Sejarah dan Bukti Berdirinya Kerajaan Tarumanegara, Materi Belajar dari Rumah di TVRI SD Kelas 4 5 6 Kamis 30 April 2020

Rabu, 29 April 2020 | 20:14
Dok. Google

Situs kerajaan Tarumanegara yang masih tersisa.

Fotokita.net -Pada Kamis 30 April 2020 Belajar dari Rumah untuk siswa-siswi SD Kelas 4 5 6 membahas temaSejarah Kerajaan Tarumanegarayang tayang pada pukul 09.00 – 09.30 WIB.

Berikut ini dipaparkan soal dan jawaban materi yang membahas temaSejarah Kerajaan Tarumanegara dalam program Belajar dari Rumah di TVRI untuk SD Kelas 4 5 6 yang tayang pada Kamis 30 April 2020.

Mempelajari sejarah kerajaan memang sesuatu yang menarik. Kita bisa mengetahui kapan kerajaan tersebut berdiri, dan siapa raja yang pernah memimpinnya.

Belajar sejarah terbukti menyenangkan, kan? Karena itu silakan catat baik-baik jawaban dari soal pertama dalam materi dengan tema Sejarah Kerajaan Tarumanegara:Jelaskan sejarah berdirinya Kerajaan Tarumanegara!

Baca Juga: Mengapa Sumber Energi yang Digunakan Tidak Boleh Dipakai Berlebihan? Inilah Jawabannya Materi X-Sains di TVRI SD Kelas 4 5 6 29 April 2020

Sejarah berdirinya Kerajaan Tarumanegara

Kerajaan Tarumanegara di bangun oleh raja Jayasinghawarman ketika memimpin pelarian keluarga kerajaan dan berhasil meloloskan diri dari musuh yang terus menerus menyerang kerajaan Salakanagara.

Di pengasingan, tahun 358 M, Jayasinghawarman mendirikan kerajaan baru di tepi Sungai Citarum, di Kabupaten Lebak Banten dan diberi nama Tarumanegara.

Bayu Dwi Mardana

Nelayan menangkap ikan di Sungai Citarum

Nama Tarumanegara diambil dari nama tanaman yang bernama tarum, yaitu tanaman yang dipakai untuk ramuan pewarna benang tenunan dan pengawet kain yang banyak sekali terdapat di tempat ini.

Baca Juga: Pulau Manakah di Indonesia yang Tidak Memiliki Gunung Api? Inilah Jawaban Materi Vulkanologi di TVRI SMP Kelas 7 8 9 Rabu 29 April 2020

Tanaman tarum tumbuh di sekitar Sungai Citarum. Selain untuk pengawet kain, tanaman ini merupakan komoditas ekspor dan merupakan devisa pemasukan terbesar bagi Kerajaan Tarumanegara.

Raja Jayasinghawarman berkuasa dari tahun 358-382 M. Setelah raja mencapai usia lanjut, raja mengundurkan diri untuk menjalani kehidupan kepanditaan.

Wikimedia

Peta wilayah kekuasaan kerajaan Tarumanegara.

Sebagai pertapa, Jayasinghawarman bergelar Rajaresi. Nama dan gelar raja menjadi Maharesi Rajadiraja Guru Jayasinghawarman.

Kerajaan Tarumanegara banyak meninggalkan Prasasti, sayangnya tidak satupun yang memakai angka tahun.

Untuk memastikan kapan Tarumanegara berdiri terpaksa para ahli berusaha mencari sumber lain.

Baca Juga: Soal dan Jawaban Materi X-Sains Belajar dari Rumah di TVRI SD Kelas 4 5 6 Rabu 29 April 2020

Dan usahanya tidak sia – sia. Setelahnya ke cina untuk mempelajari hubungan cina dengan Indonesia di masa lampau mereka menemukan naskah – naskah hubungan kerajaan Indonesia dengan kerajaan Cina menyebutnya Tolomo.

Menurut catatan itu, kerajaan Tolomo mengirimkan utusan ke Cina tahun 528 M, 538 M, 665 M, 666M. Dengan demikian, dapat di simpulkan Tarumanegara berdiri sejak sekitar abad ke V dan ke VI.

Dok. Google

Situs sejarah kerajaan Tarumanegara yang masih bisa kita saksikan.

Kerajaan Tarumanegara adalah sebuah kerajaan yang didirikan oleh seorang raja yang bernama Raja dirajaguru Jayasinghawarman pada tahun 358 M.

Raja Dirajaguru Jayasinghawarman adalah seorang pengembara yang berasal dinasti Salankayana di India yang telah runtuh akibat invasi Samudra Gupta dari kerajaan Gupta.

Jayasinghawarman mendirikan Kerajaan Tarumanegara di tepi Sungai Citarum, di Kabupaten Lebak Banten.

Baca Juga: Jelaskan Pemanfaatan Energi Alternatif Biogas dalam Kehidupan Sehari-hari! Inilah Jawabannya Materi di TVRI X-Sains SD Kelas 4 5 6

Asal usul nama Tarumanegara diambil dari nama tanaman yang bernama tarum, yaitu tanaman yang dipakai untuk ramuan pewarna benang tenunan dan pengawet kain yang banyak sekali terdapat di tempat ini.

Dok. Google

Situs sejarah kerajaan Tarumanegara yang masih bisa kita saksikan.

Raja Jayasinghawarman berkuasa dari tahun 358-382 M. Setelah raja lanjut usia, ia mengundurkan diri untuk menjalani kehidupan kepanditaan. Sebagai pertapa, Jayasinghawarman bergelar Rajaresi. Nama dan gelar raja menjadi Maharesi Rajadiraja Guru Jayasinghawarman.

Pertanyaan kedua dalam materi Sejarah Kerajaan Tarumanegara diTVRI untuk SD Kelas 4 5 6 yang tayang pada Kamis 30 April 2020.Yang menjadi bukti berdirinya Kerajaan Tarumanegara adalah:Jelaskan yang menjadi bukti tentang berdirinya Kerajaan Tarumanegara!

Baca Juga: Jelaskan Sejarah Berdirinya Kerajaan Tarumanegara, Inilah Jawaban Soal Materi SD Kelas 4-6 di TVRI Kamis 30 April 2020

Jawaban

Yang menjadi bukti berdirinya Kerajaan Tarumanegara adalah:

Adanya tujuh buah prasasti batu yang ditemukan yaitu Lima prasasti ada di Bogor, Satu prasasti ada di Jakarta, dan satu prasasti lagi ada di Lebak Banten.

  1. Prasasti Kebon Kopi, dibuat sekitar 400 M (H Kern, 1917), ditemukan di perkebunan kopi milik Jonathan Rig, Ciampea, Bogor.
  2. Prasasti Tugu, ditemukan di Kampung Batutumbu, Desa Tugu, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, sekarang disimpan di museum di Jakarta.
  3. Prasasti Cidanghiyang atau Prasasti Munjul, ditemukan di aliran Sungai Cidanghiyang yang mengalir di Desa Lebak, Kecamatan Munjul, Kabupaten Pandeglang, Banten, berisi pujian kepada Raja Purnawarman.
  4. Prasasti Ciaruteun, Ciampea, Bogor
  5. Prasasti Muara Cianten, Ciampea, Bogor
  6. Prasasti Jambu, Nanggung, Bogor
  7. Prasasti Pasir Awi, Citeureup, Bogor
Dok. Google

Situs sejarah kerajaan Tarumanegara yang masih bisa kita saksikan.

Bukti keberadaan Kerajaan Tarumanegara diketahui melalui sumber-sumber yang berasal dari dalam maupun luar negeri.

Sumber dari dalam negeri berupa 7 buah prasasti batu yang ditemukan lima di Bogor, satu di Jakarta dan satu di Lebak Banten.

Dari prasasti-prasasti ini diketahui bahwa Kerajaan Tarumanegara dibangun oleh Rajadirajaguru Jayasingawarman tahun 358 M dan dia memerintah sampai tahun 382 M.

Makam Rajadirajaguru Jayasingawarman ada di sekitar sungai Gomatri (wilayah Bekasi). Kerajaan Tarumanegara ialah kelanjutan dari Kerajaan Salakanagara.

Baca Juga: Soal dan Jawaban Materi X-Sains Belajar dari Rumah di TVRI SD Kelas 4 5 6 Rabu 29 April 2020

Itulah jawaban dari pertanyaan kedua dalam materi belajar di TVRI 30 April 2020 untuk SD kelas 4 5 6 yang membahas tentang Sejarah Kerajaan Tarumanegara.

Secara singkatnya adalah bahwa Kerajaan Tarumanegara atau biasa dikenal dengan nama Kerajaan Tarum ini adalah Kerajaan Hindu tertua kedua setelah Kerajaan Kutai. Kerajaan Tarumanegara ini didirikan oleh Raja Jayasingawarman pada tahun 358 Masehi.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya