Kisah Haru Sang Ayah Jadi Viral, Anak-anak Kakek yang Berpenghasilan Cuma Bisa Beli 2 Kerupuk Malah Berikan Reaksi Di Luar Dugaan: Tetangga Mereka Ungkap Kebenaran yang Mengejutkan

Minggu, 10 Mei 2020 | 19:21
Instagram @silihasahsilihasihsilihasuh

Viral Kisah Nelangsa Kakek Berpenghasilan Rp 1.500 Per Hari, Tetangganya Justru Bongkar Fakta Kehidupan Aslinya yang Mencengangkan

Fotokita.net- Beberapa waktu lalu warganet sempat dihebohkan dengan adanya sebuah video yang mengharukan.

Video pendek yang mengisahkan kehidupan seorang kakek yang mengaku hanya memiliki pendapatan sebesar Rp. 1.500 dalam sehari.

Video yang berbentuk wawancara langsung dengan si kakek, sontak membuat warganet memberikan simpati di jagat media sosial.

Awalnya, akun akun Twitter @sandy_adul mengunggah video wawancara ini pada Selasa (5/5). Akhirnya video ini menjadi viral dan jadi perbincangan warganet.

Melansir Serambinews.com, kakek tersebut mengaku berpenghasilan Rp 1.500 hingga Rp 2.000 per hari.

Baca Juga: Dulu Keluar Masuk Acara Televisi Bareng Ayu Ting Ting, Nasib Enji Berubah Drastis Sejak Cerai dengan Biduan Dangdut Itu: Terpaksa Lakoni Profesi Ini Demi Cari Nafkah

Menurutnya, penghasilan sebesar itu sudah besar.

Katanya, dengan penghasilan sebesar itu sudah cukup untuk membeli air dan kerupuk.

Baca Juga: Setelah Maskapai Boleh Terbang Kembali, Kini Pemerintah Persilakan Warga Naik Bus Antar Kota: Apakah Larangan Mudik Sudah Dicabut?

"Kan besar itu tuh menurut abah mah,"

"Uuh, udah bisa beli kerupuk," kata abah dalam bahasa daerahnya.

Baca Juga: Berambisi Sukseskan Kembali Program Acaranya di TV, Roy Kiyoshi Seperti Tak Peduli Pada Larangan Mbak You Hingga Akhirnya Terjerumus dalam Kasus Narkoba

Kolase: Instagram @silihasahsilihasihsilihasuh dan Twitter/@black_valley1
Kolase: Instagram @silihasahsilihasihsilihasuh dan Twitter/@black_valley1

Ngaku Sehari Cuma Dapat Uang Rp 1.500 untuk Makan, Kisah Haru Kakek ini Pun Viral, Tetangganya Pun Bongkar Kebenaran Mencengangkan ini!

Setelah ditelusuri, video tersebut diketahui diambil oleh salah satu yayasan yang diunggah dalam akun instagramnya @silihasahsilihasihsilihasuh, Senin (4/5/2020).

Menurut keterangan yang ditulis oleh akun tersebut, kakek berpenghasilan Rp 1.500 perhari itu dipanggil dengan nama Abah Tono.

Meski sudahberusia 70 tahun, ia sama sekali tidak mengeluh dengan kehidupannya yang hanya bekerja dengan mencari barang bekas.

Abah Tono ditemukan di pinggir jalan baru-baru ini oleh tim yayasan tersebut.

Baca Juga: Pandemi Belum Lagi Berakhir, Menhan Prabowo Mendadak Terima Kabar Duka: Ditinggal Pergi Orang Kepercayaannya Waktu Kampanye Pilpres 2019

Saat itu ia sedang memikul rongsokan dan dalam kondisi sedang berpuasa.

Dikatakan, abah Tono sangat bersyukur dengan penghasilannya sebesar Rp 1.500 hingga Rp 2.000 per hari.

GridHOT

Abah Tono.

Namun, baru-baru ini beredar kabar bahwa sang kakek ternyata hidup dengan layak dalam rumah bertingkat.

Baca Juga: Persilakan Beraktivitas Kembali Selagi Pandemi Belum Benar-benar Berakhir, Jokowi Minta Warga Mulai Terbiasa dengan New Normal Life. Apa Maksudnya?

Kabar tersebut diunggah oleh akun Twitter @black_valley1 pada Sabtu (9/5/2020) sore.

Akun tersebut mengunggah beberapa buah foto yang berisi tampilan rumah Abah Tono.

Baca Juga: Baru Terima Uang Gaji, Pemuda Ini Ketahuan Pimpinan Tempatnya Bekerja Sedang Masak Nasi. Ternyata Alasan Ia Lakukan Hal Itu Sungguh Mulia

Salah satu foto tersebut berupa tangkap layar yang mengatakan bahwa Abah Tono tidak mungkin seperti yang ia katakan dalam video.

Baca Juga: Dibebaskan karena Program Asimilasi di Tengah Pandemi Corona, Napi Ini malah Rudapaksa dan Bunuh Seorang Gadis Belia dengan Cara Sadis

Pasalnya Abah Tono memiliki rumah permanen 2 lantai meski belum beres.

Sang kakek tak pernah kedapatan menghutang pada saat membangun rumah gedongnya tersebut.

Bahkan Abah Tono mampu membeli motor secara tunai seharga Rp 9 juta dan memiliki kebun yang banyak.

Baca Juga: Lama Hilang dari Layar TV Sejak Sebelum Pandemi, Komedian Kondang Ini Pilih Jadi YouTuber Demi Menyambung Hidup. Ia Pun Tinggal di Rumah Sederhana Bersekat Gorden

"Beberapa hari kemarin diviralkan berita seorang kakek yang pendapatannya hanya Rp 1500 dan cukup untuk makan kerupuk.

Seorang tetangganya membuka kartu bahwa ternyata kakek itu rumahnya dua lantai, dibangun tanpa berhutang, kebunnya banyak," tulis akun Twitter @black_valley1.

Twitter @black_valley1

Isi pesan dari tetangga Abah Tono

Bahkan anak-anak Abah Tono yang kesemuanya bekerja merasa malu akan viralnya kisah palsu sang ayah.

Baca Juga: Peneliti Singapura Sebut Pandemi Corona Berakhir Bulan September, Tapi Dosen Unair Surabaya Paparkan Kasus Covid-19 Akan Hilang Pada Awal Agustus. Begini Perhitungannya

"Mampu beli motor cash yang disewa2kan untuk ojek, dan semua anaknya bekerja. Entah siapa yang berinisiatif memviralkan berita, sehingga anak2nyapun merasa malu dan meminta maaf kepada semua tetangga," imbuh akun Twitter tersebut.

Berdasarkan pengalaman di atas, akan lebih baik apabila kabar yang beredar perlu di cek lagi kebenarannya.

Baca Juga: Sosoknya Kerap Jadi Sorotan Gara-gara Isu Perselingkuhan dalam Rumah Tangganya, Kini Ahmad Dhani Pukul Balik Pahlawan Anak Muda Bali Itu: Mas Botak, Kenapa Tak Respon?

(Desy Kurniasari)

Artikel ini telah tayang di Gridhot.ID dengan judul"Terlanjur Viral di Media Sosial, Kisah Haru Kakek Hanya Dapat Rp 1.500 Sehari, Kebenaran Mencengangkan Dibongkar Tetangganya Sendiri".

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya