Bikin Penasaran Peneliti Selama Ini, Benarkah Tempat Ini Jadi Lokasi Pertama Leluhur Manusia Turun dari Surga?

Rabu, 30 Oktober 2019 | 09:23
Chicago Tribune

Berjuta-juta Tahun Lalu, Nenek Moyang Manusia 'Kehilangan Gen' Ini Hingga Jadi Spesies Rentan Penyakit Jantung

Fotokita.net-Kisah Adam dan Hawa hingga kini menarik perhatian para peneliti.

Salah satunya, mencari tahu di manakah tempat keduanya pertama kali diturunkan.

Ini berkaitan dengan pengetahuan darimanakah nenek moyang manusia berasal.

Beberapa keyakinan, misalnya Islam dan Kristen, meyakinibahwa sebelum Adam dan Hawa, tidak ada manusia yang menghuni Bumi.

Dalam kitab-kitab agama itu disebutkan bagaimana Tuhan menciptakan Adam dan Hawa.

Baca Juga: Dikenal Keturunan Arab, Rupanya Lewat Penelitian Ini Najwa Shihab Punya 10 Leluhur yang Berbeda

Mereka kemudian diperintahkan untuk tak makan buah dari satu pohon di tempat mereka diciptakan.

Namun mereka melanggar dan akhirnya diturunkan ke Bumi.

Melansir Mirror, Senin (28/10/2019), peneliti meyakini satu tempat sebagai 'asal' manusia.

Vanessa Hayes, dari Universitas Sydney , mengatakan, “Sudah jelas untuk beberapa waktu manusia modern secara anatomis muncul di Afrika sekitar 200.000 tahun yang lalu.

“Tapi, apa yang telah lama diperdebatkan adalah lokasi yang tepat dari kemunculan ini dan penyebaran nenek moyang kita yang paling awal.

UGS via Mirror

Ilmuwan telah membuktikan cerita Adam dan Hawa mungkin benar adanya

“(Penelitian) ini memungkinkan kami untuk menunjukkan tanah leluhur semua manusia. Ini adalah pertama kalinya lokasi yang tepat telah diidentifikasi."

Analisis DNA telah mengidentifikasi "tempat lahir umat manusia" bagi leluhur kuno kita berada di Botswana di tengah selatan benua.

Daerah itu, yang sekarang didominasi oleh gurun, kemudian menjadi lahan basah yang berlimpah.

Baca Juga: Lahir di Tanah Papua, Edo Kondologit Kaget Rupanya Nenek Moyangnya Juga Termasuk Warga Pendatang. Dari Mana Asalnya?

Para ahli sebelumnya mengira spesies kita berevolusi di seluruh Afrika.

Menurut studi, nenek moyang kuno berasal tepat di selatan Sungai Zambezi yang dulunya merupakan rumah bagi sebuah danau besar yang berukuran sama dengan Inggris, disebut Danau Makgadikgadi.

Trumpet Call
Trumpet Call

(Ilustrasi) tempat manusia pertama diturunkan ke Bumi

Danau membentang jauh dari Namibia, melintasi Botswana dan ke Zimbabwe.

Ketika mulai pecah, lahan basah yang luas diciptakan menyediakan rumah yang subur berlimpah dengan tanaman dan pohon untuk kerabat kami yang paling awal.

Di sinilah manusia purba berkembang selama 70.000 tahun sampai iklim berubah dan mereka terpaksa meninggalkan Afrika untuk mengisi sisa planet ini.

Tim internasional mengumpulkan sampel darah dari peserta penelitian di Namibia dan Afrika Selatan dan melihat DNA mitokondria (mtDNA) mereka.

Baca Juga: Lelehkan Hati Banyak Perempuan Cantik, Nenek Moyang Ariel NOAH Ternyata Berasal dari Tempat yang Enggak Kita Sangka

De Agostini/Getty Images via Mirror
De Agostini/Getty Images via Mirror

Sungai Zambezi di Afrika

Karena mtDNA diturunkan hampir secara eksklusif dari ibu ke anak melalui sel telur, urutannya tetap sama selama beberapa generasi, menjadikannya alat yang berguna untuk melihat keturunan ibu.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Nature berfokus pada garis keturunan L0 - populasi manusia modern yang paling awal diketahui.

Prof Hayes menambahkan, “Para migran pertama berkelana ke timur laut, diikuti oleh gelombang kedua migran yang melakukan perjalanan ke barat daya.

"Populasi ketiga tetap di tanah air sampai hari ini."

“DNA mitokondria bertindak seperti kapsul waktu ibu nenek moyang kita, yang mengumpulkan perubahan secara perlahan dari generasi ke generasi.

Baca Juga: Dikenal Ganas, Rupanya Jenis Anjing yang Disebut Pahlawan oleh Donald Trump Ini Sama dengan Kesayangan Bima Aryo yang Pernah Terkam ART

Tim internasionalnya mengumpulkan sampel darah dari 1.217 orang untuk membuat katalog lengkap garis keturunan 'L0'.

Itu terjadi dua tahun setelah sebuah penelitian menunjukkan Homo sapiens muncul di seluruh Afrika secara bersamaan dan tidak di satu tempat.

Google Maps via Mirror
Google Maps via Mirror

Menurut penelitian nenek moyang kita berasal berasal tepat di selatan Sungai Zambezi yang dulunya merupakan area yang memiliki danau besar seukuran negara Inggris, disebut Danau Makgadikgadi

Para peneliti mengatakan keberhasilan manusia pertama datang dari belajar cara mengambil makanan laut, termasuk ikan, dengan tangan mereka.

Model komputer iklim juga digunakan untuk mensimulasikan sejarah iklim Afrika Selatan selama 250.000 tahun terakhir.

Penulis Prof Axel Timmermann, dari Pusan ​​National University, Korea Selatan, mengatakan, "Mereka menyarankan goyangan lambat sumbu Bumi mengubah radiasi matahari musim panas di Belahan Bumi Selatan, yang mengarah ke pergeseran periodik curah hujan di seluruh Afrika selatan.

Baca Juga: Sambil Pegang Jari di Balik Kain Sarung, Begini Cara Menawar di Pasar Ternak Ini. Lihat Foto-foto Tradisi Leluhur Orang Minang Nan Unik

"Pergeseran dalam iklim ini akan membuka koridor hijau bervegetasi, pertama 130.000 tahun yang lalu ke timur laut, dan kemudian sekitar 110.000 tahun yang lalu ke barat daya, memungkinkan nenek moyang kita yang paling awal untuk bermigrasi jauh dari tanah air untuk pertama kalinya."

Temuan fosil telah mengisyaratkan manusia modern yang berasal dari Afrika Timur, sedangkan analisis genetik menunjukkan mereka muncul di Afrika Selatan. (Nieko Octavi Septiana/Intisari Online)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya