Pernah Nikahi Diam-diam Annisa Trihapsari dalam Usia Belia, Sosok Cucu Soeharto Ini Bikin Heboh Gara-gara Kasus Investasi Bodong. Benarkah Dia Ikut Terlibat?

Jumat, 17 Januari 2020 | 08:48
ANTARA Jatim/Willy Irawan

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan saat merilis kasus investasi bodong MeMiles di Mapolda Jatim, Jumat (3/1/2020)

Fotokita.net - Nama anggota keluarga Cendana kembali mencuat dalam kasus investasi bodong MeMiles. Keluarga Cendana adalah sebutan yang biasa dipakai bagi para anggota keluarga mantan Presiden Soeharto.

Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan mengungkapkan inisial anggota keluarga Cendana yang mendapat reward berupa dua kendaraan mewah.

"Namanya AHS dan istrinya, dan salah satu keluarganya mendapatkan reward mobil mewah dua unit," kata Luki, di Mapolda Jatim, Kamis (16/1/2020).

Baca Juga: Tenggelam di Antara Kabar Duka Mantan Istri Sule dan Ria Irawan, Menteri Wanita Era Orde Baru yang Dapat Firasat Kepergian Ibu Tien Soeharto Ini Tutup Usia

Surya

Ada unsur kebohongan dalam investasi Memiles, waspada!

Sayangnya, dia enggan menyebutkan jenis kendaraan yang dimaksud.

Nama AHS, kata Luki, muncul dalam berita acara dan pemeriksaan digital forensik alat komunikasi tersangka maupun saksi.

Polisi telah melayangkan panggilan terhadap AHS untuk diperiksa sebagai saksi, Selasa (21/1/2020) depan.

Dikonfirmasi terkait hal itu, Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Jatim, Kombes Gidion Arif Setyawan tidak menampik jika keluarga Cendana yang dimaksud adalah cucu dari mantan Presiden Soeharto. "Iya benar (cucu Soeharto)," kata Gidion, Kamis (16/1).

Ditanya soal siapa cucu dari mantan Presiden Soeharto yang dimaksud, Gidion enggan membukanya. Ia hanya menyarankan untuk menanti semuanya pada pekan depan saat jadwal pemeriksaan.

"Ditunggu saja (jadwal pemeriksaannya), nanti tahu sendiri," tegasnya.

Kasus investasi bodong MeMiles tengah ditangani oleh pihak kepolisian. Dalam penyidikan kasus itu, polisi juga akan memeriksa sejumlah figur publik, beberapa yang populer di antaranya Mulan Jameela dan penyanyi Judika.

Sepekan terakhir, sudah dua figur publik yang bersedia datang untuk diperiksa sebagai saksi, yakni penyanyi Eka Deli dan penyanyi Ello.

Dalam penyidikan kasus penipuan itu, penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jatim telah menetapkan empat orang tersangka.

Baca Juga: Jadi Anak Emas Soeharto Hingga Punya Kuasa Tanpa Batas, Kini Pangeran Cendana Itu Bertekuk Lutut Pada Menteri Jokowi Ini: Uang Rp 1,2 Triliun Miliknya Dirampas Negara

Tribun Jatim

Investasi bodong memiles

Keempatnya adalah KTM (47), FS (52), E (54), dan PH (22). Keempatnya bertugas di PT Kam And Kam yang mengoperasikan investasi bodong MeMiles.

Mereka dijerat Pasal 106 jo 24 Ayat (1), dan atau Pasal 105 jo Pasal 9 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan, dan atau Pasal 46 Ayat (1) dan Ayat (2) jo Pasal 16 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan.

Instagram @rikacallebaut

Rika Callebaut dan Ari Sigit

Apabila merujuk pada nama inisial yang dibocorkan oleh pihak kepolisian, AHS bisa merujuk pada sosok Ari Sigit, putra pertama dari Sigit Harjojudanto, anak kedua mantan Presiden Soeharto.

Ari Sigit yang bernama lengkap Ari Haryo Wibowo itu diketahui pernah menikahi Anissa Trihapsari, yang ketika itu masih berusia belia.

Beberapa waktu lalu, Anissa Trihapsari dikaruniai cucu pertama dari anak pertamanya Danvy Sekartaji (cicit Soeharto).

Hal itu dibagikan oleh Mbak Tutut melalui unggahan dalam akun Instagramnya.

Baca Juga: Dulu Terbiasa Jadi Pengawal Pribadi Presiden Soeharto, Kini Sosok Jenderal TNI Ini Diminta Prabowo Sebagai Asisten Khusus Sang Menteri Pertahanan. Ternyata Bukan Sembarang Orang!

Ia memperlihatkan foto dirinya sedang menggendong bayi yang masih terlihat merah.

Jelas, kebahagiaan tersebut bukan hanya untuk Annisa Trihapsari saja, melainkan untuk keluarga Cendana pula.

(Warta Kota/Arie Puji Waluyo)

Keluarga cendana pose bersama saat pernikahan Haryo Putra Wibowo, anak dari Ari Sigit dan Raden Roro Gusti Maya Firanti Noer dengan wanita bernama Della Putri Anjani Atkins, di Hotel Crowne, di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Sabtu (19/10/2019).

Danvy merupakan buah cinta Anissa Trihapsari dari pernikahannya bersama Ari Sigit.

Ari Sigit adalah putra sulung dari Sigit Hardjojudanto dan Ilsye Aneke Ratnawati.

Baca Juga: Dikenal Punya Operasi Penembakan Preman Bertato Nan Kejam, Siapa Sangka Soeharto Muda Dapat Tamparan Keras dari Sosok Ini. Ternyata Bukan Sembarang Orang!

Namun pernikahan Anissa Trihapsari dan Ari Sigit berakhir dan memutuskan untuk membina rumah tangga masing-masing.

Mengutip artikel Nakita.ID yang pernah ditayangkan sebelumnya, rupanya tak banyak yang tahu jika Anissa Trihapsari, pernah menikah dengan salah satu keluarga Cendana, yaitu Ari Sigit.

Pernikahannya terkesan ditutup rapat-rapat pada tahun 1992, dan bahkan kelahiran Sekar pada 1993 juga tak banyak yang tahu.

Anak pertama Anissa dan Ari Sigit lahir di RS Mount Elizabeth Singapura saat usia Anissa masih sangat belia.

Tribun Bali
Tribun Bali

Ari Sigit dan Anissa Trihapsari

Anissa menikah dengan Ari saat usianya masih 16 tahun.

Saat Anissa mengandung Sekar, status Ari Sigit masih menjadi suami dari Rr Gusti Maya.

Namun pernikahannya tak berlangsung lama, pada 1996 Anissa dan Ari Sigit berpisah, sehingga Sekar diasuh oleh putri sulung Soeharto, Mbak Tutut.

Pernikahan Ari Sigit dan Anissa Trihapsari kala itu hanya singkat diduga karena kecemburuan dari Raden Roro Gusti Maya Firanti Noer, istri pertama Arie, lantaran poligami.

Baca Juga: Kolaps di Pesawat dalam Kunjungan Kerja, Aktivis Reformasi Ini Tak Kenal Takut Lawan Aksi Represif Soeharto Hingga Tolak Tawaran Jokowi

Mengutip dari Bangka Pos, anak hasil pernikahannya dengan Ari Sigit ini diasuh Mbak Tutut, putri sulung Presiden Soeharto, sehingga Sekar lebih dikenal dengan nama Sekar Rukmana.

Namun hubungan Anissa dengan sang anak yang diakui sebagai anak Mbak Tutut rupanya memang terjalin dengan baik.

Apalagi setelah Anissa Trihapsari menikah dengan Sultan Djorghi pada tahun 2007.

Hubungan Anissa dan Sekar membaik dibuktikan dengan datangnya Anissa ke pernikahan Sekar pada Mei 2018 lalu.

Di pernikahan Sekar, Anissa tampak datang bersama Sultan Djorghi dan juga anak-anaknya.

Mengenakan kebaya biru dongker, sepadan dengan kebaya kedua orangtua mempelai dan juga pengantin, Nisa juga tampak berfoto bersama kedua mempelai.

Bahkan di insta stories Uty Wibowo, anak Ari Sigit dari pernikahannya dengan Rr Gusti Maya, Anissa juga berfoto bersama Ari Sigit dan istri baru Ari Sigit, Rika Callebaut.

Baca Juga: Santer Isu Baku Tembak Kedua Putranya Hingga Mengenai Ibu Tien Soeharto, Sosok Dekat dengan Soeharto Justru Beberkan Fakta Sebenarnya. Dia Pun Jadi Saksi Kepergian Sang Ibu Negara

Hubungan baik ini tidak hanya terlihat sekali itu saja, saat pernikahan Uty Wibowo atau Putri Aryanti Haryo Wibowo pada 2016 lalu, Anissa ditemani suaminya juga datang.

Bahkan hubungan antara Uty dan juga Anissa juga terjalin sangat baik.

Dari hajatan besar tersebut, sirna sudah penilaian tentang ketidakharmonisan antara keluarga Anissa dan juga keluarga Cendana.

Baik Sekar, Ari Sigit dan keluarga Cendana lain tampaknya menjalin hubungan baik dengan ibu kandung Sekar, yaitu Anissa Trihapsari.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya