Tak Lagi Menjabat Sebagai Menteri, Susi Pudjiastuti Masih Tetap Eksis. Bahkan, Ia Baru Saja Ajukan Syarat Buat Mereka yang Ingin Di-folback!

Selasa, 29 Oktober 2019 | 07:20
Tribunnews-Candra Nugraha

Susi Pudjiastuti

Fotokita.net -Dalam Kabinet Indonesia Maju Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin yang diumumkan pada Rabu (23/10/2019), tidak ada nama Susi Pudjiastuti. Jabatan yang diemban Susi sebelumnya, yakni Menteri Kelautan dan Perikanan kini dijabat oleh Edhy Prabowo.

Tak munculnya nama Susi di jajaran kabinet Jokowi-Ma'ruf menyisakan rasa sedih warga yang meluapkannya dalam media sosial Twitter.

Sesaat setelah Jokowi mengumumkan jajaran menterinya, kata 'Bu Susi' menjadi trending topic Twitter hingga 17.000 cuitan lebih.

Nama Susi Pudjiastuti dikenal publik setelah dia resmi menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan sejak tahun 2014 silam.

Kini, setelah lima tahun bertugas, masa jabatan Menteri Susi akan berakhir pada 20 Oktober 2019.

Baca Juga: Misteri Kabinet Kerja Jilid II Mulai Terkuak, Ada 12 Nama Menteri Lama. Lantas, Kenapa Susi Pudjiastuti Tak Ada dalam Daftar?

Instagram/ @susipudjiastuti115
Instagram/ @susipudjiastuti115

Tak munculnya nama Susi Pudjiastuti di jajaran kabinet Jokowi-Ma'ruf menyisakan rasa sedih bagi sebagian masyarakat

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti menjadi menteri yang populer selama menjabat lima tahun belakangan.

Tak hanya di dunia nyata, penggemarnya juga banyak di dunia maya. Ia pun aktif berkicau di akun Twitter-nya, @SusiPudjiastuti, entah sekadar me-retweet atau menyampaikan argumennya. Hingga saat ini, pengikutnya sudah 1,1 juta akun.

Tak sedikit pengikutnya yang meminta di-follow back oleh dia.

Baca Juga: Bak Pahlawan Pulang Kandang, Begini Cara Warga Pangandaran Sambut Susi Pudjiastuti yang Tak Lagi Jadi Menteri

Kompas.com/Garry Lotulung
Kompas.com/Garry Lotulung

Edhy Prabowo dan Susi Pudjiastuti saat acara pisah sambut Kementerian Kelautan dan Perikanan di Jakarta, Rabu (23/10/2019). Presiden Joko Widodo melantik Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan di Istana Negara pada Rabu (23/10/2019) Pagi.

Melalui postingan di akun Twitter-nya, Senin (28/10/2019), Susi mengaku sudah banyak mengikuti balik akun-akun yang mengikutinya. Terlebih, setelah dirinya tak lagi menjabat sebagai menteri.

"Kawan2 Semua, bbrp hari ini banyak yg minta sy followback & sdh banyak yg sy followback," ujar Susi dalam Twitter miliknya.

Namun, Susi tak mengikuti balik pengikutnya di Twitter secara cuma-cuma.

Susi memberikan catatan hanya akan mengikuti balik akun-akun tersebut asalkan sesuai dengan syarat yang telah ia tentukan.

Pertama, pengguna akun tersebut memakan ikan lebih banyak daripada protein lainnya.

Kedua, pemilik akun tersebut harus mencintai laut dengan tidak membuang sampah plastik sembarangan dan mengurangi pemakaian plastik sekali pakai dalam kehidupan sehari-hari.

Ketiga, menjaga dan merawat laut, bersedia membersihkan pantai pantai yang kotor. Minimal, orang tersebut harus mengkampanyekan anti plastik sekali pakai.

Baca Juga: Pulang Kampung ke Pangandaran, Susi Pudjiastuti Dikerumuni Ribuan Warga. Lihatlah Reaksi Bekas Menteri KKP Ini...

Dok KKP
Dok KKP

Presiden Jokowi bersama Menteri Kelautan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Menko Maritim Luhut Pandjaitan

"4. Menyayangi sesama apalagi saudara sebangsa & setanah air, tidak bicara rasis, ekstrim, semua percakapan harus konstruktif," kata Susi.

Ada catatan lain yang disampaikan Susi. Bagi yang tak bisa makan ikan karena alergi, cukup kampanyekan untuk makan ikan.

Instagram.com/triawanmunaf

Penampilan Susi Pudjiastuti Menteri Kelautan dan Perikanan RI yang dinilai salah kostum saat hadiri acara silaturahim dan perpisahan Kabinet Kerja Jokowi-Jk

"Makan ikan sehat, makan ikan kuat, makan ikan cerdas .. Tidak makan ikan ditenggelamkan !!!!!" kata Susi.

"Yang tidak bersedia mengikuti ketentuan ketentuan di atas akan segera saya unfollow. Yg melawan sy block," ucap Susi lagi. (Kompas.com)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya