Polisi Sebut Bapaknya Ikut Terlibat dalam Usaha Pelariannya ke Palembang, YouTuber Ferdian Paleka Masih Sempat Ngeles di Depan Penyidik: Saya Panik, Saya Takut

Sabtu, 09 Mei 2020 | 04:21
Kompas.com/AGIE PERMADI

Alasan Konyol Ferdian Paleka Bikin Video Prank Sembako Sampah ke Waria

Fotokita.net - Usai berada di Palembang beberapa hari, YouTuber Ferdian Paleka bersama rekannya dan pamannya kembali ke Bandung.

Dalam perjalanan, mereka ditangkap oleh Tim Satreskrim Polrestabes Bandung dan Ditreskrimum Polda Jabar. Ferdian dibekuk di Kilometer 19 Tol Jakarta-Merak, Jumat (8/5/2020) sekitar pukul 00.30 WIB.

Baca Juga: Disebut Bikin Video Prank Sembako Isi Sampah untuk Naikkan Subscriber, Ferdian Paleka Akhirnya Mau Buka Suara di Depan Polisi: Ide Buat Konten Itu Bermula dari Sini

Di Mapolrestabes Bandung, Ferdian Paleka meminta maaf. Ia mengaku sangat menyesal melakukan aksi prank dengan membagikan sembako berisi sampah.

"Saya meminta maaf pada rakyat indonesia terutama kota bandung, kepada transpuan yang telah saya prank dengan memberi sembako isi sampah, saya amat menyesal dengan perlakuan saya," kata Ferdian.

Baca Juga: Pos Jaga PSBB Ada di Mana-Mana, Ternyata Begini Cara YouTuber Prank Waria Kelabui Polisi Hingga Sempat Kabur ke Palembang

Sebelum ditangkap polisi, ternyata bapak kandung Ferdian Pakea yang berinisial H diduga ikut menyembunyikan keberadaan Ferdian Paleka.

Belakangan ini, seorang YouTuber bernama Ferdian Paleka tengah menjadi sorotan di masyarakat.

Pasalnya, di tengah pandemi corona ini, ia dan teman-temannya justru melakukan aksi prank pada waria dengan memberikan bantuan berisikan sampah.

Aksinya tersebut pun sontak menjadi viral dan mendapat kecaman dari banyak orang.

Hingga kini status Ferdian Paleka masih menjadi buronan polisi.

Namun, kini satu orang pelaku yang merupakan temannya telah ditahan dan ditetapkan sebagai tersangka.

Baca Juga: Ramadhan di Tengah Pandemi Covid-19, Ahli Bongkar Alasan Puasa Tak Bakal Turunkan Imunitas Kita. Begini Penjelasannya

Tribun Jabar

Otak di balik prank sampah ternyata bukan Ferdian Paleka

Mengutip dari Kompas.com, polisi menduga orangtua Ferdian Paleka ikut membantu pelarian sang anak tersebut.

Hal tersebut terungkap dari pengejaran yang dilakukan tim Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Bandung.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Bandung, AKBP Galih Indragiri mengatakan, pelarian Ferdian sendiri diketahui warga yang melihat mobil pelaku berada di daerah Cileungsi, Bogor.

Mendapatkan informasi itu, tim Satreskrim langsung melakukan pengejaran dan membuntuti mobil tersebut.

Baca Juga: Peneliti Sebut Tipe Virus Corona yang Menyebar di Indonesia Berbeda dengan 3 Jenis Virus Covid-19 di Dunia, Lantas dari Mana Asalnya?

Kolase Instagram @garizluis37

Youtuber Ferdian Paleka terlihat diam tertunduk saat digelandang ke kantor polisi

Namun saat akan ditangkap, ternyata yang mengendarai mobil itu bukanlah Ferdian.

"Jadi tim kita yang sudah membuntuti dan melakukan penangkapan yang kami kira yang bersangkutan (pelaku F), namun demikian ternyata orangtua (bapak kandung) dari saudara F," ujar Galih di Mapolrestabes Bandung, Rabu (6/5/2020).

Namun orangtua Ferdian sendiri seakan enggan menjelaskan secara spesifik keberadaan anaknya tersebut.

"Menurut keterangan dari yang bersangkutan dia tidak menyampaikan secara spesifik. Intinya orangtuanya tetap melindungi anaknya, jadi tidak memberitahukan keberadaan anaknya," ujar Galih.

Baca Juga: Ramai Disebut Muncul Dukhan, Warganet Malah Jungkir Balikkan Isu Itu: Bikin Trending Langit Cerah Malam 15 Ramadhan di Media Sosial

twitter.com

Ferdian Paleka berhasil ditangkep polisi

Polisi pun akhirnya memeriksa lebih lanjut orangtua Ferdian terkait keberadaan anaknya itu.

Galih menilai, orangtua Ferdian ini tak kooperatif lantaran seakan menyembunyikan anaknya yang tengah dalam pencarian kepolisian.

"Sementara masih saksi kita periksa secara intensif terkait apa yang dia ketahui terkait apa yang anaknya lakukan," kata Galih.

"Ya, sudah pasti (tak kooperatif) kalau kita melihat dari kronologi dari awal kita amankan yang pertama, kemudian kita amankan mobilnya, di mana mobil tersebut milik saudara F yang dibeli dari dia (bapak kandung) sendiri, itu dikuasai oleh orangtuanya," sambungnya.

Baca Juga: YouTuber Ferdian Paleka Cuma Bisa Tertunduk Lesu dengan Tangan Diborgol, Begini Kata Wirang Birawa Soal Firasatnya yang Jadi Kenyataan

Sebelumnya, Ferdian Paleka membuat video tipuan atau prank memberikan sembako dalam kardus kepada trans perempuan (transpuan) di Bandung.

Ferdian berdalih, meski Ramadan dan PSBB tidak ada waria yang mangkal di jalanan.

Ia pun mengisi kardus yang disamarkan sebagai sembako dengan batu bata dan sampah busuk, lalu diberikan kepada para waria dan anak kecil di jalanan.

YouTuber Ferdian Paleka akhirnya ditangkap oleh pihak Satreskrim Polrestabes Bandung dan Ditreskrimum Polda Jabar, Jumat (8/5/2020).

YouTuber itu dibekuk tanpa perlawanan di Kilometer 19 Tol Jakarta-Merak. Mengenai dugaan ada anggota keluarga yang turut terlibat membantu pelarian, Ferdian Paleka menyatakan ayahnya justru sempat memintanya menyerahkan diri.

Ferdian mengatakan, tidak mendengarkan saran ayahnya untuk mendatangi kantor polisi dan menyerahkan diri.

Baca Juga: Sehabis Diserang Anak Buah Jokowi, Kini Anies Basewdan Disentil Sri Mulyani Gara-gara Alokasi Anggaran untuk Lakukan Hal Ini

Padahal sang ayah, kata Ferdian, sempat memintanya menyerahkan diri. Alasannya, ia panik dan takut.

"Ayah saya menyarankan saya menyerahkan diri, saya panik saya takut karena banyak orang berdatangan ke rumah orangtua saya jadi saya memilih kabur," kata Ferdian, seperti dilansir Kompas TV.

Semenjak melakukan aksi prank pada Kamis (30/4/2020) dini hari sekitar pukul 01:30 WIB, Ferdian Paleka seolah menghilang.

Polisi beserta pihak RT dan RW sempat mendatangi rumah Ferdian di daerah Baleendah, namun Ferdian tak ada di lokasi.

Menurut keterangan polisi, saat didatangi, orangtuanya Ferdian berjanji akan mengantarkan Ferdian ke kantor polisi untuk menyerahkan diri.

Baca Juga: Sehabis Buron 4 Hari, YouTuber Sembako Isi Sampah Ferdian Paleka Akhirnya Dicokok Polisi di Daerah Ini. Begini Nasibnya Sekarang di Kantor Penegak Hukum: Jangankan Manusia, Hantu Pun Kita Kejar

Direktur Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Jawa Barat Kombes Hendra Suhartiono menjelaskan, sejak dilaporkan korbannya yang merupakan transpuan atau waria, Ferdian ditetapkan sebagai buron.

Ferdian melarikan diri ke daerah Sumatera untuk menghindari polisi. "Dia bersembunyi di Ogan Ilir Palembang," kata Hendra.

Baca Juga: Terawang Banyak Publik Figur yang Tertangkap Karena Narkoba, Roy Kiyohi Seperti Termakan Hasil Penglihatan Mata Batinnya: Dicokok Polisi Gara-gara Barang Haram

Di sana, Ferdian tinggal di rumah salah seorang rekannya selama beberapa hari.

Ferdian juga mengecat rambut dan mengganti-ganti nomor ponselnya agar tak terlacak polisi. (Kompas.com)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya