Dikenal Garang Sampai Bikin Para Jenderalnya Ketakutan, Siapa Sangka Hati Kim Jong Un Meleleh Gara-gara Kecantikan Perempuan Korea Ini. Foto-fotonya Bikin Kita Jatuh Hati

Minggu, 26 April 2020 | 15:03
The Sun

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un dan istrinya Ri Sol Ju menuruni tangga peswat pribadinya.

Fotokita.net-Beberapa waktu belakangan ini, masyarakat internasional menyoroti Korea Utara setelah muncul pemberitaan pemimpin Kim Jong Un berada dalam kondisi kritis setelah menjalani operasi kardiovaskular.

Rumor mengenai kondisi kesehatan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un pertama kali diembuskan oleh Daily NK, sebuah media yang dikelola sebagian besar pembelot Korea Utara.

Dalam artikelnya, Kim disebut menjalani operasi kardiovaskular pada 12 April, dikarenakan obesitas, fakta dia perokok berat, hingga keletihan.

Baca Juga: Kabar Kim Jong Un Meninggal Dunia Makin Simpang Siur, Ternyata Keberadaan Istri Pemimpin Korea Utara Itu Tak Lagi Diketahui: Sengaja Dihilangkan Jejaknya?

Media terkemuka AS, CNN, kemudian mempublikasikan artikel bahwa intelijen AS memperhatikan kabar Kim berada dalam kondisi serius usai operasi.

Bahkan, Seorang pakar Semenanjung Korea meyakini, Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un meninggal, dengan berbagai gambar dan artikel mengenai kabar itu menyebar di dunia maya.

Baca Juga: Pelan-pelan Terbongkar, Langkah China Ini Seperti Kuatkan Kesaksian Pembelot Korea Utara: Kim Jong Un Sengaja Tutupi Kasus Covid-19 Demi Wibawa Koleganya Itu

Namun, kabar tersebut direspons Korea Utara dan China, di mana mereka menuturkan tidak mendapat aktivitas aneh di dalam Korut.

dok. kompas.com
dok. kompas.com

Kim Jong Un dan Ri Sol Ju.

Meski begitu, media Korea Selatan disebut sempat "tidak sengaja" membocorkan pra-rilis bahwa Kim Jong Un meninggal, dengan Pyongyang tak mengonfirmasinya.

Pada Jumat (24/4/2020), Reuters memberitakan China mengirim tim dokter ke Pyongyang untuk memastikan seperti apa kondisi Kim.

Setelah itu media AS lainnya, Newsweek memberitakan bagaimana Kim Jong Un masih absen dalam perayaan ulang tahun berdirinya tentara Korut.

Baca Juga: Punya Istri yang Tetap Tampil Menawan di Usia Jelang Senja, Orang Dekat Jokowi Ini Tiba-tiba Kesal dengan Candaan Hotman Paris: Istri Saya Bisa Marah Nih!

Sumber dari Pentagon yang dikutip mengungkapkan, pihaknya saat ini belum mendapatkan informasi bahwa Kim sudah dinyatakan meninggal.

"Saat ini, belum terdapat bukti adanya perubahan signifikan di rantai pertahanan, maupun kepemimpinan nasional yang berubah," kata sumber itu.

@DPRK_News
@DPRK_News

Kim Jong Un Terancam Nyawanya, Jika Mau Sedari Dulu Korea Selatan Sudah Bunuh Diktator Korut Itu dengan Senjata Mematikan Ini

Di Twitter, terdapat twit yang mengklaim bahwa Kim Jong Un meninggal pada Rabu (22/4/2020), dengan tim dokter China datang terlambat delapan menit.

Kemudian kicauan dari Rogue WH Snr Advisor, akun yang disebut punya 211.000 pengikut, mengklaim mendapat kabar dari intelijen AS bahwa Kim sudah wafat.

Kemudian sebuah akun bernama Harry Willy mengunggah tangkapan layar dari wakil direktur Hong Kong Satellite TV memperlihatkan rakyat yang diduga Korut menangis.

Baca Juga: Bukan Cuma Bikin Susah Orang Miskin, Pandemi Covid-19 Berhasil Lenyapkan Harta Kakak Beradik Ini Senilai Rp 196 Triliun dalam 1 Bulan Saja!

Karena negaranya sangat tertutup dan misterius dari dunia luar, banyak yang penasaran tentang kehidupan di Korea Utara.

Termasuk kehidupan keluarga dari Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Salah satunya tentang istri diktator Korea Utara tersebut yang bernamaRi Sol Ju.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un memang selalu berhasil mencuri rasa penasaran media Barat. Maklum, negara dengan paham sosialis yang condong ke Rusia, Kim Jong Un tak membolehkan pers Barat untuk mewartakan kehidupan pribadinya dan negaranya.

Nah, setelah foto-foto rumah megahnya berhasil dirilis oleh jurnalis asal Rusia, kini media Barat juga memberitakan istri Kim Jong Un.

Siapakah ibu negara Korea Utara itu?

Ri Sol Ju memang dikenal sebagai ibu negara yang misterius.

Baca Juga: Kerap Dimusuhi Negara Barat, Para Pengawal Pribadi Kim Jong Un Selalu Lakukan Hal-Hal Aneh Ini. Salah Satunya, Berlari-lari di Sekeliling Limosin Sang Pemimpin

Tak banyak yang tahu tentang kehidupan pribadi istri pemimpin diktator, Kim Jong Un ini.

KCNA
KCNA

Kim Jong Un dan Ri Sol Ju.

Termasuk berapa usia pastinya, siapa orangtuanya dan seperti apa kehidupannya sebelum menikah dengan Kim Jong Un.

Bahkan, namanya masih tetap dianggap misteri.

Baca Juga: Dikenal Punya Paham yang Sama, Kim Jong Un Persilakan Jurnalis Asal Negara Ini Datangi Kediamannya. Foto-foto Rumah Megah Sang Diktator Garang Nan Langka Sukses Beredar!

Ada pengamat yang meyakini jika Ri sebenarnya adalah nama samaran yang dirancang untuk menjaga kehidupannya sebelum menikah.

Jadi, siapa sebenarnya sosok Ri Sol Ju ini?

mirror.co.uk
mirror.co.uk

Kim Jong Un

Pertama kali, Ri Sol Ju hadir dengan digambarkan menggandeng lengan Kim Jong Un pada tahun 2012 di sebuah konser.

Kemudian, Korea Utara menegaskan jika dia adalah istri Kim, tetapi tetap tidak mengatakan apa pun tentang Ri Sol Ju.

Baca Juga: Dikenal Lebih Garang dan Galak Dibanding Sang Ayah, Rupanya Kim Jong Un Tak Pernah Pelit Tawa di Depan Kamera. Salah Satunya, Waktu Foto Selfie Ini

Ri Sol Ju

Kim Jong Un dan Ri Sol Ju kemudian muncul beberapa kali di antara 2012 dan 2014.

Sebuah media di Korea Selatan menyebutkan jika Ri Sol ju dulunya merupakan mantan anggota pemandu sorak dan penyanyi.

Di tahun 2005, Ri Sol Ju dikatakan pergi ke Korea Selatan untuk menjadi pemandu sorak Korea Utara dalam Kejuaraan Atletik Asia.

Sementara itu, ada pula yang mengatakan jika Ri Sol Ju dulunya adalah seorang penyanyi orkestra Unhasu yang tampil pada sebuah konser Tahun Baru di tahun 2010.

Baca Juga: Dikenal Sebagai Negara Sosialis yang Tertutup, Jurnalis Rusia Ini Sukses Bongkar Penampakan Rumah Mewah nan Megah Milik Kim Jong Un. Foto-foto Liputannya Jadi Bukti

Konser itu dihadiri oleh Kim Jong Un dan ayahnya, Kim Jong Il.

Menurut surat kabar Chosun Illbo, ada kemungkinan jika Kim Jong Un memilih Ri Sol Ju sebagai istrinya setelah melihat penampilan Ri Sol Ju di aula konser saat itu.

Dikutip dari BBC, memang ada seorang penyanyi Korea Utara dengan nama Ri Sol Ju.

Tetapi hal ini belum pernah dikonfirmasi apakah penyanyi yang bernama Ri Sol Ju dengan istri Kim Jong Un adalah orang yang sama.

Baca Juga: Punya Keputusan yang Tegas dan Galak, Rupanya Kim Jong Un Senang Tertawa di Hadapan Kamera. Begini Aksi Sang Pemimpin Korea Utara Lewat Foto-foto

abcnews.go.com
abcnews.go.com

Mantan Pemain NBA ungkap dia gendong anak perempuan Kim Jong Un.

Pernikahan Kim Jong Un dengan Ri Sol Ju pada 2009 dinilai terburu-buru dan itu merupakan bagian dari rencana suksesi yang dibuat oleh Kim Jong Il setelah ia menderita stroke.

Sebelum menikah dengan Kim Jong Un, Ri dilaporkan dikirim ke Universitas Kim Il Sung untuk mengikuti pelatihan menjadi Ibu Negara selama enam bulan.

Ia juga dilaporkan telah memperoleh gelar sains dari universitas yang sama tahun sebelumnya.

Baca Juga: Eksekusi Mati Ajudannya dengan Cara Ini, Benarkah Kim Jong Un Jatuhkan Hukuman Itu Karena Terinspirasi dari Film James Bond?

Universitas Kim Il Sung merupakan universitas paling bergengsi di negara tertutup itu.

Semua tentang Ri Sol Ju, mungkin hanya akan menjadi opini dan spekulasi dari publik.

Karena keduanya, seolah memilih untuk diam tanpa memberikan konfirmasi terkait kebenaran dari opini publik yang terus beredar. (Septiani Dwi Cahyani/Grid.ID)

Artikel ini pernah tayang di Grid.ID dengan judul Sisi Lain Ri Sol Ju, Pernah Jadi Pemandu Sorak dan Ikut Pelatihan Selama 6 Bulan Sebelum Menikah dengan Kim Jong Un

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya