Dalam Foto National Geographic Ini Soekarno Terlihat Begitu Necis, Apa Resep Rahasianya? Berikut Ulasannya

Kamis, 15 Agustus 2019 | 13:10
istimewa & TribunJabar/Ery Chandra

Soekarno

Fotokita.net - Agustus menjadi waktu yang pas untuk mengingat perjuangan tokoh-tokoh kemerdekaan Republik Indonesia. Salah seorang tokoh kemerdekaan Indonesia yang memiliki kharisma dan penggemar banyak adalah Soekarno. Pejuang diplomasi kemerdekaan itu didapuk menjadi Presiden Republik Indonesia yang pertama.

Soekarno selalu menyimpan cerita. Entah itu, gaya kepemimpinannya yang unik hingga kisah percintaan dengan sederet perempuan dalam dan luar negeri. Saking penasarannya, para penggemar Soekarno pun mengulas tentang penampilan Soekarno di muka umum.

Jika membicarakan gaya penampilan dan pesona Presiden Soekarno, maka tak kan mungkin bisa lepas dari kata 'dandy'.

Baca Juga: Deretan Foto-foto Ini Bakal Bikin Kita Kapok Menonton Pertunjukan Sirkus Gajah. Mau Tahu Alasannya?

Helen dan Frank Schreider/ National Geographic

Peci hitam, yang dikenakan Sukarno dalam setiap kemunculannya di ruang publik, menjadi simbol nasionalisme. Diasingkan ke Pulau Flores dari pergerakan kemerdekaan Indonesia, tak membuat Soekarno patah arang. "Di Pulau Flores yang sepi, aku menghabiskan waktu berjam-jam lamanya di bawah sebatang poho

Mulai dari seragam kenegaraannya yang selalu tampak necis (gaya berpakaian pria yang bersih dan rapi) hingga parfumnya yang memiliki bau yang khas, pesona Soekarno tak pernah luput dari perhatian publik.

Saking rapinya penampilan Presiden Soekarno dalam kesehariannya, ia pun dijuluki sebagai 'Indonesia Dandy'.

Yap, membahas pesona mantan presiden Indonesia yang satu itu memang tak kan ada habisnya.

Baca Juga: Kisah Kemerdekaan Indonesia, Apa Maksud Soekarno Bilang, 'Pelacur Adalah Mata-mata yang Paling Baik di Dunia'?

United States Information Service

Eric Johnston, Ann_Francis, Sukarno, Ann Miller, dan Dore Schary. Foto ketika kunjungan perdana Presiden Soekarno di Amerika Serikat, 1956.

Pesona dan kharismanya sebagai seorang penguasa memang bukan sesuaatu yang mudah dilupakan begitu saja.

Begitu pula dengan penampilan necis yang khas dalam kesehariannya.

Saking kuatnya pesona dan kharismatik Bung Karno, tidak sedikit wanita yang bertekuk lutut di bawahnya.

Baca Juga: Ikuti Jejak Jakarta dan Tangerang Selatan, Bekasi Turut Daftarkan Diri dalam Kota dengan Kualitas Udara Sangat Tidak Sehat

Foto Studio N.V. Wirontono, Surabaja, Indonesia

Selembar foto yang diberikan Presiden Sukarno kepada Mieczyslaw Glanc, seorang Kepala Dinas II Biro Perlindungan Pemerintah Polandia pada 1959. Foto Studio "N.V. Wirontono", Kaliasin 94 - Tilp. S. 2906, Surabaja, Indonesia

Bukan rahasia lagi bila denan pesona dan kharismanya, Presiden Soekarno banyak memiliki pengagum di antara para kaum hawa.

Dan sedikit banyak, penampilannya yang necis itu mempengaruhi pesona dan kekuatannya di hadapan para wanita.

Mengutip Esra Dopita Sidauruk : Manusia Soekarno yang diterbitkan oleh Majalah Intisari No.635 Agustus 2015, terlihat bagaimana gaya penampilan ayah Megawati Sukarnaputri itu mempengaruhi citranya sebagai orang nomor satu di Indonesia.

Baca Juga: Lewat Foto-foto Tulisan Tangannya, Bung Karno Ternyata Punya Sifat Asli Ini. Baca Analisis Tulisan Tangan Bung Karno!

Editor

Foto tua jajaran kabinet Indonesia era Sukarno, M Natsir berdiri di baris depan, nomor dua dari kiri

Sejak aktif dalam pergerakan kemerdekaan hingga dilantik sebagai presiden, Soekarno memang selalu memperhatikan detail penampilannya.

Soekarno menjadi salah satu pemimpin yang memiliki gaya penampilan yang khas dan tak mudah dilupakan.

Dalam hal berpakaian, Soekarno disebut sangat memperhatikan detail-detail penampilannya di hadapan publik.

Baca Juga: Kita Kerap Berbuat Keji Pada Orangutan, Padahal Mereka Buktikan Tanaman Ini Mampu Sembuhkan Kanker . Lihat Foto-fotonya!

arsipnasional.com
arsipnasional.com

Kharisma Soekarno yang Suka Tampil Necis

Saking perhatiannya, Soekarno disebut-sebut sampai memastikan detail-detail kecil seperti bentuk pakaian dan keserasian warna.

Mulai dari dasi, warna rambut hingga bahan dan warna pakaian yang ia gunakan pun selalu ia pastikan keserasiannya satu sama lain.

Bahkan Soekarno pernah diceritakan sempat mendesain khusus seragam kepresidennya yang selalu ia pakai dalam momen-momen penting kenegaraan.

Soekarno memadukan seragam militer dengan busana pejuang sipil sebagai kostum kepresidennya.

Busana khas yang paling sering dikenakan Soekarno saat acara kenegaraan adalah jas putih dengan empat saku dada, peci hitam dan tongkat komando.

Baca Juga: Jurnalis Perempuan Ini Paling Suka Penugasan di Medan Konflik Hingga Kehilangan Sebelah Mata. Lihat Foto-foto Kenangannya!

ist/Tribun Jabar
ist/Tribun Jabar

Soekarno dan tongkat komando miliknya

Tak lupa penampilan necisnya ini sealu dilengkapi dengan kacamata hitam bentuk Rayban Aviator yang tren di masanya.

Saking necisnya penampilan Soekarno dalam setiap kesempatan, ia pun mendapatkan julukan si 'Indonesia Dandy' oleh profesor sejarah di University of Michigan, Rudolf Mrazek.

Tak hanya berpakaian, rupanya Bapak Proklamator ini juga lumayan pilih-pilih soal parfum yang ia kenakan.

Baca Juga: Rindu Itu Berat, Para Pencari Suaka di Indonesia Obati Kangen dengan Barang-barang Ini. Lihat Kisah Foto Mereka!

Tribunnews
Tribunnews

Gangster Yakuza Mengawal Soekarno Saat Kunjungan ke Jepang

Soekarno rupanya tak pernah mengganti jenis parfum yang ia gunakan.

Soekarno diketahui selalu mengenakan parfum Shalimar yang memiliki harum yang khas.

Siapapun yang mengenal dekat dirinya pasti tahu seperti apa wangi khas parfum tersebut.

Saking khas-nya, istri kelima Soekarno, Ratna Sari Dewi yang asli Jepang pun tak pernah melupakan wanginya. (Tata Lugas Nastiti)

Artikel ini pernah tayang di Sosok.grid.id oleh Tata Lugas Nastiti dengan judul Asli "Pesona Soekarno, si 'Indonesia Dandy': Pernah Desain Sendiri Seragam Kepresidennya Hingga Punya Parfum dengan Wangi yang Khas"

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya