Bukan Karena Kacang Lupa Kulitnya, 6 Pesohor Kita Itu Rupanya Telah Lama Tanggalkan Paspor HIjau Indonesia. Mereka Kasih Alasan yang Bikin Kita Merenung...

Kamis, 28 November 2019 | 07:35
Instagram @anggun_cipta

Anggun C Sasmi

Fotokita.net - Belakangan ini, publik sedang membicarakan penggalan wawancara penyanyi Agnez Mo sewaktu diwawancarapresenter Kevin Kenny. Dalamwawancara untuk acara BUILD Series itu, Agnez Mo dianggap mengeluarkan pernyataan kontroversial soal darah atau keturunan.

Kevin Kenney bertanya kepada Agnez tentang penampilan fisiknya yang berbeda dari orang Indonesia pada umumnya.

"Saya tidak memiliki darah Indonesia sama sekali. Saya sebenarnya (berdarah) campuran Jerman, Jepang, dan China. Saya hanya lahir di Indonesia," jawab Agnez. Agnez kemudian menjelaskan bahwa dia merupakan minoritas di Indonesia.

Baca Juga: Biasanya Paling Kencang Teriak Soal Kebobrokan Pemerintah, Kali Ini Tokoh Kita Itu Geram Kepada Artis yang Ngaku Cuma Nebeng Lahir di Indonesia: 'Saya Malas Lihat Orang Kayak Gitu!'

"Saya juga (beragama) Kristen, di mana mayoritas masyarakat Indonesia adalah Muslim, jadi saya selalu merasa... saya tidak akan bilang saya merasa tidak berasal dari sana karena saya selalu merasa orang-orang menerima saya apa adanya, tapi selalu ada rasa 'ehhh, saya tidak seperti orang lainnya'," kata Agnez.

Potongan video itu yang kemudian viral di media sosial. Tak sedikit netizen hingga artis yang akhirnya ikut bicara. Ada yang mendukung dan mencoba memaklumi ada juga yang tidak.

Penyanyi Agnez Mo kembali angkat bicara soal kontroversi ucapannya dalam wawancara dengan program BUILD Series di New York, Amerika Serikat.

Melalui akun Instagram-nya, @agnezmo, dia mempertanyakan niat orang yang memotong video wawancara tersebut.

Instagram/Kantor Staf Presiden
Instagram/Kantor Staf Presiden

Agnez Mo dan Presiden Joko Widodo.

Dia mengunggah cuplikan video pada bagian ketika dia mengatakan memasukkan unsur budaya Indonesia ke dalam musiknya.

“Saya ingin mencoba memasukkan budaya Indonesia ke karya musik saya, video musik saya. Meskipun bukan di musik, tetapi ada di video musik saya,” kata Agnez dalam wawancara itu.

Dia memberi contoh mengenakan gaun batik di video musik “As Long As I Got Paid” serta gerakan tari Jaipong di lagu “Overdose”.

“Saya berharap bisa memperkenalkan budaya saya kepada dunia,” lanjut penyanyi bernama lengkap Agnes Monica Moeljoto tersebut.

Baca Juga: Agnez Mo Sebut Dirinya Minoritas yang Numpang Lahir di Indonesia, Penyanyi Senior Asal Papua Ini Justru Ingatkan Soal Asal Usul Nenek Moyang Kita: Semuanya Adalah Pendatang!

Dia melengkapi video tersebut dengan sebuah keterangan panjang dalam bahasa Inggris. “Mengapa Anda tidak mencuplik dan mengedit bagian ini?” tulis Agnez membuka pernyataannya, Rabu (27/11/2019).

“Memalukan, orang-orang yang hanya ingin memelintir ucapan dan maksud saya,” lanjut Agnez.

YouTube/BUILD Series

Agnez Mo saat wawancara dengan Build Series by Yahoo.

Bertahun-tahun menjadi pengamat kehidupan selebriti di televisi, terkadang membuat kita memiliki mimpi seperti mereka, menjadi artis ternama.

Hal itu pun banyak diwujudkan oleh sebagian besar orang di Indonesia dengan mengikuti ajang pencarian bakat atau hanya modal nekat dan membuat sebuah kontroversi sehingga akhirnya viral.

Namun, sekali kita menjadi artis papan atas tanah air, rasanya kita masih ingin mengejar mimpi. Timbulah keinginango internationalagar kualitas sebagai selebriti tetap terasah.

Baca Juga: Lama Tak Manggung Bareng, 2 Pentolan Band Legend Itu Tiba-tiba Bikin Pose Tak Biasa dalam Foto Instagram: Fans Garis Keras Pun Heboh!

Adapun 6 artis Indonesia ini malah merubah kewarganegaraannya setelah berhasilgo international.

Bukan karena tak cinta Indonesia, bukan pula gaya-gayaan, ulasan berikut akan mengungkap alasan mereka sebenarnya yang menohok hati masyarakat Indonesia.

Google.com

Anggun C Sasmi dan Christian Kretschmar.

  1. Anggun C. Sasmi, penerima hujatan terbanyak dari netizen Indonesia
Selama ini kita hanya tahu Agnez Mo sebagai penyanyi yang telah berhasil go internasional. Padahal, jauh sebelumnya, mimpi besar para selebriti ini diinisiasi oleh Anggun Cipta Sasmi.

Tentu saja masyarakat Indonesia menyambut hal tersebut dengan hujatan bukan dengan antusiasme. Respon tersebut pun merupakan titik terendah bagi Anggun, tapi berkat semangatnya yang tinggi ia akhirnya berhasil menjadi artis internasional dan bahkan pindah kewarganegaraan.

Melihat fenomena tersebut, masyarakat Indonesia kembali mengamuk dan menyebutnya tak cinta Indonesia.

Baca Juga: Tak Mau Ambil Pusing Soal Ribut-ribut Pernyataan Agnez Mo, Penyanyi Top Prancis yang Lahir di Indonesia Itu Tiba-tiba Tulis Pesan Setajam Silet: 'Gitu Aja Repot!'

Beberapa hari yang lalu, lewat wawancaranya denganPlayboy Magazine, ia mengungkapkan kata-kata menohok, bahwasanya ia pindah kewarganegaraan karena dipersulit dalam pengurusan visa oleh pihak Pemerintah.

Padahal, itu adalah hal dasar baginya untuk berkarir di kancah internasional.

FB/Purwati Kenzo

Ditemani Suami Bulenya, Anggun C Sasmi Pulang Kampung ke Kroya untuk Nyekar Makam sang Ayah

  1. Cinta Laura, tak ingin mendapat jalanan terjal seperti Anggun
Hal yang sama terjadi pada Cinta Laura ketika ditanya mengenai alasan pindah kewarganegaraan.

Ia mengaku bahwa dirinya ingin lebih mudah mendapat akses visa untuk bepergian ke luar negeri guna memperluas jaringan dan nasib berkarirnya.

Baca Juga: Wafat di Usia 88 Tahun, Raja Midas Dunia Properti Indonesia Itu Ternyata Rajin Lakukan Tradisi Kuno Ini. Dia Ingin Tinggalkan Nama Baik

Alhasil, Cinta pun kini memegang KTP Jerman, bukan lagi Indonesia. Meskipun begitu, Cinta masih sering bertandang ke Indonesia dan berkarir di tanah air.

Tidak seperti Anggun, Cinta Laura mendapatkan respon yang positif dari parafans-nya di Indonesia ketika ia ingin berganti kewarganegaraan.

Instagram Cinta Laura

Cantiknya Cinta Laura Saat Berbalut Gaun Mewah Warna Gradasi Karya Ivan Gunawan, Mirip Princess!

  1. Daniel Sahuleka, salah satu musisi legendaris yang tak dikenal di negeri sendiri
Mungkin sebagian dari sahabat boom aliassaboomsekalian tidak mengenal sosok musisi jenius ini.

Memainkangenrejazz dengan gitarnya, ia sudah melanglang buana ke seluruh dunia dengan membawa nama Indonesia di hatinya.

Meskipun begitu, ia malah tak dikenal di negeri sendiri.

Baca Juga: Tak Mau Ambil Pusing Soal Ribut-ribut Pernyataan Agnez Mo, Penyanyi Top Prancis yang Lahir di Indonesia Itu Tiba-tiba Tulis Pesan Setajam Silet: 'Gitu Aja Repot!'

Alhasil, ia memutuskan untuk menjadi Warga Negara Belanda demi melanjutkan mimpinya berkarir dalam musik di kancah internasional.

Posisi sebagian besar artis yang pindah kewarganegaraan memang serba salah. Jika tetap mengemban status WNI, karya mereka tak dihargai oleh masyarakat Indonesia, ketika sudah pindah kewarganegaraan disebut tak cinta Indonesia.

  1. Atiek CB, mengikuti suami ke Negeri Paman Sam
Berbeda dari rekan-rekannya, yang pindah kewarganegaraan karena karir, penyanyi rock legendarisyanghits bangetdi era 80an ini memiliki alasan yang berseberangan.

Semenjak menikah pada tahun 1994 dengan Laurence Smith, ia pun mengikuti sang suami pulang ke negeri asalnya.

Baca Juga: Sudah Beberapa Kali Umrah ke Tanah Suci, Ternyata Maia Estianty Pernah Jadi Saksi Mata Atas Kejadian yang Tak Lazim di Masjidil Haram

Alhasil, ia pun berhenti berkarir dan menjadi ibu rumah tangga di Negeri Paman Sam sana.

Kini, ia juga tak pernah terdengar lagi kabarnya karena memang tak pernah muncul di televisi dan tak aktif pula di sosial media.

  1. Kristania Virginia Besouw, dari Miss Indonesia menjadi tentara Amerika
Siapa yang masih ingat sosok cantik yang berhasil mengenakan mahkota serta selempang Miss Indonesia pada tahun 2006?

Ya, sosok itu adalah pemilik nama lengkap Kristania Virginia Besouw atau yang lebih akrab disapa Kristy.

Ketika masyarakat Indonesia mengetahui dirinya pindah kewarganegaraan, komentar jahat serta disebut penghianat pun terlontar padanya.

Baca Juga: Kutipan Wawancaranya di Amerika Jadi Viral, Rupanya Agnez Mo Juga Pernah Bikin Heboh Gara-gara Cuma Kenakan Ini Sewaktu Bertemu Jokowi

Pasalnya, setelah menikah Frank Piay pada tahun 2007, sama seperti Atiek, ia ikut dengan sang suami ke Amerika.

Setelah itu, ia pun mengganti kewarganegaraannya dan tinggal di sana. Tak lama, ia memutuskan untuk bergabung dengan US Army alias Tentara Nasional Amerika.

Namun, dilansir dari kompas.com, kini ia sudah keluar dari US Army dan mengaku kangen pada Indonesia.

  1. Tony Gunawan, pebulu tangkis yang dipuja banyak wanita
Sosok Tony Gunawan benar-benar terekam jelas di hati pecinta bulu tangkis pada tahun 2000.

Pasalnya ia berhasil menyabet medali emas pada Olimpiade di tahun yang sama. Merasa membutuhkanskilltambahan agar karirnya tetap bertahan, ia pun memutuskan untuk menuntut ilmu di Amerika.

Namun, merasa di Amerika segala sesuatu yang diinginkannya terpenuhi, ia lalu mengganti kewarganegaraannya seperti Atiek dan Kristy.

Baca Juga: Jika Nikita Mirzani Gemar Pamer Saldo ATM dan Belanja Barang Mewah, Pemilik Bank Tempat Sang Artis Nabung Itu Malah Jalani Filosofi Jawa: 'Tidur Panas-panas Dikit Tak Apalah'

Kini, ia telah menjadi pemain sekaligus pelatih di Orange County Badminton Club, California. Membawa nama Amerika Serikat, ia pun berhasil meraih juara dalam kompetisi dunia.

video.foxnews.com

Tony Gunawan

Fenomena para pesohor kita yang pindah kewarganegaraan ini rupanya tak bisa kita lewatkan begitu saja.

Bukan hanya karena fasilitas di luar negeri lebih memadai bagi karir mereka, tapi juga dukungan yang kurang oleh masyarakat Indonesia sehingga mereka lebih memilih negara yang mencintai dan mendukung mereka secara penuh.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya