Jawaban Soal Serta Cara Mudah Belajar Matematika Meloncat dan Mengurutkan Bilangan SD Kelas 1-3 Sederajat

Senin, 27 April 2020 | 20:26
Freepik

Anak mudah mengerti materi matematika simetri lipat dan sikap-sikap bangun ruang.

Fotokita.net - Pada hari keempat puasa Ramadhan 1441 H yang jatuh di hari Selasa 28 April 2020, Gemar Matematika dalam Program Belajar dari Rumah TVRI kembali menyapa siswa-siswi SD Kelas 1-3 Sederajat pada pukul 08.30 - 09.00.

Seperti biasa, kami akan menyajikan rangkuman materi Gemar Matematika Meloncat dan Mengurut Bilangan SD kelas 1-3 Belajar dari Rumah di TVRI yang tayang pada hari Selasa tanggal 28 April 2020 beserta soal pertanyaan, dan pembahasan kunci jawabannya.

Materi SD meloncat dan mengurut bilangan dapat kamu lihat di channel Televisi Republik Indonesia (TVRI) pada pukul 08.30 sampai dengan 09.00. Seperti biasa, untuk tayangan Gemar Matematika diajar oleh Pak Ridwan.

Baca Juga: Soal dan Jawaban Matematika Belajar dari Rumah TVRI SD Kelas 4-6 Sederajat Senin 27 April 2020

Selama setengah jam, kamu akan mempelajari beberapa materi diantaranya meliputi mengurutkan bilangan, nilai tempat dan pola bilangan loncat. Berikut ini penjelasannya.

Mengurutkan Bilangan (Kelas 2 SD)

Tujuan pembelajaran, siswa dapat :

  • Mengurutkan bilangan-bilangan sampai dua angka dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar. atau sebaliknya dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret
  • Memecahkan masalah di kehidupan sehari-hari yang terkait dengan urutan bilangan
Baca Juga: Soal dan Jawaban Matematika Belajar dari Rumah TVRI SD Kelas 1-3 Sederajat Selasa 28 April 2020: Meloncat dan Mengurut Bilangan

Pemahaman Konsep

Perhatikan tabel berikut ini:

Dok.
Dok.

Mengurutkan bilangan dalam Gemar Matematika Belajar dari Rumah TVRI SD Kelas 1-3 Sederajat.

Kesimpulan : Jadi, urutan bilangan berdasarkan nilai tempatnya. Jika ada nilai puluhan yang sama, maka dilanjutkan dengan membandingkan nilai satuan yang dimiliki bilangan tersebut.

Contoh soal urutan bilangan dalam bentuk HOTS cara berfikir tingkat tinggi. Perhatikan soal berikut ini.

Beberapa anak sedang mengikuti upacara bendera. Di barisan pertama berdiri 4 orang di samping kiri Alya, dan 3 orang di samping kanannya. Berapa banyak anak yang berada di barisan pertama?

Jawaban :

Jumlah anak di barisan pertama : = 4 orang di sebelah kiri + 1 orang Alya + 3 orang di sebelah kanan = 8 orang

Baca Juga: Dikenal Tajir dan Curhat Tabungan Habis Gara-gara Pandemi, Siapa Sangka Artis Cantik Ini Ternyata Pernah Hidup Sederhana Sewaktu Kecil. Begini Buktinya

  1. Nilai Tempat (Kelas 2 SD)
Tujuan pembelajaran, siswa dapat :’

  • Memahami nilai tempat sebagai penyusun lambang bilangan
  • Memahami keterkaitan nilai tempat dengan bilangan
Dibutuhkan 224 ubin untuk sebuah ruangan aula. Perhatikan bilangan 224. Samakah nilai angka 2 pada bilangan tersebut? Bagaimana cara menghitungnya?

Seorang pedagang buah menjual 115 buah jeruk. Perhatikan bilangan 115. Samakah nilai angka 1 pada bilangan tersebut? Bagaimana cara menghitungnya?

Pemahaman Konsep Nilai Tempat

Perhatikan tabel berikut ini:

Dok.
Dok.

Meloncat dan mengurutkan bilangan dalam Gemar Matematika Belajar dari Rumah TVRI SD Kelas 1-3 Sederajat.

Kesimpulan : Jadi pada bilangan tiga angka, angka paling kiri menempati nilai ratusan, angka yang ditengah menempati nilai puluhan, dan angka yang paling kanan menempati nilai satuan.

Contoh soal nilai tempat dalam bentuk HOTS cara berfikir tingkat tinggi. Perhatikan soal berikut ini.

Fatah dan Raya menuliskan sebuah bilangan. Bilangan yang ditulis Fatah adalah 235, sedangkan yang ditulis Raya susunannya terbalik dari bilangan Fatah. Berapa jumlah nilai angka 5 pada bilangan yang ditulis Fatah dan Raya?

Baca Juga: Bersiap Hadapi Potensi Serangan Kedua Virus Corona, China Bawa Kabar Baik: Vaksin Covid-19 Siap Digunakan Pada Bulan Ini

Jawaban : Bilangan yang ditulis Fatah = 235 Bilangan yang ditulis Raya terbalik dengan Fatah = 532 Angka lima pada bilangan yang ditulis Fatah = 5 Angka lima pada bilangan yang ditulis Raya = 500

Kesimpulan, jadi jumlah nilai angka 5 yang ditulis pada bilangan Fatah dan Raya adalah 500 + 5 = 505.

  1. Pola Bilangan Loncat (Kelas 2 SD)
Tujuan Pembelajaran, siswa dapat : Mengenal pola bilangan loncat Memecahkan masalah di kehidupan sehari-hari yang terkait dengan pola bilangan loncat

Baca Juga: Bukan Cuma Kali Ini Kim Jong Un Bikin Geger Dunia, Tahun 2014 Pemimpin Korea Utara Itu Sempat Buat Dunia Bertanya-tanya Gara-gara Lakukan Hal Ini

Pemahaman Konsep Pola Bilangan Loncat

Perhatikan tabel berikut:

Dok.
Dok.

Meloncat dan mengurutkan bilangan dalam Gemar Matematika Belajar dari Rumah TVRI SD Kelas 1-3 Sederajat.

Kesimpulan : jadi, bilangan loncat adalah penambahan yang sama dari bilangan sebelumnya.

Contoh soal pola bilangan loncat dalam bentuk HOTS cara berfikir tingkat tinggi. Perhatikan soal berikut ini.

Alam dan Nata sedang menuliskan beberapa bilangan. Bilangan yang dituliskan alam adalah 103, 99, 95… dan bilangan yang ditulis Nata adalah 75, 78, 81. Berapa bilangan dengan nilai sama yang pertama kali mereka tuliskan?

Informasi : Alam = 103, 99, 95 … Nata = 75, 78, 81, …

Langkah-langkah : Bilangan loncat yang ditulis alam Alam : 103 – 99 = 4 99 – 95 = 4 Bilangan loncat yang ditulis Nata : 78 – 75 = 3 81 – 78 = 3

Baca Juga: Soal dan Jawaban Belajar dari Rumah SMA/SMK Sederajat Senin 27 April 2020: Sampah Plastik

Bilangan yang ditulis Alam selanjutnya adalah 91, 87 Bilangan yang ditulis Nata selanjutnya adalah 84, 87

Kesimpulan Jadi, bilangan dengan nilai sama yang pertama kali mereka tuliskan adalah 87.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya