Saipul Jamil Gagal Bebas Lebih Cepat, Sosok Ini Bongkar Alasan Mantan Dewi Perssik Jual Semua Hartanya Hingga Harus Jualan Kopi di Dalam Rutan

Kamis, 20 Agustus 2020 | 21:37
IST

Foto pernikahan Dewi Perssik dengan Saipul Jamil.

Fotokita.net- Pedangdut kondang Saipul Jamil akui harus menjual seluruh hartanya selama menjalani hukuman penjara. Tanpa terasa, Saipul Jamil sudah meringkuk di penjara hampir tiga tahun.

Mantan suami Dewi Persik itu terjerak kasus pencabulan dan berlanjut kasus suap.Selama berada di penjara, Saipul Jamil merasakan suka dukanya yang tidak didapatkan di tempat lain.

Pedangdut Saipul Jamil gagal menghirup udara bebas setelah pengajuan pembebasan bersyaratnya ditolak.

Baca Juga: Terekam Kamera Video Hingga Viral, Polisi yang Palak Turis Jepang Rp 1 Juta Pasrah Terima Hukuman Berat, Begini Faktanya

Saipul sebelumnya mengajukan pembebasan bersyarat ke Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Kabar ditolaknya Saiful Jamil ini disampaikan oleh Kalapas Cipinang Hendra Eka.

"Enggak, enggak ada, Saiful Jamil enggak ikut (bebas)," ujar Hendra kepada Kompas.com via sambungan telepon, Kamis (2/4/2020).

Baca Juga: Sepi Job Gegara Corona, Ustaz Muda Ini Syok Didatangi 10 Petugas PLN: Di Depan Tamu Saya, Mereka Bilang Listrik Akan Diputus

Kata Hendra, Saipul belum memenuhi aturan pembebasan bersyarat.

Kehilangan Pekerjaan Hingga Menjual Rumah

Tanpa diduga, Saipul dan kariernya harus terhempas ke tempat paling bawah hingga harus menjual harta benda yang dulu didapatkan dengan mudah.

Baca Juga: Videonya Bikin Geger Netizen, Kekasih Adhisty Zara Eks JKT48 Ternyata Bukan Cowok Sembarangan, Inilah Foto-foto Mesra Mereka

Dua tahunsilam, Saipul yang tengah berulang tahun dikunjungi oleh teman-temannya dan juga mantan kekasihnya, Indah Sari di Rumah Tahanan Kelas 1 Cipinang, Jakarta Timur pada Selasa (31/07/2018).

Indah mengungkapkan bahwa mantan kekasihnya kini tak hanya kehilangan kebebasan tetapi juga kehilangan harta.

"Dulu dia punya segalanya karena satu hari bekerja dia dapat Rp 100 juta, paling kecil Rp 50 juta."

"Tapi ketika Allah mau mengambilnya, ini Bang Haji bilang sendiri ke saya, 'Saya takut, saya sudah tidak punya apa-apa, Ndah'," uajrnya.

Baca Juga: Pantas Saja Rocky Gerung Tertawai Peran Buzzer, Ternyata Pemerintah Ketahuan Habiskan Rp 1,3 Triliun Buat Sewa Jasa Influencer, Siapa yang Kebagian?

instagram/@dewiperssikreal

Dewi Perssik dan Suami Barunya, Angga Wijaya, dan Saipul Jamil

Saipul memang diketahui telah menjual rumahnya di Gading Indah Utara VI Blok NH 10 nomor 5, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Saat ditemui Kompas.com di PN Jakarta Utara, Selasa (3/5/2016), kakak Saipul, Sholeh Kawi membenarkan bahwa rumah bercat putih itu memang akan dijual.

"Rumah Ipul dijual Rp 3,5 miliar," kata Sholeh ketika itu.

Baca Juga: Tangan Terkepal dalam Foto Hingga Sesumbar Berani Satu Penjara, Sosok Ini Sindir Telak Kelakuan Jerinx SID di Tahanan: Baru Disel, Cengeng Ternyata

Bahkan penjaga rumahnya mengatakan bahwa barang-barang di rumah tersebut tidak ada.

Kompas.com/Andi Muttya Keteng Pangerang

Saipul Jamil

Meski berat, Saipul Jamil tetap berusaha untuk tabah dan ikhlas menerima lika-liku kehidupan.

Kuasa hukum Saipul, Dedi Junaedi mengungkapkan kliennya tak sabar menunggu hari kebebasannya tiba.

"Beliau sungguh bahagia karena sebentar lagi bisa ketemu dengan fansnya yang sudah menunggu," ujar Dedi saat ditemui Grid.ID di Gambir, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Selalu Pasang Badan Buat Keluarganya, Iis Dahlia Cuma Lakukan Ini Saat Anak Angkatnya Tertimpa Masalah Usai Beberapa Minggu Menikah

Lama mendekam di penjara, banyak yang bertanya-tanya mengenai kehidupan Saipul di balik jeruji besi.

Kakak kandung Saipul, Samsul Hidayatullah pun membocorkan kehidupan sang adik di dalam penjara.

"Baik alhamdulillah. Iya dia jadi guru tari di dalam, dengan vokal juga ya," kata Samsul, Senin (21/01) seperti dikutip dari Kompas.com.

Selain itu, Saipul juga dipercaya untuk mengurus warung kopi selama di penjara.

Saipul pun aktif membuat dompet dan pakaian yang termasuk ke dalam kegiatan komunitas.

Baca Juga: Aib Nadya Mustika Rahayu Pelan-pelan Terbongkar, Rasa Curiga Iis Dahlia Sebelum Pernikahan Rizki DA Terbukti?

Sudah empat tahun mendekam di Lapas Cipinang, diam-diam pedangdut Saipul Jamilmenjual seluruh hartanya untuk penuhi beragam kebutuhan.

Kabar tersebut disampaikan langsung oleh mantan kekasihsekaligus sahabat Saipul Jamil, Indah Sariketika ditemui di kawasan Jakarta, belum lama ini.

instagram.com/dewiperssikreal/

Dewi Perssik silaturahmi ke keluarga Saipul Jamil

"Rumah, dua mobil, satu ruko sudah kejual semua. Uangnya untuk kehidupan dia (Saipul Jamil) di dalam penjara dan menggaji karyawan yang tidak ia rumahkan. Digaji tapi gaji kekeluargaan aja," kata Indah Sari.

"Jadi dia saat ini sudah tidak punya apa-apa lagi," tambahnya.

Baca Juga: Sebut Jokowi Tak Punya Nyali Teruskan Tradisi SBY, Rocky Gerung Malah Geli Saat Dipancing dengan Performa Maruf Amin: Mungkin Itu Juga Alasannya...

Indah mengatakan kalau pria yang akrab disapa Ipul itu membutuhkan banyak yang untuk hidup didalam penjara, meski sudah mendapat makan tiga kali dalam sehari.

"Kalau beli sesuatu harus ada uang," ucapnya.

Sampai menjual semua barang-barangnya, apakah Ipul tidak diperhatikan keluarga atau kakak-kakaknya sendiri?

Indah mengatakan kalau keluarganya selalu memberikan perhatian kepada mantan suami Dewi Perssik itu.

Youtube ESGE Entertainment

Indah Sari, Sahabat Saipul Jamil

"Dia (Saipul Jamil) tulang punggung, dia mengayomi keluarganya. Ya kakanya mecari nafkah sendiri-sendiri, karena tadinya kakanya menjadi manajer. Dulu bang Ipul punya rejeki berbagi sama keluarga," jelasnya.

"Sekarang kakanya mengayomi keluarga masing-masing. Tapi pasti banget keluarga memperhatikannya di penjara," tambahnya.

Baca Juga: Main Umbar Aib Suami Sendiri Saat Tersorot Kamera, Paranormal Kondang Ingatkan Aura Merah di Rumah Tangga Dewi Perssik: Ini Warning, Berbahaya!

Lebih lanjut, Indah Sarimenyebut kalau Saipul Jamilsudah mengikhlaskan semua yang ia punya dan habis terjual, untuk biaya hidup didalam penjara.

"Doakan saja untuk dia (Saipul Jamil). Bang Ipul hanya bisa pasrah sekarang dan tidak punya apa-apa lagi," ujar Indah Sari.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma