot Baliho Habib Rizieq Disebut Punya Dasar Hukumnya

Tampilan dua paramedis itu sangat identik dengan foto paramedis yang ada dalam foto yang beredar menampilkan sosok yang mirip Imam Besar Habib Rizieq Shihab yang dinarasikan sedang terbaring sakit.

Facebook

Foto paramedis yang diduga merupakan foto dari sumber lain

Tampak gambar segitiga di map yang dipegang dua paramedis itu, sangat identik.

Sementara itu berdasarkan penelusuran Wartakotalive.com dalam foto yang dinarasikan sebagai foto Habib Rizieq Shihab sakit itu tampak sosok Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, patut diduga merupakan foto olahan diambil dari foto berita Kompas.com.

Baca Juga: Disebut Lebih Baik Dibubarkan Karena Rusak Persatuan, FPI Meradang Hingga Minta TNI Fokus Bubarkan Organisasi Ini: Itu Jelas Teroris

Foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan itu tampak dengan latar belakang dinding rumah sakit yang dilengkapi dengan peralatan di kamar perawatan.

Pemberitaan Kompas.Com tertanggal 11/05/2017 itu berjudul Bagaimana Novel Baswedan Punya Foto Terduga Penyerangnya?.

Baca Juga: Dulu Kompak Pimpin Indonesia, Kini Jusuf Kalla Lagi-lagi Berbeda Pendapat dengan Jokowi, Kasus Habib Rizieq Jadi Besar Karena Hal Ini

Dalam foto itu Gubernur DKI Jakarta menggunakan kemeja batik Betawi berwarna putih dengan corak warna biru.

Tampak ia sedang berbincang dengan Novel Baswedan seseorang lainnya di kamar perawatan RS Mitra Keluarga Kelapa Gading, pada Selasa (11/4/2017).

Repro Kompas.com

Berita yang memuat foto Cagub DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) yang juga keluarga penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan (kanan) menjenguk Novel di RS Mitra Keluarga, Kelapa Gading, Jakarta, Selasa (11/4/2017).

Sementara itu dalam foto yang dinarasikan sebagai foto Habib Rizieq Shihab sakit itu sosok Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ditempel dengan dirotasi secara horizontal, sisi kiri menjadi sisi kanan dan sebaliknya.

Baca Juga: Diancam Dibubarkan Karena Dianggap Merusak Persatuan, Ternyata Begini Status Terkini FPI Sebagai Ormas di Kemendagri

Berdasarkan penelusuran ini patut diduga kuat, foto yang dinarasikan menggambarkan Habib Rizieq Shihab terbaring sakit dan sedang dijenguk oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan adalah foto hasil rekayasa dari beberapa foto lainnya.

Baca Juga: Imam Besar FPI Disebut Kelelahan, Nikita Mirzani Sindir Habib Rizieq Hingga Bikin Vanessa Angel Ikut Tulis Komentar Menohok

Dapat dilihat dari foto yang beredar luas yang menarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sedang menjenguk Habib Rizieq Shihab yang terbaring sakit, tampak kedua foto itu identik dengan terlihat tamilan batik yang dikenakan oleh Anies Baswedan.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya