Tips Foto Aesthetic Malam Hari Seperti di Drama The King: Eternal Monarch, Tetap Jernih Meskipun Kondisi Low Light

Senin, 09 November 2020 | 23:35

Lee Min Ho dan Kim Go Eun dalam drama The King: Eternal Monarch

Fotokita.net – Memotret dalam kondisi gelap atau kurang cahaya bisa membuat hasil foto kurang optimal. Sama seperti mata, kamera membutuhkan cahaya yang cukup untuk menangkap objek dengan jelas.

Akibat kondisi kekurangan cahaya atau low light ini, objek foto yang dihasilkan kurang tajam dan terkadang muncul titik-titik atau noise yang mengganggu kejernihan foto.

Meski begitu, kondisi low light sering dimanfaatkan untuk menambah kesan aesthetic dalam fotografi. Bahkan, banyak objek foto yang terlihat lebih indah jika dipotret pada malam hari, misalnya pemandangan kota atau lampu-lampu jalanan.

Tidak hanya dalam fotografi, low light juga sering dimanfaatkan dalam produksi film atau drama. Pencahayaan yang minim sering dijumpai dalam adegan romantis, terutama di drama-drama Korea.

Salah satunya drama yang sering menampilkan suasana aesthetic kota malam hari adalah The King: Eternal Monarch. Drama yang menampilkan Lee Min Ho sebagai pemeran utamanya ini memang terkenal romantis.

Tak heran, banyak adegan di drama ini yang memanfaatkan kondisi malam hari dengan lampu-lampu kota yang cantik untuk menampilkan Lee Min Ho bersama lawan mainnya, Kim Go Eun.

Adegan Lee Min Ho dan Kim Go Eun dalam suasana low light

Memanfaatkan low light agar terlihat aesthetic memang tricky. Namun, ada beberapa tips dalam mengatur kamera Anda agar menghasilkan tangkapan objek yang bagus dengan pencahayaan minim.

1. Memperlambat shutterspeed

Shutter speed adalah elemen penting dalam menangkap gambar menggunakan kamera. Dengan memperlambat shutter speed, kamera dapat menangkap cahaya lebih banyak sehingga foto yang dihasilkan lebih terang.

Namun, jika shutter speed terlalu lambat, akan terjadi over exposure. Maka, Anda harus mencoba dahulu untuk menyesuaikan dengan kondisi cahaya di sekitar.

2. Menggunakan stabilizer

Shutter speed yang lambat rentan membuat hasil foto menjadi blur. Hal ini dikarenakan sulit untuk mengatur agar tangan kita tidak bergetar atau goyang saat memotret.

Untuk itu, gunakan stabilizer agar posisi kamera lebih stabil. Jika objek yang difoto tidak bergerak, Anda juga bisa menggunakan tripod sebagai penyangga kamera.

3. Gunakan fitur white balance

Pernahkah Anda mendapatkan hasil foto yang terlalu kuning atau terlalu biru? Guna fitur white balance adalah untuk mengatasi permasalahan hasil foto yang tidak sesuai warna aslinya.

Mengubah nada warna pada sebuah foto dapat menghasilkan efek menarik. Dengan white balance, Anda dapat mengatur warna cahaya sesuai dengan temperatur yang diinginkan.

Misalnya, warna hangat digunakan untuk mempertajam warna lampu pijar, sementara warna sejuk memberi kesan dingin dan cloudy

4. Gunakan ISO tinggi

Menaikkan ISO di kondisi gelap dapat membantu kamera menangkap cahaya lebih. Disarankan untuk menaikkan ISO hingga 800 ke atas.

Namun, ISO yang terlalu tinggi dapat berpotensi membuat kualitas foto kurang baik. Oleh karena itu, Anda perlu mencari angle paling terang dimana shutter speed dapat bekerja maksimal untuk menangkap cahaya.

5. Pakai lensa bukaan besar

Sebagai perangkat yang bergantung pada lensa, kamera membutuhkan lensa berkualitas dengan bukaan besar. Misalnya lensa 35mm f/1.8 atau 50mm f/1.8, sehingga cahaya yang ditangkap lebih optimal.

Salah satu lensa yang jadi favorit para fotografer pemula adalah lensa Nikon 50mm f/1.8. Dengan bukaan yang cukup besar, lensa ini mampu mengambil gambar dengan baik dalam keadaan gelap maupun terang.

Selain menangkap cahaya, lensa bukaan besar juga dapat fokus terhadap objek dengan latar belakang blur. Jika bukaan lensa sudah besar dan optimal, maka Anda tidak perlu menggunakan ISO yang terlalu tinggi.

Nah, Anda bisa coba menerapkannya untuk memotret suasana kota di malam hari dengan 5 tips di atas. Meskipun dalam keadaan low light, Anda tetap dapat menghasilkan foto yang indah.

Fotografi menjadi menyenangkan jika memiliki alat yang mumpuni, seperti stabilizer, tripod, dan lensa yang berkualitas. Apalagi, saat ini alat-alat tersebut banyak dijual online dengan harga lebih affordable.

Pastikan Anda mencari produk di situs belanja online yang lengkap dan terpercaya, seperti Lazada. Belanja di Lazada, Anda bisa mendapatkan peralatan fotografi lengkap di kategori Peralatan dan Aksesoris Elektronik.

Baru-baru ini, Lazada telah menggandeng Lee Min Ho sebagai brand ambassador-nya. Pemain drama The King: Eternal Monarch tersebut juga sangat antusias menyambut event Lazada 11.11 – Diskon Terbesar Dalam Satu Hari!

Diskon tersebut berlaku bagi semua produk berkualitas pilihan, termasuk produk elektronik dan fotografi. Selain itu, Anda dibebaskan dari biaya ongkos kirim ke seluruh Indonesia.

Tidak hanya itu, Anda juga berkesempatan memenangkan voucher senilai Rp1.111.000 dan Rp 111.000 setiap harinya dan bisa langsung digunakan tanpa ada minimum pembelian. Jadi pastikan untuk stay di aplikasi Lazada dari tanggal 1 - 10 November 2020 setiap jam 11 siang dan 11 malam.

Selain itu, di hari puncak tanggal 11 November, Anda bisa mendapatkan 2 jenis voucher tersebut setiap dua jam sekali dari pukul 01.00 WIB.

Jangan sampai ketinggalan karena event tersebut hanya berlangsung satu hari di tanggal 11 November 2020. Jadi, pastikan Anda sudah memilih produk yang diinginkan dari sekarang melalui website Lazada!

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma