Untung Tak Dapat Diraih, Malang Tak Dapat Ditolak: Mudik ke Rumah Nenek di Tasikmalaya Rupanya Sudah Dijual, Keluarga dari Jakarta Akhirnya Tidur di Emperan Toko

Senin, 25 Mei 2020 | 19:26
Dok MOTOR Plus

Pemudik yang sudah mudik atau pulang kampung jangan harap bisa kembali dengan mudah

Fotokita.net-Kabag ops Korlantas Polri Kombes Benyamin mengatakan, warga yang terlanjur mudik tak akan bisa kembali ke Jakarta.

Pasalnya, pihaknya akan melakukan proses penyekatan saat arus balik nanti.

"Larangan mudik sudah menjadi kebijakan dari pemerintah, jadi saat arus mudik dan ketika arus balik kembali, kami tetap adakan penyekatan-penyekatan. Tujuannya agar mereka tidak bisa masuk ke Jakarta,"

Baca Juga: Kapolda Jatim Gusar dengan Penambahan Kasus Corona di Wilayahnya Jauh di Atas DKI Jakarta, Begini Nasib Sang Anak Buah yang Disuruh Keluar Ruangan Rapat Covid-19"Buat yang sudah mudik, akan susah kembali ke Jakarta," terangnya seperti yang dikutip dari Kompas, Kamis (21/05/2020).

Kebijakan ini berlaku untuk masyarakat yang sudah mudik sebelum ataupun sesudah tanggal 24 April kemarin.

ANTARA FOTO
ANTARA FOTO/HAFIDZ MUBARAK A

Pemudik tujuan Sumatera antre memasuki kapal Roro di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (1/6/2019). Peningkataan jumlah penumpang di Pelabuhan Merak terus terjadi dan diperkirakan berlanjut hingga 2 Juni.

"Meski ada surat dan bawa perlengkapan, tetap akan sulit kembali ke Jakarta, bahkan walaupun KTP-nya DKI tetap kami akan minta mereka putar balik ke kampungnya lagi,"

"Untuk karantina mungkin juga akan dilakukan, tapi teknisnya bagaimana masih akan dibahas," terangnya.

Oleh karena itu, ia berharap agar masyarakat bisa patuh dengan peraturan yang ada untuk menghindari penularan virus Covid-19.

Baca Juga: Syok Rumahnya Didatangi Polisi Lantaran Sang Adik Positif Corona, Biduan Dangdut Ini Rupanya Masih Punya Ganjalan Besar di Hati: Hasil Rapid Test Non Reaktif

Apes betul nasib Dw (40) sekeluarga.

Bagaimana tidak, sudah jauh-jauh mudik dari Pulo Gadung, Jakarta Timur, mereka justru baru tau kalau rumah neneknya di Tasikmalaya sudah dijual.

Dw pun juga tak tahu kemana neneknya pindah.

ANTARA FOTO
ANTARA FOTO/ARDIANSYAH

Ribuan pemudik pejalan kaki asal Pulau Jawa tiba di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung, Minggu (2/62019) dini hari. Sejumlah pemudik lebih memilih beristirahat di Pelabuhan Bakauheni untuk menunggu jadawal kebarangkatan bus yang melalui kampung halamannya pada pagi hari.

Alhasil, Dw bersama istri dan dua anaknya yang masih kecil terpaksa menggelandang di Jalan Selakaso selama 3 hari.

Dikatakan Aris, seorang warga, ia sempat menanyai keadaan Dw sekeluarga yang terlihat menggelandang, Sabtu (23/05/2020).

"Dari situ saya tahu bahwa mereka bermaksud pulang ke rumah neneknya di sini (Jalan Selakaso),"

"Tapi ternyata rumahnya sudah dijual," katanya, seperti yang dikutip dari Tribun Jabar.

Baca Juga: Dikenal Sosok yang Dermawan Lantaran Sering Bagi-bagi Uang, Baim Wong Terkejut Lihat Kondisi Rumah Supir Pribadinya: Dipenuhi Rayap yang Tinggal Tunggu Ambruk

Facebook/Edo

Video Ratusan Pemotor Mudik Sampai Bikin Macet di Cikarang, Polisi Langsung Kewalahan

Lanjut Aris, Dw sebenarnya sempat mencari neneknya hingga ke Pasar Cikurubuk."Tapi neneknya tidak ditemukan," katanya.

Kemudian, karena uang yang dibawa pas-pasan, mereka akhirnya terpaksa menggelandang di pinggir jalan.

Baca Juga: Jarang Terekspos Depan Kamera, Inilah Kedekatan Keluarga Kecil Raffi Ahmad dengan Ayah Kandung Nagita Slavina yang Hidupnya Berubah Sehabis Ceraikan Mama Rieta Amalia

"Saat saya mendekat, istri dan kedua anaknya tengah tertidur beralaskan seadanya,"

"Sedangkan Dw masih tertunduk dengan mimik muka kebingungan," katanya.

Beruntung, aparat yang mengetahui kejadian ini langsung bertindak cepat.

Mereka langsung dievakuasi dan dibawa ke Dinas Sosial untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Baca Juga: Virus Corona Disebut Tak Bakal Lenyap dari Muka Bumi, Benarkah Kondisi Matahari Sekarang Ini Picu Bencana Susulan di Dunia? Ahli Menjelaskannya

DW (40), pemudik asal Jakarta, kebingungan saat tahu rumah neneknya di Jalan Selakaso, Kota Tasikmalaya, ternyata telah dijual.

DW pun tak tahu keberadaan neneknya saat ini. Akibatnya, DW yang mudik bersama istri dan dua anaknya tersebut, sempat terkatung-katung di jalanan diduga karena kehabisan uang saku.

Baca Juga: Teteskan Air Mata di Depan Kamera, Desy Ratnasari Teringat Kebaikan Suami Maia Estianty yang Rela Sediakan Helikopter Buat Pulang ke Sukabumi

Dilansir dari Tribunnews, DW dan keluarganya bahkan sempat tidur di emperan toko di sekitar Jalan Selakaso.

Sementara itu, kondisi DW membuat salah satu warga sekitar, Aris Kurniawan, tergerak untuk membantu.

"Saat saya mendekat, istri dan kedua anaknya tengah tertidur beralaskan seadanya. Sedangkan DW masih terduduk dengan mimik muka yang kebingungan," ujar Aris.

Kepada Aris, DW sempat bercerita jika dirinya telah berusaha mencari neneknya di sekitar Pasar Cikurubuk.

"Ia mengaku sempat mencari neneknya hingga Pasar Cikurubuk. Tapi neneknya tidak ditemukan," katanya.

Baca Juga: Bahagia Bisa Berdesakan Belanja Lebaran, Mendadak Pembeli Panas Dingin Begitu Tahu Kasir di Pusat Perbelanjaan Ini Meninggal Gara-gara Positif Corona

Setelah itu, Aris melaporkan kejadian itu ke petugas. Tak berselang lama, keluarga DW segera dijemput petugas Dinas Sosial Kota Tasikmalaya.

Saat itu, petugas menjemput keluarga DW dengan mengenakan pakaian alat pelindung diri (APD) lengkap, sesuai protokol kesehatan di tengah pandemi corona.

Keluarga DW juga telah menjalani rapid test, dan hasilnya non reaktif corona. Setelah itu, tim medis segera membawa nereka ke Dinas Sosial setempat untuk penanganan lebih lanjut.

Sebelum dibawa ke Dinas Sosial Tasikmalaya, DW dan keluarganya terlebih dahulu ditemukan warga sekitar bernama Aris Kurniawan.

Aris mengatakan, awalnya sekitar pukul 22.00 WIB, ia hendak pulang ke rumah. Di tengah perjalanan, ia melihat satu keluarga sedang tidur di emperan toko. Karena kasihan dan khawatir, ia kemudian mendekatinya.

"Saat saya mendekat, istri dan kedua anaknya tengah tertidur beralaskan seadanya. Sedangkan DW masih terduduk dengan mimik muka yang kebingungan," ujar Aris.

Baca Juga: Tak Gentar dengan Ancaman dari Penguasa Orde Baru yang Murah Senyum, Amien Rais Justru Paling Takut Pada Satu Hal Ini: Waktu Itu Saya Agak Grogi

Kemudian, kepada Aris, DW bercerita bahwa dirinya sudah mencari neneknya di sekitar Pasar Cikurubuk, tetapi tidak juga ditemukan.

Setelah itu, Aris kemudian melaporkan kejadian itu ke petugas. "Saya lapor ke penyekatan di Jalan Gunung Sabeulah," ujarnya.

Mendapat laporan dari warga, tak lama datang petugas dengan mengenakan pakaian alat pelindung diri (APD) lengkap.

Pasalnya, berdasarkan informasi warga, salah satu keluarga DW mengalami sesak napas.

Baca Juga: Luna Maya dan Ruben Onsu Alami Sulit Rezeki Gara-gara Corona, Denny Darko Malah Bongkar Rahasia Kekayaan Selebriti Ini yang Terus Mengalir: Sang Istri Punya Peran Besar

Untuk memastikan kondisi kesehatan keempatnya, petugas melakukan rapid test dan ternyata hasilnya nonreaktif alias negatif.

Setelah ada kepastian itu, petugas kemudian mengevakuasi satu keluarga itu ke kantor Dinas Sosial Kota Tasikmalaya.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya