Dulu Mencak-mencak di Media Sosial Gara-gara Perlakuan Suporter Timnas Garuda, Kini Menpora Malaysia Cuma Bereaksi Begini Sewaktu Dapat Protes Soal Pemukulan Suporter Indonesia di Kuala Lumpur

Jumat, 22 November 2019 | 07:26
Antara Foto

Menpora Malaysia Syed Saddiq Syed Abdul Rahman termasuk dalam suporter Malaysia yang sempat ditahan di dalam stadion GBK, sementara aparat berusaha mengamankan kerusuhan di luar.

Fotokita.net -Digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (5/9/2019), Indonesia tumbang 2-3 dari timnas Malaysia.

Setelah pertandingan tuntas, terjadi kerusuhan antarsuporter sehingga pendukung Malaysia dikawal ketat oleh polisi sampai ke bandara.

Pertandingan itu juga sempat diwarnai aksi sejumlah suporter turun mendekati lapangan, sehingga pertandingan dihentikan sementara.

Menpora Malaysia, Syed Saddiq Syed Abdul Rahman, mengatakan suporter Malaysia "dilempari obyek besi, botol, dan suar (flare)".

Baca Juga: Sudah Jatuh Tertimpa Tangga, Selalu Kalah Telak dalam 4 Pertandingan Timnas Indonesia Dicemooh Supporter. Piala Dunia Tinggal Mimpi!

Ia mengatakan, selain menyampaikan keluhan resmi kepada FIFA, pihaknya akan membuat laporan resmi kepada pemerintah Indonesia.

"Gangsterism tidak akan ditoleransi dengan cara apapun. Keselamatan pemain dan pendukung Malaysia adalah keutamaan saya," kata Syed dalam kiriman Instagram.

"Kejadian ini amat menyedihkan bagi industri sepak bola yang seharusnya menjadi pemersatu. Saya berjanji akan menuntut keadilan bagi rakyat Malaysia."

Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) akan menyampaikan keluhan resmi kepada badan sepak bola dunia FIFA, menyusul kerusuhan usai laga Indonesia versus Malaysia dalam kualifikasi Piala Dunia di Stadion Gelora Bung Karno, Kamis (05/09) malam.

Hal itu diungkapkan Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Syed Saddiq Syed Abdul Rahman. Dalam unggahan Instagram, Syed mengatakan suporter Malaysia diserang oleh suporter Indonesia.

KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Pesepak bola timnas Malaysia melakukan selebrasi kemenangan saat pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G Zona Asia di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (5/9/2019). Tim nasional Indonesia menelan kekalahan dari Malaysia dengan skor 2-3.

"Beberapa pendukung Indonesia juga berusaha menerobos ke barisan penonton Malaysia," ujarnya dalam bahasa Melayu.

Baca Juga: Perpindahan Ibu Kota Disebut Ancam Kehidupan Satwa Liar dan Kelestarian Hutan, Begini Kata Menteri PUPR...

Antara Foto

Dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2022 di GBK, Indonesia dikalahkan Malaysia 2-3.

Laga Indonesia melawan Malaysia berakhir dengan kekalahan tim Garuda 3-2. Setelah pertandingan tuntas, terjadi kerusuhan antarsuporter sehingga pendukung Malaysia dikawal ketat oleh polisi sampai ke bandara.

Pertandingan tersebut juga sempat diwarnai aksi sejumlah suporter turun mendekati lapangan, sehingga pertandingan dihentikan sementara.

Dilansir kantor berita MalaysiaBernama, skuad berjuluk 'Harimau Malaya' dibawa keluar dari Stadion Gelora Bung Karno (GBK) dalam kendaraan lapis baja.

Baca Juga: Burung Purba ini Bisa Hidup Puluhan tahun, Saat Ini Jumlahnya Hanya Hitungan Jari. Foto-Foto Ini Kisahkan Hidupnya

KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Pesepak bola timnas Indonesia, Yustinus Paew berebut bola dengan pesepak bola timnas Malaysia saat pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G Zona Asia di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (5/9/2019). Tim nasional Indonesia menelan kekalahan dari Malaysia dengan skor 2-3.

Lima kendaraan Barracuda itu disebut membawa seluruh 24 pemain dan ofisial ke hotel, sementara sebuah bus digunakan sebagai umpan untuk mengalihkan perhatian massa perusuh.

Astro Awanimenyebut sedikitnya satu suporter Malaysia terluka, namun kabar ini belum dikonfirmasi aparat keamanan.

Baca Juga: Warga Dayak di Perbatasan Malaysia Ini Mampu Bikin Garam Gunung dengan Kandungan Yodium Tinggi. Lalu, Mengapa Kita Masih Impor Garam?

KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Pesepak bola timnas Indonesia, Andik Vermansyah berebut bola dengan pesepak bola timnas Malaysia saat pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G Zona Asia di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (5/9/2019). Tim nasional Indonesia menelan kekalahan dari Malaysia dengan skor 2-3.

Tim nasional Indonesia menelan kekalahan dari Malaysia pada laga pertama Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (5/9/2019), Indonesia tumbang 2-3. Dua gol Indonesia diciptakan striker naturalisasi kelahiran Brasil, Alberto " Beto" Goncalves.

Adapun 3 gol milik Malaysia dihasilkan melalui Mohamadou Sumareh (2 gol), serta Muhammad Syafiq Ahmad.

KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Pesepak bola timnas Malaysia melakukan tendangan ke arah timnas Indonesia saat pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G Zona Asia di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (5/9/2019). Tim nasional Indonesia menelan kekalahan dari Malaysia dengan skor 2-3.

Menteri Olahraga Malaysia, Syed Saddiq, angkat bicara video kekerasan terhadap suporter Indonesia yang viral di media sosial.

Insiden tersebut terjadi saat pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2020 antara Malaysia dan Indonesia di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, pada Selasa (19/11/2019).

Kedua suporter terlibat kericuhan sejak pertandingan berlangsung. Tak sampai di situ, suporter Indonesia menjadi korban kekerasan dan video terkait insiden tersebut viral di media sosial.

Baca Juga: Jarang Terjadi dalam Prestasi Sepak Bola Kita, Pasukan Garuda Muda Bisa Samakan Poin Timnas China. Foto-foto Ini Buktikan Mereka Rela Mati-matian di Lapangan!

Video yang disertai dengan tulisan bahasa Melayu itu menunjukkan adanya pengeroyokan terhadap orang yang diduga suporter Indonesia.

Penggiat media sosial asal Indonesia, Permadi Arya, yang menyampaikan video tersebut ke Twitter Syed Saddiq.

KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Pesepak bola timnas Indonesia, Saddil Ramdani berebut bola dengan pesepak bola timnas Malaysia saat pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G Zona Asia di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (5/9/2019). Tim nasional Indonesia menelan kekalahan dari Malaysia dengan skor 2-3.

"Menteri Olahraga @SyedSaddiq, ini adalah video suporter Indonesia yang dipukuli oleh Malaysia pada pertandingan terakhir, mereka bahkan menambahi video ini dengan caption yang menghina," tulis Permadi Arya dalam cuitannya.

"Mengingat bagaimana Anda menuntut kami meminta maaf pada insiden sebelumnya, kami berharap Anda melakukan hal yang sama terhadap kasus ini," tulisnya menambahkan.

Unggahan yang diretweet lebih dari 1.700 kali itu juga mendapat tanggapan dari Syed Saddiq.

Baca Juga: Jarang Terjadi dalam Prestasi Sepak Bola Kita, Pasukan Garuda Muda Bisa Samakan Poin Timnas China. Foto-foto Ini Buktikan Mereka Rela Mati-matian di Lapangan!

"Saya sudah meminta pihak kepolisian untuk mengatasi. Kalau ada pihak yang dipukul, tolong suruh dia buat laporan ke pihak polis," tulis Syed Saddiq mengomentari unggahan Permadi.

"Kami pastikan ada pengusutan dan investigasi yang transparan. Keadilan adalah untuk semua, tak hanya Malaysia atau Indonesia," tulisnya lagi.

Terkait laga antara kedua tim, Timnas Indonesia takluk dari Malaysia dengan skor 0-2.

Dua gol tuan rumah diborong oleh Safawi Rasid. Itu merupakan kekalahan kelima beruntun buat timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Pesepak bola timnas Indonesia, Evan Dimas melakukan tendangan ke arah timnas Malaysia saat pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G Zona Asia di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (5/9/2019). Tim nasional Indonesia menelan kekalahan dari Malaysia dengan skor 2-3.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya