Jokowi Minta Izin Pindahkan Ibu Kota, Apakah Lokasi Ini yang Terpilih Jadi Pusat Pemerintahan?

Jumat, 16 Agustus 2019 | 14:00
ANTARA FOTO

Foto udara kawasan Bukit Nyuling, Tumbang Talaken Manuhing, Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Kamis (25/7/2019). Daerah yang menjadi bakal calon Ibu Kota Negara itu telah ditinjau oleh Presiden Joko Widodo pada bulan Mei lalu saat mengecek kelaikan lokasi terkait wacana pemindahan Ibu Kota Negara.

Fotokita.net - Tekad pemindahan Ibu Kota keluar Tanah Jawa kian bulat. Hal itu semakin kentara saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memohon izin kepada seluruh anggota Parlemen untuk memindahkan Ibu Kota. Rencananya, ibu kota akan dipindahkan dari DKI Jakarta ke Kalimantan.

"Pada kesempatan yang bersejarah ini, dengan memohon ridho Allah SWT, dengan meminta izin dan dukungan dari Bapak/Ibu anggota Dewan yang terhormat, para sesepuh dan tokoh bangsa terutama dari seluruh rakyat Indonesia," kata Presiden.

Izin itu diminta saat Presiden menyampaikan pidato kenegaraan dalam rangka menyambut peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia di Kompleks Parlemen, Jumat (16/8/2019).

Baca Juga: Atasi Polusi Udara, Jakarta Siapkan Peta Jalan. Foto Ini Kukuhkan Kualitas Udara Ibu Kota yang Tak Sehat!

"Dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan ibu kota negara kita ke Pulau Kalimantan," imbuh dia. Meski demikian, Presiden kembali tidak mengungkapkan dimana lokasi pasti calon ibu kota baru.

Presiden hanya menegaskan, ibu kota bukan hanya soal simbol identitas negara, tetapi juga representasi kemajuan bangsa. "Ini demi terwujudnya pemerataan dan keadilan ekonomi. Ini demi visi Indonesia Maju. Indonesia yang hidup selama-lamanya," tutup Presiden.

ANTARA FOTO
ANTARA FOTO/HAFIDZ MUBARAK A

Foto udara kawasan Bukit Nyuling, Tumbang Talaken Manuhing, Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Kamis (25/7/2019). Daerah yang menjadi bakal calon Ibu Kota Negara itu telah ditinjau oleh Presiden Joko Widodo pada bulan Mei lalu saat mengecek kelaikan lokasi terkait wacana pemindahan Ibu Kota Negara.

Seperti kita ketahui, Mei silam, Jokowi telah berkeliling ke sejumlah lokasi di Provinsi Kalimantan Tengah untuk mencari feeling, terkait rencana pemindahan ibu kota negara.
"Saya ini ke lapangan hanya satu, mencari feeling-nya atau perasaannya saja dulu," kata Jokowi didampingi Gubernur Kalteng Sugianto saat berkunjung di Bukit Nyuling, Kelurahan Tumbang Talaken, Kecamatan Manuhing, Kabupaten Gunung Mas pada Mei 2019 lalu.
Jokowi menyebutkan, semuanya masih dikaji oleh tim yang telah dibentuknya.
Baca Juga: Dinilai Tak Layak Lagi Jadi Ibu Kota, Foto-foto Ini Bukti Jakarta Masih Bisa Dibanggakan Warganya
Ia mengatakan, nantinya tim tersebut akan kembali datang ke Kalteng untuk meninjau dan mendata apa saja yang diperlukan dalam pengkajian itu.
Bukit Nyuling di Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, merupakan salah satu dari tiga daerah yang disebut menjadi kandidat ibu kota baru.
Selain Bukit Nyuling, ada Bukit Soeharto dan Kawasan Segitiga Palangkaraya yang ketiganya berada di Pulau Kalimantan.
Presiden Joko Widodo menilai bahwa kondisi infrastruktur di Kalimantan, khususnya di bagian timur, cocok untuk menjadi calon ibu kota baru Indonesia.
Baca Juga: Deretan Foto Anak Punk Ibu Kota yang Kembali ke Jalan Tuhan
Bahkan, nama Kalimantan Timur sudah muncul dalam studi sekitar 1,5 tahun ini.
Tiga alasan Jokowi melirik Kalimantan Timur sebagai ibu kota baru ialah infrastruktur yang lengkap, fasilitas umum yang mendukung, serta terpisah dari pusat ekonomi dan bisnis.
Baca Juga: Jokowi Jadi Model Sampul Majalah Amerika dan Arab Saudi, Foto Cover Mana yang Jadi Favorit Anda?
Sumber: KOMPAS.com (Ambaranie Nadia Kemala Movanita), Antaranews.com

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya