Usai Bertemu Jokowi Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo Positif Covid-19, Presiden Langsung Lakukan Swab Test, Bagaimana Hasilnya?

Jumat, 24 Juli 2020 | 18:05
TribunSolo.com/Adi Surya

Achmad Purnomo saat berada di meja kerjanya di ruang Wakil Wali Kota Solo, Jumat (7/17/2020).

Fotokita.net - Wali Kota Solo Achmad Purnomo positif terinfeksi virus corona setelah hasil pemeriksaan swab tenggorokannya keluar pada Kamis (23/7/2020).

Hasil positif itu didapat setelah Purnomo menjalani pemeriksaan swab tenggorokan untuk kedua kalinya.

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengatakan, Purnomo pertama kali diperiksa sampel lendir tenggorokannya pada Jumat (16/7/2020) sepulang dari Jakarta untuk menemui Presiden Joko Widodo.

Setelah itu kembali dilakukan swab pada Sabtu (18/7/2020). Dari hasil swab tenggorokan yang kedua tersebut hasilnya dinyatakan positif.

Baca Juga: Dulu Fotonya Tertidur di Kursi Kereta Viral, Mantan Menteri Jokowi Ini Jadi Komisaris Unilever Indonesia Sembari Bertani Sayur di Teras Rumah

"Pertama itu masih antara positif negatif masih abu-abu. Kedua hasilnya positif," kata Rudy, sapaan FX Hadi, saat dihubungi, Jumat (24/7/2020).

Setelah Purnomo positif Covid-19, Rudi pun sudah memeriksa sampel lendir tenggorokannya.

Namun, dia belum mengungkapkan hasil pemeriksaan tersebut. "Saya juga ikut swab. Tidak usah takut dan tidak boleh stres, dan tidak boleh marah," sebut Rudy.

Baca Juga: Bikin Geger Gegara Marah-marah di Depan Anggota Kabinet, Kini Orang Nomor Satu Indonesia Ini Mulai Bisa Tersenyum, Ternyata Semuanya Bermula Dari Sini

Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 setelah hasil pemeriksaan swab tenggorokannya keluar pada Kamis (23/7/2020).

Sekretaris Daerah Solo Ahyani membenarkan informasi tersebut. Menurutnya, hasil itu didapat dari pemeriksaan swab pada Sabtu (18/7/2020).

"Iya, (sedang) isolasi mandiri," kata Ahyani yang juga Ketua pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Solo saat dihubungi via telepon, Jumat (24/7/2020).

Baca Juga: Pantas Berani Borong Alutsista Buatan Pindad, Menhan Prabowo Ternyata Punya Anggaran Belanja Tertinggi di Kabinet Jokowi, Kini Siap Beli Armada Tempur Termahal dari Austria

Saat ini, Gugus Tugas Covid-19 Solo sedang menelusuri riwayat kontak erat Purnomo. Hal itu untuk mengetahui apakah orang yang kontak dekat Purnomo juga ikut terpapar atau tidak.

"Nanti yang di-tracing kontak dekatnya," ujar dia. Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo menambahkan, akan melakukan pemeriksaan swab setelah Purnomo dinyatakan positif Covid-19.

"Saya juga ikut swab. Tidak usah takut dan tidak boleh stres, dan tidak boleh marah," kata dia.

Tribunsolo.com
Tribunsolo.com

Achmad Purnomo

Purnomo memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta pada Kamis (16/7/2020). Pulang dari Jakarta, Purnomo menjalani pemeriksaan swab pada Jumat (17/7/2020) dan hasilnya negatif.

Setelah itu kembali dilakukan swab pada Sabtu (18/7/2020). Dari hasil swab tenggorokan yang kedua tersebut hasilnya dinyatakan positif.

"Pertama itu masih antara positif negatif masih abu-abu. Kedua hasilnya positif," kata Rudy, sapaan FX Hadi.

Baca Juga: Jumlah Kasus Corona di Indonesia Sudah Lewati China, Lantas Kapan Wabah Virus Corona Angkat Kaki dari Tanah Air? Ahli Kesehatan Cuma Bisa Lakukan Hal Ini

Presiden Joko Widodo akan menjalani tes usap (swab) Covid-19 usai Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo dinyatakan positif Covid-19.

Achmad Purnomo diketahui menemui Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (16/7/2020).

"Bapak Presiden dan perangkat secara rutin melakukan swab test. Untuk khusus hal Wakil Wali Kota Solo, saya rasa Bapak Presiden akan melakukan swab lebih cepat dari biasanya setelah mendengar Wakil Wali Kota Solo positif," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono saat dihubungi, Jumat (24/7/2020).

"Jadwal Bapak Presiden memang hari ini jadwal tes kesehatan rutin," lanjut dia. Tidak hanya Presiden Jokowi, seluruh perangkat kepresidenan akan mempercepat jadwal swab test.

Heru menambahkan, selama ini Istana Kepresidenan memberlakukan protokol yang ketat bagi tamu yang hendak masuk.

Para tamu diwajibkan menjalani tes cepat (rapid test) sebelum masuk ke Istana.

Baca Juga: Djoko Tjandra Disebut Dapat Fasilitas Istimewa dari Najib Razak, Jokowi Didesak Lakukan Barter Politik dengan PM Malaysia, MAKI: Siti Aisyah Bisa Pulang Karena Polri Mau Serahkan Barang Ini

Dengan penerapan protokol kesehatan yanh ketat, ia menilai, Istana Kepresidenan relatif steril dari Covid-19.

"Contoh saja, saya baru kemarin swab dan hasilnya negatif dan saya sering dan tiap hari berinteraksi dengan Bapak Presiden," lanjut dia.

(Kompas.com)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma