Proses Otopsi Mendiang Istri Sule Mulai Diproses, Sosok Ini Ternyata Sudah Ingatkan Ada Tanda-tanda di Tubuh Ibunda Rizky Febian Itu: 'Almarhum Suami Saya Juga Begitu Dulu'

Kamis, 09 Januari 2020 | 11:40
Kolase Youtube/Putri Delina & SULE Channel

Rizky Febian lapor Polisi, begini nasib makam Lina.

Fotokita.net- Mantan istri komedian kondang Sule, Lina Zubaedah, meninggal dunia pada Sabtu (4/1/2020) dan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jalan Sekelimus, Bandung.Penyebab meninggalnya Lina menurut keluarga kemungkinan karena riwayat penyakit asam lambungnya.

Penyanyi Rizky Febian melaporkan ke polisi terkait kejanggalan kematian sang ibunda, Lina Zubaedah, yang juga mantan istri komedian kondang Sule.

Baca Juga: Setelah Rumah Sakit Buka Suara Soal Kejanggalan Pada Tubuh Mendiang Ibu Rizky Febian, Perempuan yang Memandikan Jenazah Lina Malah Lihat Ada Tanda Seperti Habis Dilakukan Tindakan Ini

Rizky menjelaskan, hal itu dia lakukan untuk mengetahui penyebab kematian sang ibunda.

"Saya menekankan bahwa untuk laporan ini saya tidak ada tujuan untuk menuduh atau mencurigai siapa pun, hanya ingin mengecek kejelasan dari penyakit mama dan riwayat kematian mama, itu aja," tegas Rizky.

Tangkap Layar Youtube Rizky Febian
Tangkap Layar Youtube Rizky Febian

Rizky Febian memejamkan matanya sambil sesekali menatap langit mengenang Ibundanya.

Artis Rizky Febian membuat laporan pada Senin (6/1/2020) tanpa adanya pihak terlapor.

Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Saptono Erlangga mengatakan, laporan Rizky ke polisi terkait kecurigaan luka lebam pada jenazah ibunya, berdasarkan penglihatan sendiri.

"Ya kondisi yang dia lihat, yang dia tahu dari kondisi almarhumah diketahui ada lebam. Tentunya kan kami perlu dalami dari keterangannya," ucap Saptono saat Kompas.com melalui sambungan telepon, Selasa (7/1/2020).

Baca Juga: Setelah Suami Mendiang Ibu Rizky Febian Beberkan Fakta Depan Kamera, Kini Giliran Pihak Rumah Sakit Angkat Bicara Soal Kejanggalan Pada Tubuh Lina: 'Kondisinya Sudah Begini Sampai Di Sini'

Meski begitu, Saptono belum dapat memastikan Rizky membawa serta catatan medis mendiang ibunya saat membuat laporan atau tidak. "Kalau terkait itu saya belum tahu ya," kata Saptono.

Tribun Jabar/Mega Nugraha
Tribun Jabar/Mega Nugraha

Rizky Febian laporkan kematian Lina ke polisi

Perseteruan Teddy dengan keluarga mendiang Lina nampak masih berlanjut.

Pihak keluarga dari Lina merasa ada yang tidak beres dengan kematian mantan istri dari Sule tersebut.

Hingga menimbulkan perdebatan antara kedua belah pihak tersebut.

Baca Juga: Usai Bongkar Rahasia Perceraian Sule Lewat Firasatnya, Kini Paranormal Kondang Itu Lakukan Hal Ini Sewaktu Tahu Rizky Febian Lapor Polisi Soal Kejanggalan Pada Tubuh Mendiang Ibunya

Konflik tersebut kemudian membuat Rizky Febian sebagai anak tertua dari Lina dan Sule melaporkan kejanggalan terhadap meninggalnya sang ibu.

Pelantun lagu Kesempurnaan Cinta ini mengaku bahwa dirinya sempat melihat ada luka lebam pada jenazah ibunya sebelum dimakamkan.

Atas dasar laporan tersebut, pihak kepolisian membongkar makam Lina untuk keperluan Otopsi pagi ini, Kamis (9/1/2020).

Mendengar hal tersebut Baik Rizky Febian dan Sule nampak mendukung proses dari kepolisian.

Mereka juga berniat memindahkan letak makam mendiang Lina ke tempat yang menurut keluarganya lebih baik.

Hal tersebut terekam dalam video unggahan kanal Youtube STARPRO Indonesia pada Rabu (8/1/2020).

Baca Juga: Dituding Pintar Putar Balikan Fakta, Teddy Malah Beberkan Ritual Mistik yang Dilakukan Mendiang Lina Demi Bisa Berjumpa Rizky Febian dan Adik-adiknya

Rizky mengaku ikhlas jika memang makam sang ibu harus dibongkar.

"Ya harus mengikhlaskan," ujar Rizky Febian.

"Iky (Rizky) juga kan niatnya membantu mamanya. Apalagi posisi pemakamannya, menurut keluarganya kurang layak gitu," sambung Sule.

Untuk waktu kapannya otopsi itu dilaksanakan, pihak keluarga dan Sule masih menunggu kabar dari kepolisian.

"Nanti dikasih tau, kalo sudah jelas gimana-gimananya," ujar komedian terkenal tersebut.

"Kita juga nunggu dikabarin kok," Rizky menimpali.

Jenazah mantan istri komedian Sule, Lina Zubaedah (42) dicurigai membiru dan dalam keadaan lebam.

Lina yang juga ibunda penyanyi Rizky Febian mengembuskan nafas terakhirnya pada Sabtu (4/1/2020).

Baca Juga: Rizky Febian Lapor Polisi, Rupanya Pihak Rumah Sakit Tak Berani Lakukan Hal Ini Pada Tubuh Mendiang Mantan Istri Sule: 'Waktu Datang, Kondisinya Sudah Begini'

Kepala Bidang Informasi dan Pemasaran RS Al Islam Bandung, dr. Guntur Septapati, MMRS mengatakan, Lina Jubaedah saat tiba di instalansi gawat darurat (IGD) dalam kondisi sudah meninggal dunia.

Menurut dia, saat itu pihak rumah sakit tidak bisa menentukan diagnosa secara pasti soal kematian Lina. Sebab, pasien sudah meninggal dunia.

"Saat itu dianggap normal, minta langsung dibawa pulang. Enggak ada mengarah dan melihat ke arah lebam-lebam," ujar Guntur seperti dilansir dari Tribun Jabar di RS Al Islam, Bandung, Jawa Barat, Selasa (7/1/2020).

Baca Juga: Demi Bela Mendiang Istri yang Geram Atas Tudingan Anak Haram, Ayah Sambung Rizky Febian Berani Lakukan Hal Ini Depan Kamera: 'Bunda Lina Juga Sakit Hati'

Berdasarkan standar pelayanan rumah sakit, apabila ada pasien yang meninggal dunia dan pihak keluarga ragu-ragu soal penyebab kematian, perlu dilakukan otopsi.

"Karena secara medis, bisa diketahui semua. Misalnya perkiraan kematian berapa lama, soalnya datang ke sini sudah meninggal," katanya.

Ia mengatakan, pihak rumah sakit tidak melakukan tindakan apapun karena pasien sudah meninggal dunia.

Baca Juga: Baru Beberapa Hari Makamkan Ibu Rizky Febian, Sule Tampak Bersungut-sungut di Depan Kamera Gara-gara Keputusan Sepihak Teddy: Selalu Bawa-bawa Amanah Almarhumah

"Ke IGD saat itu sekitar jam 04.00 pagi, pukul 04.15 dinyatakan meninggal dunia. Ke sini sudah tak bernafas. Kami yakinkan standar rumah sakit dan lain-lain, (pada) pukul 04.15 pasien sudah meninggal dunia," ujar Guntur.

Adapun, Rizky Febian membuat laporan atas temuan kejanggalan kematian Lina kepada polisi pada Senin (6/1/2020) tanpa adanya pihak terlapor.

Sebelumnya, Sule sempat mengungkapkan rencananya memeriksa ke rumah sakit guna menanyakan hasil visum terhadap jenazah Lina.

Instagram @rizkyfbian
Instagram @rizkyfbian

Rindu Sang Ibu, Rizky Febian: Aku Bersyukur Terlahir Dari Mama yang Luar Biasa

Adik kandung mendiang Lina Zubaedah (42), Yani, menyetujui jenazah kakaknya diotopsi jika itu untuk keperluan penyelidikan.

Sebagai informasi, anak sulung Lina, penyanyi Rizky Febian sebelumnya curiga ada lebam pada jasad ibunya dan melaporkan hal itu ke Polrestabes Bandung.

Baca Juga: Sule Dibikin Naik Pitam Soal Hak Asuh Anak, Suami Mendiang Lina Malah Tanggapi Santai Terkait Nasib Si Kecil. Sambil Tersenyum, Dia Bilang Begini

"Kalau masalah itu ( otopsi), kalau emang benar harus itu, mangga, silakan saja," ujar Yani (40) di rumab duka di Perumahan Bumi Panyawangan, Cileunyi, Kabupaten Bandung, Selasa (7/1/2020).

Instagram/@putridelinaa

Rizky Febian Rasakan Firasat Aneh Sebelum Lina Tutup Usia, Ibunda Beberkan Telah Melihat Air Terjun di Surga

Selama tak ada pihak yang merasa dirugikan, Yani dan keluarga tak keberatan otopsi atau pembuatan visum et repertum dilakukan.

"Kalau Aa Iky (Rizky Febian) sudah menyetujui, karena Aa Iky yang berhak ya karena paling gede. Sebagai tantenya mengikuti saja kalau itu memang harus divisum," katanya lagi.

Publik baru-baru ini dihebohkan dengan kabar kejanggalan kematian ibunda penyanyi Rizky Febian, Lina Zubaedah.

Terlebih, Rizky melaporkan hal itu ke polisi karena curiga ada lebam pada jenazah ibunya.

Setelah dibantah oleh ayah sambungnya, Teddy, soal lebam itu juga disangkal oleh orang yang ikut memandikan jenazah Lina. Dia adalah Sugiarti (68), tetangga almarhumah.

"Enggak ada (lebam), biru rata di sekitar wajah dan kuku. Saya yang memandikan almarhumah," ujar Sugiarti saat ditemui di kediamannya, baru-baru ini.

Baca Juga: Usai Bongkar Rahasia Perceraian Sule Lewat Firasatnya, Kini Paranormal Kondang Itu Lakukan Hal Ini Sewaktu Tahu Rizky Febian Lapor Polisi Soal Kejanggalan Pada Tubuh Mendiang Ibunya

Di wilayah tempat tinggalnya, Sugiarti dikenal sering dihubungi warga untuk urusan memandikan jenazah.

Tribunjabar/Mega Nugraha
Tribunjabar/Mega Nugraha

Sugiarti, wanita yang memandikan jenazah Lina Jubaedah

"Almarhum suami saya juga dulu gitu, ada biru rata, tapi birunya biru wajar sama kayak almarhumah, bukan biru yang abis gimana gitu," ujar Sugiarti.

Ia menambahkan, selama proses memandikan jenazah Lina, ada Rizky di sana.

Baca Juga: Dituding Pintar Putar Balikan Fakta, Teddy Malah Beberkan Ritual Mistik yang Dilakukan Mendiang Lina Demi Bisa Berjumpa Rizky Febian dan Adik-adiknya

Namun, Sugiarti menegaskan kembali ia tidak melihat adanya warna biru atau lebam yang tidak wajar pada tubuh Lina.

"Sepenglihatan saya tidak ada yang seperti itu. Saya pegang tangannya ada yang biru. Lalu saat saya membalikan badannya, di punggung ada bekas seperti di bekam (pengobatan tradisional)," ujarnya.(Mega Nugraha/Tribun Jabar;Ery Chandra/Tribunnews; Grid.ID)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya