Contoh-contoh Penerapan Sila Kedua Pancasila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab dalam Kehidupan Sehari-hari

Kamis, 08 Oktober 2020 | 05:40
warta kota/nur ichsan

Ilustrasi pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan

Fotokita.net - Contoh-contoh penerapan sila kedua Pancasila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab dalam kehidupan sehari-hari.

Kita tentu sudah mengerti bahwa Pancasilaadalah dasar negaraIndonesia yang terdiri dari lima sila.

Tapi apakah kita sudah tahu nilai-nilai Pancasilasebagai dasar negaradalam kehidupan sehari-hari?

Yap! Nilai-nilai Pancasilabisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Jadi Dasar Negara Indonesia, Inilah Arti dan Makna 5 Lambang Pancasila yang Wajib Kita Ketahui

Bahkan bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari melalui berbagai hal sederhana.

Apakah kita pernah mendengar istilah Pancasilasebagaiphilosophische grondslag?

Istilah itu diambil dari bahasa Belanda yang memiliki arti dasar filsafat negara. Yap, Pancasilamemang ditetapkan menjadi dasar negara Indonesia.

Baca Juga: Arti dan Makna 5 Simbol dari Lambang Pancasila Sebagai Dasar Negara

Hal ini tertulis dalam pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 di alinea keempat.

Karena berfungsi sebagai dasar negara, tentunya kita juga sebagai anggota masyarakat harus menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Namun, sebelum bisa menerapkannya kita harus memahami terlebih dahulu arti dari masing-masing sila pancasila.

Baca Juga: Digodok Sembilan Tokoh Bangsa Hingga Pidato Soekarno, Begini Sejarah Kelahiran Pancasila dan Makna Sila di Dalamnya

Arti Sila Kedua Pancasila

"Kemanusiaan yang Adil dan Beradab" adalah bunyi sila kedua pancasila. Makna dari sila kedua ini adalah kita sebagai bangsa Indonesia harus saling menghargai satu sama lain.

Manusia yang adil dan beradab maksudnya adalah kita sebagai manusia merupakan makhluk ciptaan Tuhan yang memiliki derajat paling tinggi.

Karena itu, kita harus mewujudkannya melalui sikap yang adil dan beradab. Seperti, menghargai, menghormati, dan mencintai satu sama lain.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 6 Perayaan Cap Go Meh Halaman 79-82

Ada kata "adil" dalam sila kedua pancasila ini, yang dimaksud dengan adil adalah kita harus melakukan sesuatu tanpa melihat latar belakang seseorang.

Seperti yang teman-teman ketahui, Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki berbagai macam suku, budaya, dan agama.

Karena itu, kita harus saling menghargai tanpa melihat latar belakang seperti, suku, budaya, agama, atau status dalam masyarakat.

Adil juga berlaku dalam nilai-nilai dan hukum yang berlaku. Tidak ada perbedaan perlakuan, semua masyarakat Indonesia adalah sama dan setara.

Baca Juga: Inilah Manfaat Gerakan Lokomotor dan Non Lokomotor Bagi Tubuh Kita serta Manipulatif dalam Olahraga Bulu Tangkis

Penerapan Sila Kedua Pancasila dalam Kehidupan Sehari-Hari

Sila yang kedua dari Pancasila berbunyi Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Kita bisa menerapkan sila kedua Pancasila ini dalam kehidupan sehari-hari.

Apalagi mengingat bahwa manusia sejatinya adalah makhluk sosial yang senantiasa membutuhkan orang lain.

Shutterstock

Ilustrasi pancasila

Lalu, apa saja sih penerapan sila kedua Pancasila dalam kehidupan sehari-hari yang bisa kamu lakukan?

1. Menjaga kelestarian alam

Contoh penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan sila kedua ialah dengan menjaga kelestarian alam sekitarmu.

Jadi, sila kedua Pancasila pada hakikatnya bukan hanya sekadar menyoal hubungan manusia dengan manusia lainnya melainkan juga hubungan manusia dengan alam sekitar.

Kamu bisa menjaga kelesetarian alam sekitar dengan menjaga agar tumbuh-tumbuhan agar tetap dapat hidup dengan baik, mengadakan gerakan penghijauan lingkungan sekitarmu serta dengan mengadakan pengendalian tingkat polusi udara agar udara yang dihirup senantiasa tetap sehat dan bersih.

Baca Juga: Contoh-contoh Gerakan Lokomotor dan Non Lokomotor serta Manipulatif dalam Olahraga Sepak Bola

2. Mengakui persamaan hak dan kewajiban

Penerapan sila kedua Pancasila yang bisa kita terapkan dalam berkehidupan sehari-hari ialah dengan mengakui adanya persamaan hak maupun kewajiban antar sesama manusia.

Seperti halnya dalam bidang hukum. Kamu wajib mengakui adanya persamaan derajat di mata hukum. Tidak ada yang membedakan antar manusia khususnya sebagai warga negara hukum. Semuanya sama.

Sutanto Nurhadi Permana

Sejak dini, para murid SD ini diajarkan menanam mangrove sebagai bagian dari pelestarian lingkungan

3. Tidak berbuat semena-mena terhadap orang lain

Contoh penerapan sila kedua Pancasila selanjutnya yang bisa kamu lakukan ialah dengan tidak berbuat semena-mena terhadap orang lain.

Kamu harus bisa memanusiakan manusia. Jangan berbuat semaumu dalam berkehidupan sehari-hari, ya guys! Kamu harus mencintai dan menyayangi antar sesama manusia.

Baca Juga: Contoh-contoh Gerak Lokomotor dan Non Lokomotor serta Manipulatif dalam Permainan Kasti

4. Menghormati Hak Orang Lain

Setiap manusia memiliki hak dan kewajiban masing-masing. Kita tidak boleh hanya memikirkan pencapaian hak sendiri tanpa memikirkan orang lain.

Misalnya, kita mempunyai hak untuk mendapatkan hiburan, salah satunya dengan menonton acara televisi.

Namun, jika kakak atau adikmu sedang butuh waktu untuk berkonsentrasi, kita harus menghormatinya dengan mengecilkan volume suaranya.

KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO
KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO

Nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dalam kehidupan sehari-hari

5. Bertindak Adil

Bersikap adil adalah hal yang paling utama dalam penerapan sila kedua pancasila. Adil yang dimaksud di sini adalah adil dalam tindakan moral.

Misalnya, saatmeyelesaikan suatu masalah kita harus melihat pada kebenaran, bukan melihat latar belakang seperti suku, ras, agama, dan lain-lain.

Baca Juga: Jadi Dasar Negara Indonesia, Inilah Arti dan Makna 5 Lambang Pancasila yang Wajib Kita Ketahui

6. Selalu Bersikap Sopan dan Santun

Sikap sopan santun tak hanya ditujukan untuk orang yang lebih tua dari kita, tapi ditujukan untuk semua orang.

Bahkan untuk orang yang tidak kita kenal sekali pun kita tetap harus bersikap sopan dan santun. Nah, pada orang yang tidak dikenal saja harus menjaga sopan santun, apalagi dengan keluarga dan orang-orang yang kita kenal.

7. Saling Menghargai Pendapat

Terkadang kita selalu ingin dihargai oleh orang lain. Jika kita ingin dihargai, maka kita juga harus menghargai orang lain. Hal ini juga berlaku saat kita saling bertukar pendapat.

Memaksakan keinginan kita pada orang lain untuk melakukan apa yang kita inginkan adalah sesuatu yangtidak baik.

Baca Juga: Sebutkan 5 Contoh Hewan Vertebrata dan Invertebrata, Jawaban Soal Organ Gerak Pada Hewan dan Manusia untuk SD Kelas 4-6

Jadi, kita juga harus mendengarkan usulan atau pendapat dari orang lain, baru kemudian kita diskusikan bersama.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma